Recent Posts

Archives

Topics


« | Main | »

Tugas 1 After Mid Strat Man Kelas Selasa: International Strategy

By agung-praptapa | May 10, 2011

Kumpulkan “Pertanyaan dan Jawaban” dari Chapter International Strategy di sini sebagai comment.

Topics: AP Strategic Management | 187 Comments »

187 Responses to “Tugas 1 After Mid Strat Man Kelas Selasa: International Strategy”

  1. Fajar Ferdian (C1C009080) Says:
    May 10th, 2011 at 9:25 am

    Dalam strategi tingkat korporat internasional apa yang dimaksud dengan strategi global? berikan contohnya?
    Jawab :
    Strategi global adalah strategi yang lebih menekankan pada standarisasi produk diseluruh pasar. Dengan demikian, strategi bersaing dipusatkan dan dikendalikan oleh kantor pusat. Contohnya yaitu KFC (Kentucky Fried Chicken). KFC melakukan strategi global dengan menstandarkan rasa serta menu sajian disetiap negara pasar. Bahkan tempat makan KFC didesain sedemikian rupa hingga menyerupai tempat makan didaerah asalnya.

  2. Alfian Pradana Baskoro Putra (C1C009074) Says:
    May 10th, 2011 at 9:32 am

    Alfian Pradana Baskoro Putra
    C1C009074

    Pertanyaan:
    Apa yang dimaksud skala ekonomi dalam mengidentifikasi peluang internasional dan berikan contohnya?

    Jawaban:
    Skala ekonomi terjadi sejauh perusahaan mampu menstandarisasi produk-produknya di seluruh negara yang menjadi pasar sasarannya, dan menggunakan fasilitas produksi yang serupa atau sama, yang berarti mengkoordinasikan sumber daya penting, maka perusahaan-perusahaan itu memiliki peluang untuk mencapai skala ekonomi yang lebih optimal.
    Misalnya, Honda telah menjadi perusahaan besar yang berhasil dengan kompetensi substansial dalam memproduksi mesin-mesin karena kebutuhan akan kekuatan pasar dan efisiensi untuk bersaing dengan efektif. Di mana Honda memiliki $32 miliar dalam bentuk kas.

  3. Oky Patria Sadewa (C1C009070) Says:
    May 10th, 2011 at 9:36 am

    sebutkan apa yang dimaksud dengan peningkatan pangsa pasar sebagai motivasi ekspansi kepasar internasional ?Contohnya?

    Jawab:
    yang dimaksudkan adalah dimana suatu Pasar domestik dianggapterlalu kecil untuk mendukung penggunaan fasilitas manufaktur dengan skala yang efisien…
    contohnya adalah KACANG DUA KELINCI dimana telah menguasai pasar lokal dan merasa akan lebih efisien dan menguntungkan bila merambah pasar di Eropa dgan bukti menjadi salah satu sponsor club REAL MADRID

  4. Oky Patria Sadewa (C1C009070) Says:
    May 10th, 2011 at 9:37 am

    sebutkan apa yang dimaksud dengan peningkatan pangsa pasar sebagai motivasi ekspansi kepasar internasional ?Contohnya?

    Jawab:
    yang dimaksudkan adalah dimana suatu pasar dianggap terlalu kecil untuk mencapai penggunaan skala fasilitas dengan efisien
    contohnya adalah KACANG DUA KELINCI dimana telah menguasai pasar lokal dan merasa akan lebih efisien dan menguntungkan bila merambah pasar di Eropa dgan bukti menjadi salah satu sponsor club REAL MADRID

  5. Nizar Zulfikar C1C009139 Says:
    May 10th, 2011 at 9:47 am

    Pertanyaan :
    Jelaskan jenis-jenis strategi tingkat perusahaan internasional yang dijalankan perusahaan ?
    Jawaban :
    1. Strategi multidomestik
    Sebuah strategi yang keputusan-keputusan strategis dan operasinya didesentralisasikan ke unit-unit bisnis strategis di setiap negara untuk menyesuaikan produk-produk ke pasar lokal.

    2. Strategi global
    Strategi yang menawarkan produk-produk standar ke berbagai pasar di negara-negara yang berbeda dan strategi kompetitif ditentukan oleh kantor pusat.

    3. Strategi transnasional
    Strategi yang bertujuan mencapai efisiensi global dan daya tanggap lokal.

  6. Singgih Dwi Jatmiko (C1C009084) Says:
    May 10th, 2011 at 9:55 am

    Pertanyaan :
    Apa manfaat yang dapat dicapai dari diversifikasi internasional?

    Jawaban :
    Dengan motivasi tradisional dan motivasi yang terus berkembang untuk merambah pasar internasional, perusahaan dapat mencapai empat manfaat dari diversifikasi internasional:
    1.Meningkatkan ukuran pasar
    2.Keuntungan yang lebih besar dari investasi modal besar atau investasi
    pada produk atau proses baru.
    3.Skala ekonomi yang lebih besar, ruang lingkup ekonomi yang lebih besar
    dn pembelajaran.
    4.Keuntungan kompetitif melalui lokasi-lokasi, misal akses tenaga kerja
    yang yang lebih rendah, sumber daya yang penting, atau pelanggan.

  7. Fitri Rizki Apriliani C1C009002 Says:
    May 10th, 2011 at 9:59 am

    FITRI RIZKI A
    C1C009002

    Pertanyaan ;
    Dalam International Strategy ada beberapa pilihan cara masuk ke pasar internasional, sebutkan dan jelaskan!

    Jawaban ;

    ada 5 cara masuk ke pasar internasional, yakni :
    1. Ekspor
    CAra ini adalah cara yang umum untuk masuk ke pasar internasional yang baru, karena umumnya bisa dilakukan dengan cara yang cepat, tidak perlu membuka operasi di negara lain dan hanya perlu membangun saluran distribusi melalui hubungan kontraktual. Namun, cara ini pun mempunyai beberapa kelemahan tersendiri yakni bisa mempunyai biaya transportasi dan tarif impor yang tinggi, dll.

    2. Lisensi
    Yakni dengan memberikan izin pada perusahaan lain untuk membuat dan menjual produknya. Hal ini adalah cara degan resiko terkecil untuk masuk pasar internasional, namun potensi keuntungan relatif kecil.

    3. Aliansi Stratejik
    Memungkinkan perusahaan untuk saling berbagi sumber daya dan resiko untuk ekspansi ke pasar internasional. Bisa dengan joint ventures melibatkan perusahaan asing. Namun aliansi berpotensi mengalami ketidaksepahaman dan konflik antar perusahaan yang beraliansi.

    4. Akuisisi
    Memungkinkan perusahaan melakiukan ekspansi dengan cara tercepat, namun bisa jadi sangat mahal, memerlukan negosisasi dan persyaratan hukum yang kompleks.

    5. Pembukaan cabang baru
    Bisa disebut greenfield venture yakni membentuk anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya. Sangat kompleks dan mahal namun berpotensi paling menguntungkan jika berhasil.

  8. Alifatun Sani Nur Fatikhah(C1C009122) Says:
    May 10th, 2011 at 10:00 am

    Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang turut menentukan keunggulan perusahaan dalam industri global yang dominan dan berkaitan dengan negara atau lingkungan regional tertentu?
    1.Faktor produksi,merupakan input yang diperlukan untuk bersaing di setiap industri seperti tenaga kerja,tanah,sumber daya alam,modal,dan infrastuktur
    2.Kondisi-kondisi permintaan,ditandai oleh sifat dan ukuran dari kebutuhan para pembeli di pasar tuan rumah untuk barang-barang dan jasa industri,besar kecilnya ukuran segmen pasar menentukan besar kecilnya permintaan.
    3. Industri-industri pendukung dan berkaitan yang mewakili dimensi ketiga dari model tersebut.
    4. Strategi,struktur,dan persaingan,pola strategi,struktur,dan persaingan antara perusahaan sangat bervariasi antara satu negara dengan negara yang lain,dan sangat menentukan pertumbuhan industri tertentu.

  9. Wiwid Ambarwati C1C009016 Says:
    May 10th, 2011 at 10:06 am

    Pertanyaan :
    Mengapa strategi transnasional sangat sulit diterapkan dibandingkan strategi coorporate lainnya? Jelaskan!

    Jawaban :
    Karena strategi transnasional menekankan dua aspek penting yaitu adanya efisiensi global dan aspek efisiensi lokal ( daya tanggap pasar domestik ). Tujuan – tujuan diatas saling bertentangan satu sama lain dan bagaimanakah sebenarnya cara yang tepat tindakan yang berorientasi pada kedua tujuan atau aspek tersebut haruslah dipikirkan sehingga faktor inilah yang menyebabkan strategi transnasional sulit diterapkan. Walaupun sulit, strtegi ini sering menghasilkan kinerja yan lebih tinggi dibandingkan strategi coorporate lainnya.

  10. Aditya Dwi Wardhana C1C009133 Says:
    May 10th, 2011 at 10:14 am

    Diversifikasi Internasional sering membawa berbagai resiko. Resiko paling utama adalah resiko politik dan resiko ekonomi. Jelaskan apa yang dimaksud dengan resiko politik dan resiko ekonomi tersebut?

    1. Resiko Politik
    Resiko politik berhubungan dengan ketidakstabilan pemerintahan nasional dan perang, baik perang saudara maupun perang antar negara. Ketidakstabilan pemerintah menyebabkan banyak masalah potensial. Contohnya, perusahaan asing yang menanamkan modalnya di Rusia mungkin mengkhawatirkan masalah stabilitas pemerintahan di Rusia karena terjadi perang saudara.

    2. Resiko Ekonomi
    Resiko ekonomi saling berkaitan dengan resiko politik. Namun, terdapat resiko ekonomi lain yang dihubungkan dengan diversifikasi internasional. Beberapa hal yang penting diantaranya adalah perbedaan dan fluktuasi pada nilai berbagai mata uang. Contohnya perusahaan Amerika Serikat, pada perusahaan ini nilai dolar relatif terhadap mata uang lain menentukan nilai aset dan penerimaan internasional mereka.

  11. Nur Fauziah Rakhmawati C1C009055 Says:
    May 10th, 2011 at 10:15 am

    Pertanyaan :
    Apa alasan diversifikasi internasional mulai banyak diterapkan di banyak perusahaan internasional ?

    Jawaban :
    Alasan diversifikasi internasional antara lain untuk memperpanjang siklus hidup produk, mengamankan sumber daya kunci dan memiliki akses ke tenaga kerja berbiaya rendah. Selain itu untuk pemfokusan pada kombinasi internet dan telekomunikasi bergerak, yang memfasilitasi transaksi-transaksi dunia, juga untuk meningkatkan tekanan bagi integrasi internasional ketika permintaan akan komoditas menjadi tanpa batas, tekanan ini juga untuk meningkatkan daya tanggap negara lokal

  12. LUQMAN HAKIM(C1C009108) Says:
    May 10th, 2011 at 10:25 am

    pertanyaan :
    Apa yang dimaksud dengan Diversifikasi Internasional?

    Jawab :
    Diversifikasi Internasional adalah strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk memperluas penjualan barang-barang dan jasanya ke lintas perbatasan dari wilayah-wilayah dan negara-negara lain, ke dalam berbagai lokasi dan pasar yang secara geografis berbeda.

  13. RINA SUCI RAHMAWATI (C1C009076) Says:
    May 10th, 2011 at 10:39 am

    jelaskan motif-motif perusahan tradisional dan dan sedang berkembang untuk mengejar diversifikasi internasional?

    walaupun motif-motif tradisional masih bertahan juga terdapat motifasi lain yang mendorong ekspansi internasional,meningkatnya media komunikasi global memfasilitasi kemampuan orang -orang dinegara yang berbeda untuk menggambarkan dan membuat model gaya hidup dari kebudayaan-kebudayaan yang berbeda , sebagian industri teknologi merupakan penggerak globalisasi karena skala ekonomi yang diperlukan untuk mengurangi biaya sampai ketingkat terendah sering kali memerlukan infestasi yang lebih besar dari pada yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik.

  14. ASYHAR CHASBULLOH (C1C009128) Says:
    May 10th, 2011 at 11:18 am

    Banyak juga manfaat ydari penerapan sebuah strategi internasional, tetapi dalam implementasinya banyak pekerjaan yang bersifat kompleks dan menghasilkan suatu ketidak-pastian yang lebih besar. Berikan contoh dari kompleksitas pengelolaan perusahaan multinasional?

    Jawab:

    Beragam risiko terjadi ketika sebuah perusahaan beroperasi dalam beberapa negara yang berbeda. Perusahaan dapat tumbuh menjadi begitu besar dan berbeda, sebelum akhirnya tidak dapat dikelola, atau biaya pengelolaannya melampaui manfaat yang diberikannya. Kompleksitas lainnya ialah sifat pasar global yang sangat kompetitif, lingkungan budaya majemuk, pergeseran yang cepat dalam nilai mata uang yang berbeda, dan kemungkinan tidak stabilnya pemerintahan nasional tertentu.

  15. Arian Trilast Putromo (C1C009065) Says:
    May 10th, 2011 at 11:34 am

    Salah satu manfaat dari diversifikasi internasional adalah perusahaan dapat mencapai keuntungan kompetitif melalui lokasi,jelaskan !

    Jawaban :

    Perusahaan dapat menempatkan fasilitas di negara lain untuk merendahkan biaya dasar barang-barang dan jasa yang disediakan. Misalnya, akses yang lebih mudah ke tenaga kerja, energi dan sumber daya alam lainnya dengan biaya lebih rendah.

    Contoh perusahaan sepatu Nike atau Reebok menempatkan pabriknya di Indonesia dikarenakan sumber daya manusia Indonesia yang dapat diserap menjadi tenaga kerja sangat banyak dan biaya untuk upah tenaga kerja masih rendah.

  16. ANITA DWI JAYANTI (C1C009047) Says:
    May 10th, 2011 at 11:47 am

    Salah satu untuk memasuki pasar global ialah dengan akuisisi, jelaskan mengapa perusahaan menggunakan akuisisi??

    jawaban :
    Akuisisi menyediakan akses cepat ke sebuah pasar baru, dan dapat memberikan jalan untuk ekspansi internassional awal yang tercepat dan terbesar untuk setiap alternatif walaupun menggunakan biaya yang tidak sedikit.
    berbagai alasan mengapa menggunakan akuisisi ialah:
    1. meningkatkan market power : dimaksudkan untuk mengurangi keseimbangan kompetisi industri.
    2. biaya dan resiko pengembangan produk baru lebih rendah :membeli bisnis yang sudah mapan mengurangi resiko memulai bisnis baru.
    3. meningkatkan kecepatan pasar : pasar yang cenderung beruabah membuat bisnis harus selalu menyesuaikan.
    4. diversifikasi : membantu perusahaan yang kurang pengalaman dalam industri.
    5. membentuk kembali cakupan kompetisi : untuk mencegah ketergantungan terhadap berbagai produk pasar.

  17. Nur Naimah C1C009069 Says:
    May 10th, 2011 at 12:23 pm

    Nur Naimah C1C009069

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan usaha ladang-hijau (greenfiled venturei)?

    jawab :
    Greenfiled venturei adalah salah satu cara memasuki pasar internasional dengan membentuk sebuah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya. tindakan ini sering kali merupakan sebuah proses yg kompleks dan berpotensi akan memakan biaya besar, tapi memiliki keunggulan karena memberikan kontrol maksimum kepada perusahaan, dan karenanya jika berhasil akan menghasilkan laba di atas rata-rata.
    risikonya tinggi karena termasuk dalam biaya yang dikeluarkan adalah biaya-biaya yang diperlukan untuk membentuk operasi bisnis baru di negara baru. perusahaan itu mungkin harus mengakuisisi pengetahuan dan keahlian dari pasar yang ada dengan menyewa perusahaan nasional di negara tuan rumah,mungkin dari perusahaan yang kompetitif atau konsultan. akan tetapi, perusahaan tersebut tetap mempertahankan kontrol terhadap teknologi, pemasaran, dan distribusi produk-produknya.

  18. Bralian Merdika Yanuar C1C009043 Says:
    May 10th, 2011 at 12:45 pm

    Apa saja faktor yang mendorong sebuah perusahaan untuk go international?

    Jawab:
    1. Mencari keuntungan dalam level global yang tentunya dalam jumlah yang besar.
    2.Mencari bahan mentah yang tidak tersedia (hanya tersedia dalam jumlah kecil) di wilayah domestik perusahaan.
    3.Memperluas pangsa pasar, sehingga dapat meningkatkan penerimaan.
    4. Minimalisir biaya, yaitu dengan cara mencari negara/daerah yang memiliki ongkos produksi rendah, seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya lain yang berhubungan dengan produksi.

  19. ardhi satrio (C1C009119) Says:
    May 10th, 2011 at 12:47 pm

    salah satu cara untuk memasuki pasar adalah dengan pemberian lisensi, coba jelaskan apa kaitan pemberian lisensi dengan strategi internasional?

    Jawab :

    Sebuah perjanjian lisensi memungkinkan sebuh perusahaan asing untuk membeli hak untuk memproduksi dan menjual produk produk perusahaan dalam negara tuan rumah, atau sejumlah negara. Pihak yang memberikan lisensi mendapatkan royalti untuk setiap unit yang diproduksi dan dijual. pihak yang menerima lisensi mengambil resiko dan menginvestasikan dananya adalam fasilitas-fasilitas untuk memproduksi, memasarkan dan mendistribusi barang- barang dan jasa. akibatnya, pemberian lisensi merupakan salah satu bentuk jaringan organisasional yang semakin umum dilakukan, khususnya diantara perusahaan perusahaan kecil.
    Pemberian lisensi juga merupakan salah satu cara untuk memperluas tingkat laba yang didasarkan pada inovasi-inovasi sebelumnya. banyak perusahaan dapat menghasilkan tingkat laba yang baik dari inovasinya di masa lalu. fokus yang berkelanjutanpada riset dan pemberian lisensi hak paten memungkinkan perusahaan mendapatkan tingkat laba yang kuat dari inovasi inovasinya ditahun yang akan datang.

  20. Aprilisia Dita A (C1C009100) Says:
    May 10th, 2011 at 1:28 pm

    Pertanyaan:
    Sebutkan dan jelaskan dua strategi internasional yg dapat digunakan perusahaan!

    Jawaban:
    1. Strategi Internasional Tingkat Bisnis
    Setiap bisnis harus mengembangkan strategi bersaing yang terfokus pasar domestiknya sendiri.
    2. Strategi Tingkat Korporat Internasional
    Strategi korporat diperlukan ketika tingkat kompleksitas produk meningkat di berbagai industri dan negara atau wilayah. Strategi tsb biasanya dituntun oleh kantor pusat,bukan oleh manajer bisnis atau unit luar negeri.

  21. HANINDITO (C1C009046) Says:
    May 10th, 2011 at 1:56 pm

    Pertanyaan:
    Apakah yang dimaksud dengan strategi internasional dan berikan contoh konkritnya!

    Jawaban:
    Strategi internasional adalag strategi yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produk di pasar pasar yang diluar dari pasar domestik perusahaan.

    contohnya adalah perusahaan olahraga NIKE. disini terlihat bagaimana NIKE memasarkan produk di luar negara asal. selain itu,perusahaan NIKE membuat produk di negara-negara berkembang dimana upah tenaga kerja yang digunakan lebih kecil dibandingkan dengan negara-negara maju. hal itu akan menghemat pengeluaran dalam hal upah tenaga kerja.

  22. Fajar Martha Nugraha C1C009102 Says:
    May 10th, 2011 at 1:59 pm

    Pertanyaan :

    apa pentingnya melakukan regionalisasi bagi sebuah perusahaan ?

    Jawaban :

    Regionalisasi menjadi semakin biasa terjadi dalam pasar – pasar dunia. Lokasi sebuah perusahaan dapat mempengaruhi daya saing strategisnya. Perusahaan harus memutuskan apakah akan bersaing di semua pasar dunia atau fokus pada wilayah tertentu. Keuntungan dari bersaing di semua pasar terpusat pada penghematan yang dapat dicapai pada karena ukuran pasar yang dikombinasikan. Namun demikian, jika perusahaan itu bersaing dalam industri – industri dimana pasar – pasar internasionalnya sangat berbeda, perusahaan itu mungkin akan menyempitkan fokusnya pada wilayah dunia tertentu. Dengan melakukan hal ini, perusahaan itu dapat dengan lebih baik memahami kebudayaan, hukum dan norma sosial serta faktor – faktor lainnya yang penting bagi pesaing – pesaing efektif di pasar tersebut.

  23. ELDI CRISTIANA A Says:
    May 10th, 2011 at 2:07 pm

    ELDI CRISTIANA A
    C1C009111

    Terdapat beberapa alasan yang membatasi dampak positif diversifikasi internasional.Sebutkan alasan tersebut !!!
    jawab:
    ada dua alasan yang membatasi dampak positif internasional :

    1.Penyebaran geografis yang lebih besar secara lintas perbatasan negara tersebut meningkatkan biaya koordinasi antara unit-unit dan biaya distribusi produk.
    2.Hambatan-hambatan perdagangan,biaya logistik,keragaman budaya,dan perbedaan lain menurut negara masing-masing (misalnya akses ke bahan baku dan perbedaan tingkat keahlian pegawai) turun memperbesar kompleksitas penerapan strategi diversifikasi internasional.

  24. Yuka Rahmawan C1C009103 Says:
    May 10th, 2011 at 2:07 pm

    sebut dan jelaskan kelebihan dan kekurangan akuisisi :

    Jawab :
    Dengan semakin meluasnya perdagangan bebas di pasar global, akuisisi lintas perbatasan telah semakin penting peranannya. Akuisisi secara khusus semakin populer di Eropa, akuisisi digunakan perusahaan-perusahaan Eropa untuk membangun kekuatan pasar mereka dan memperluas jangkauan merek di seluruh Uni Eropa. Perusahaan perusahaan asing menggunakan akuisisi untuk memasuki pasar Uni Eropa dan mendapatkan kedudukan dalam perdagangan.

    Keuntungan akuisisi diantaranya adalah :
    - akuisisi dapat menyediakan akses cepat ke sebuah pasar yang baru
    - akuisisi dapat memberikan jalan untuk ekspansi internasional

    sedangkan kelemahan dari akuisisi adalah :
    - pendanaan yang mahal sehingga seringkali diperlukan pendanaan melalui utang
    - negosiasi internasional untuk akuisis dapat menjadi kompleks karena dihadapkan pada syarat-syarat hukum dan perundang- undangan di negara tuan rumah dan perusahaan sasaran dan mendapatkan informasi yang tepat untuk menegosiasikan perjanjian

  25. Erly Setyowati Nugraheny (C1C009072) Says:
    May 10th, 2011 at 2:26 pm

    Pertanyaan:
    Bagaimana sebuah perusahaan kecil dapat melakukan diversivikasi secara global dengan menggunakan internet?

    Jawaban:
    internet memungkinkan komunikasi dan koordinasi yang cepat dan efektif antara unit-unit dan komunikasi global. Teknologi ini juga memfasilitasi dari relasi bisnis ke bisnis misalnya pemasok dan pelanggan. sebuah perusahaan kecil dapat memperluas usahanya secara internasional dengan mengiklankan keunggulan-keunggulan perusahaan tersebut dalam situsnya sehingga pembeli dari berbagai negara tertarik untuk bekerja sama atau membeli produk dari perusahaan tersebut.

  26. Dimas Satria Wibawa - C1C009062 Says:
    May 10th, 2011 at 2:45 pm

    Jelaskan manfaat keunggulan lokasi sebagai keuntungan dari strategi internasional?

    Jawaban:
    Keunggulan lokasi dapat mendorong perusahaan untuk menempatkan fasilitas di negara-negara lain untuk meminimalkan biaya dasar barang-barang dan jasa yang disediakan, misalnya dapat memperoleh akses yang mudah dan ekonomis ke tenaga kerja, energi dan sumber daya alam lainnya dengan biaya lebih rendah.

  27. Eka Sekarwati Says:
    May 10th, 2011 at 3:05 pm

    Pertanyaan:
    Jelaskan letak perbedaan koordinasi atau pengambilan keputusan antara strategi domestik majemuk, strategi global, dan strategi transnasional!

    Jawab :
    > Strategi domestik majemuk, keputusan-keputusan strategis dan operasinya didesentralisasikan ke unit-unit strategis di setiap negara untuk menyesuaikan produk-produk ke pasar lokal.
    > Strategi Global mengasumsikan produk-produk yang lebih distandarisasi dan dikontrol oleh kantor pusat (jadi keputusannya terpusat)
    > Strategi Transnasional berusaha mencapai efisiensi global sekaligus daya tanggap lokal. Mewujudkan kedua hal tersebut tentunya tidak mudah, maka “koordinasi fleksibel” -membangun sebuah visi yg diyakini bersama dan komitmen individual melalui jaringan yang terintegrasi- diperlukan untuk menerapkan strategi transnasional.

  28. TRI ASIH LESTARI (C1C009056) Says:
    May 10th, 2011 at 3:12 pm

    Pertanyaan :
    Salah satu strategi dalam memasuki pasar global (internasional) adalah pemberian lisensi , berikan contoh dari strategi tersebut dan jelaskan kelemahan dari pemberian lisensi !

    Jawaban :

    Contoh pemberian lesensi adalah Sony dan Philips bekerjasama dalam merancang CD dan saat ini dapat dilihat hasil karyanya dengan melisensikan hak-hak kepada perusahaan-perusahaan untuk membuatCD dan kedua perusahaan tersebut medapat royalti dari perusahaanyang memproduksi.
    Kelemahannya adalah
    •Rawannya terhadap pembajakan sehingga mempengaruhi omsetpenjualan CD, ironinya karena dengan kemajuan teknologi haltersebut mudah dilakukan
    •Pemberian lisensi membuat perusahaan tidak dapat terlalumengontrol pabrikasi dan pemasaran produk-produknya ke negara-negara lain
    •Pemberian lisensi memberikan potensi laba minimal karena laba
    •Harus dibagi antara pemegang lisensi dan pemberi lisensi.
    •Pada situasi yang tidak menguntungkan, perusahaan internasionaldapat mempelajarai teknologi dan menghasilkan serta menjualproduk kompetitif yang serupa setelah lisensi itu jatuh tempo

  29. NENDIKA DESTRIANI (C1C009056) Says:
    May 10th, 2011 at 3:28 pm

    Pertanyaan:

    Apa yang dimaksud dengan aliansi strategis dan berikan contohnya?

    Jawaban:
    Aliansi strategis adalah hubungan formal antara dua atau lebih kelompok untuk mencapai satu tujuan yang disepakati bersama ataupun memenuhi bisnis kritis tertentu yang dibutuhkan masing-masing organisasi secara independen. Aliansi strategis pada umumnya terjadi pada rentang waktu tertentu, selain itu pihak yang melakukan aliansi bukanlah pesaing langsung, namun memiliki kesamaan produk atau layanan yang ditujukan untuk target yang sama. Dengan melakukan aliansi, maka pihak-pihak yang terkait haruslah menghasilkan sesuatu yang lebih baik melalui sebuah transaksi. Rekanan dalam aliansi dapat memberikan peran dalam aliansi strategis dengan sumberdaya seperti produk, saluran distribusi, kapabilitas manifaktur, pendanaan projek, pengetahuan, keahlian ataupun kekayaan intelektual. Dengan aliansi maka terjadi kooperasi atau kolaborasi dengan tujuan muncul sinergi. Dengan aliansi, perusahaan dapat saling berbagi kemampuan transfer teknologi, risiko, dan pendanaan. Aliansi strategis terkait pula dengan konsep seperti koalisi internasional, jaringan strategis, joint venture.
    Aliansi strategis memungkinkan perusahaan untuk berbagi resiko dan sumber daya yang diperlukan untuk memasuki pasar-pasar internasional, selain itu dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi inti baru yang dapat menentukan daya saing strategis perusahaan di masa yang akan datang. Aliansi dapat diawali dengan cara perusahaan dari negara tuan rumah yang mengetahui dan memahami kondisi-kondisi persaingan, hukum dan norma-norma sosial dan kekhasan budaya dari negara tersebut yang akan membantu perusahaan dalam membuat dan memasarkan sebuah produk yang kompetitif, sebaliknya perusahaan tuan rumah akan melihat akses teknologinya yang baru dan produk-produk inovatifnya sebagai hal yang menarik.

    Contoh aliansi strategis yaitu British Telecommunication berencana untuk membangun mal belanja virtual di Spanyol melalui usaha bersama denga Banco Popular yakni sebuah bank Spanyol yang bergerak dibidang eceran dengan basis klien yang kuat di kalangan perusahaan-perusahaan berukuran kecil dan sedang, kedua perusahaan ini bekerja sama mengembangkan sebuah situs untuk transaksi bisnis untuk bisnis, kedua perusahaan ini menggunakan portal Arrakis, operasi internet British Telecommunication di Spanyol dengan tujuan untuk mengembangkan suatu basis klien yang terdiri dari 300.000 perusahaan kecil dan sedang

  30. NENDIKA DESTRIANI (C1C009063) Says:
    May 10th, 2011 at 3:29 pm

    Pertanyaan:

    Apa yang dimaksud dengan aliansi strategis dan berikan contohnya?

    Jawaban:
    Aliansi strategis adalah hubungan formal antara dua atau lebih kelompok untuk mencapai satu tujuan yang disepakati bersama ataupun memenuhi bisnis kritis tertentu yang dibutuhkan masing-masing organisasi secara independen. Aliansi strategis pada umumnya terjadi pada rentang waktu tertentu, selain itu pihak yang melakukan aliansi bukanlah pesaing langsung, namun memiliki kesamaan produk atau layanan yang ditujukan untuk target yang sama. Dengan melakukan aliansi, maka pihak-pihak yang terkait haruslah menghasilkan sesuatu yang lebih baik melalui sebuah transaksi. Rekanan dalam aliansi dapat memberikan peran dalam aliansi strategis dengan sumberdaya seperti produk, saluran distribusi, kapabilitas manifaktur, pendanaan projek, pengetahuan, keahlian ataupun kekayaan intelektual. Dengan aliansi maka terjadi kooperasi atau kolaborasi dengan tujuan muncul sinergi. Dengan aliansi, perusahaan dapat saling berbagi kemampuan transfer teknologi, risiko, dan pendanaan. Aliansi strategis terkait pula dengan konsep seperti koalisi internasional, jaringan strategis, joint venture.
    Aliansi strategis memungkinkan perusahaan untuk berbagi resiko dan sumber daya yang diperlukan untuk memasuki pasar-pasar internasional, selain itu dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi inti baru yang dapat menentukan daya saing strategis perusahaan di masa yang akan datang.

    Contoh aliansi strategis yaitu British Telecommunication berencana untuk membangun mal belanja virtual di Spanyol melalui usaha bersama denga Banco Popular yakni sebuah bank Spanyol yang bergerak dibidang eceran dengan basis klien yang kuat di kalangan perusahaan-perusahaan berukuran kecil dan sedang, kedua perusahaan ini bekerja sama mengembangkan sebuah situs untuk transaksi bisnis untuk bisnis, kedua perusahaan ini menggunakan portal Arrakis, operasi internet British Telecommunication di Spanyol dengan tujuan untuk mengembangkan suatu basis klien yang terdiri dari 300.000 perusahaan kecil dan sedang

  31. DIAN LAVINA (C1C009058) Says:
    May 10th, 2011 at 4:11 pm

    Pertanyaan :

    Sebutkan ciri-ciri strategi global dan berikan contohnya!

    Jawaban:
    1. Ciri-ciri strategi global:

    -Sentralisasi oleh kantor pusat.
    -SBU(Strategic Bussiness Unit) di satu tempat dengan SBU lain di tempat yang berbeda masih terkait.
    -Menghasilkan risiko yang lebih rendah.
    -Tidak responsif terhadap pasar-pasar lokal.
    -Home country sebagai sumber bahan baku, komponen manufacturing, assembling, dan distribusi akhir serta penjualan.

    2. Contoh strategi global:

    Produk, rasa dan resep minuman Coca Cola dari Cola Cola Company tidak berbeda dengan Coca Cola di belahan negara lain, karena berasal dari satu kantor pusat Coca-Cola Company di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat

  32. AGUNG PRASETYO WIBOWO ( C1C009066 ) Says:
    May 10th, 2011 at 4:18 pm

    AGUNG PRASETYO WIBOWO ( C1C009066 )
    Sebutkan Batasan Ekspansi Internasional dalam masalah manajemen !

    Jawab :

    1.Biaya koordinasi unit bisnis lintasgeografis yang berbeda.
    2.Halangan kelembagaan dan budaya.
    3.Pemahaman maksud strategik pesaing.
    4.Keseluruhan Kompleksitas persaingan.

  33. Gian Priastama (C1C009061) Says:
    May 10th, 2011 at 4:19 pm

    Pertanyaan :
    Mengapa motif tradisional yang dilakukan oleh perusahaan berubah menjadi perusahaan multinasional?

    Jawab :
    Untuk mengamankan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan.

  34. puji asih cahyaningtyas (C1C009136) Says:
    May 10th, 2011 at 4:22 pm

    sebutkan ciri-ciri dari tiga strategi korporat dalam strategi tingkat bisnis internasional?

    jawab:
    1. strategi Multi-domestik

  35. DIAN LAVINA (C1C009058) Says:
    May 10th, 2011 at 4:27 pm

    Dalam lingkungan Internasional terdapat dua risiko, yaitu risiko politik dan risiko ekonomi. Sebutkan contoh risiko-risiko di Indonesia!

    Jawaban :

    1).Tantangan atas kemungkinan terjadinya gelembung nilai aset (asset bubble) dan inflasi karena kurangnya daya serap ekonomi nasional terhadap masuknya modal asing, termasuk jangka pendek.

    2).Risiko terhentinya arus modal masuk dan bahkan terjadinya penarikan modal masuk dalam jumlah besar.

    3).Subsidi energi dan alokasi yang tidak efisien.

    4).Risiko inflasi terutama dipicu oleh komponen makanan, pendidikan, dan ekspansi inflasi.

    5).Infrastruktur dan interkoneksi (transportasi) yang kurang memadai.

    6).Peningkatan daya saing, perbaikan pendidikan dan pelatihan serta penambahan pasokan tenaga teknik terdidik, menjadi penghambat bagi perusahaan untuk melakukan ekspansi produksi, menghambat investasi, dan mengurangi penciptaan nilai tambah dan lapangan kerja.

    7).Daya serap/belanja pemerintah pusat dan daerah yang masih belum optimal.

    8).Risiko berkaitan dengan politik dan hukum.

    9).Risiko perubahan iklim, bencana alam, dan krisis keuangan.

  36. DewyYudhy Manggala Putri (C1C009134) Says:
    May 10th, 2011 at 4:27 pm

    Jelaskan hubungan kompleks antara diversifikasi internasional, inovasi, dan kinerja!

    Jawab:
    Beberapa tingkat kinerja adalah perlu menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan diversifikasi internasional. Diversifikasi internasional menyediakan insentif dan sumber daya untuk investasi dalam penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan terarah, dapat meningkatkan kinerja perusahaan yang pada gilirannya, akan menyediakan lebih banyak sumber daya untuk melanjutkan diversifikasi internasional dan investasi litbang.

  37. Ari Septiawan (C1C009048) Says:
    May 10th, 2011 at 4:30 pm

    Pertanyaan :
    Dalam International Strategy ada beberapa pilihan cara masuk ke pasar internasional, salah satunya adalah Ekspor. Apa kerugian ekspor?

    Jawab :
    Kerugian ekspor yaitu biaya transportasi yang tinggi dan tarif pajak yang dikenakan pada barang-barang yang masuk. Selain itu, eksportir kurang memiliki kontrol terhadap pemasaran dan distribusi barang-barangnya di negara tuan rumah dan harus membayar distributor untuk menutupi biaya yang dikeluarkannya dan mendapatkan laba. Akibatnya, cukup sulit memasarkan sebuah produk kompetitif melalui ekspor atau menyediakan sebuah produk yang dipesan untuk setiap pasar internasional.

  38. Benedictus Bimo H K C1C009083 Says:
    May 10th, 2011 at 4:32 pm

    Sebutkan 4 tahap evolusi sebuah perusahaan untuk menjadi sebuah sebuah perusahaan global!

    Jawab:

    1. Perusahaan Domestik
    menurut tingkat proteksi dari pemerintah dibagi menjadi:
    a. Industri bayi
    b. Industri remaja
    c. Industri dewasa
    2. Perusahaan Internasional
    3. Perusahaan Multinasional
    4. Perusahaan Global

  39. puji asih cahyaningtyas (C1C009136) Says:
    May 10th, 2011 at 4:41 pm

    sebutkan ciri-ciri dari strategi multi-domestik, beserta contoh masing-masing?
    strategi multi-domestik
    1.strategi dan keputusan terdesentralisasi pada unit strategi bisnis di tiap negara.
    2.produk dan jasa di tiap negara disesuaikan dgn pasar lokal.
    3. menganggap pasar berbeda menurut negara atau wilayah.
    4. fokus pada persaingan di tiap pasar.

    contoh:
    j.co donuts perusahaan yang memproduksi donat melebarkan sayap dengan mendirikan perusahaan breadtalk dan roppan yang terdapat di malaysia dan singapura dan membuat manajemen tersendiri untuk kedua perusahaan tersebut .

  40. NUR WAHIDATUL LAELIYAH - C1C009094 Says:
    May 10th, 2011 at 4:47 pm

    Pertanyaan :
    Salah satu strategi internasional adalah strategi tingkat korporat. Jelaskan konsep strategi korporasi yang telah banyak diaplikasikan!!

    Jawaban :
    Ada 4 macam konsep strategi korporasi yang telah banyak diaplikasikan oleh perusahaan yaitu
    1. Portfolio Management
    Manajemen Portofolio digunakan untuk memilih portofolio proyek pengembangan produk baru untuk memaksimalkan profitabilitas atau nilai portofolio. Portfolio management mendasarkan pada sejumlah asumsi vital, misalnya diversifikasi. Diversifikasi dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti akuisisi, merger, atau membangun unit bisnis baru (greenfield company).
    2. Restructuring
    Restrukturisasi adalah tindakan reorganisasi kepemilikan hukum, operasional, atau struktur lain dari perusahaan untuk tujuan membuatnya lebih menguntungkan, atau lebih terorganisir untuk kebutuhan saat ini. Melalui strategi restructuring, perusahaan korporasi mencari perusahaan yang tidak terlalu maju (undeveloped), sedang sakit, atau yang sedang menghadapi kesulitan akibat perubahan lingkungan bisnis yang tidak dapat diatasi. Perusahaan induk melakukan intervensi dengan mengubah tim manajemen, mengubah strategi bisnis, memasukkan (infused) teknologi baru, atau menjual/menutup unit-unit yang tidak efisien atau yang tidak terkait langsung dengan kompetensi inti unit bisnis terkait.
    3. Transferring Skills
    Dalam transferring skills, terjadi sinergi dan proses aktif untuk mengubah strategi atau operasional unit bisnis. Proses perubahan dalam suatu unit bisnis sebagai sasaran transfer ketrampilan harus spesifik dan dapat dikenali.
    4. Sharing Activities
    Hampir mirip dengan transferring skills, dalam sharing activities antar unit bisnis menggunakan beberapa sumber daya dalam value chain secara bersama.

  41. CHUSNUL CHOTIMAH SAFITRI (C1C009067) Says:
    May 10th, 2011 at 4:55 pm

    CHUSNUL CHOTIMAH SAFITRI (C1C009067)

    Pertanyaan:

    Faktor produksi merupakan salah satu faktor yang menentukan keunggulan perusahaan dalam industri global, sebutkan 2 contoh konkritnya?

    Jawaban:

    Dua contoh konkrit faktor produksi mempengaruhi keunggulan perusahaan dalam industri global adalah:

    1.Misalnya Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki kekurangan banyak sumber daya alam,tetapi memiliki kemajuan teknologi yang tinggi,tingkat etos kerja yang kuat,jumlah tenaga ahli yang banyak dan sistem perusahaan yang besar yang telah menciptakan keahlian di bidang manufaktur.
    2.Misalnya India baru-baru ini telah mengembangkan industri otomotif yang kuat karena untuk mengurangi ketergantungan mereka pada impor produk otomotif.Sedangkan hal ini tidak terjadi pada Jepang yang telah memiliki industri otomotif yang maju dengan teknologi dan modal yang kuat.

  42. MUNAWAR INDRIANA C1C009089 Says:
    May 10th, 2011 at 6:33 pm

    Munawar Indriana C1C009089

    Pertanyaan :
    Memasuki pasar global kini shell dan petronas sudah hadir di tanah air, sedangkan pertamina sebagai BUMN yg concern di bidang yang sama tersandung kasus kerusakan fuel pump 2010 (kasus taxi di jabodetabek) dengan tudingan kulitas BBM Pertamina yg rendah. Strategi apa yang sebaiknya diambil untuk tetap menjaga reputasi di tengah hadangan merek-merek global?

    Jawab :

    Pertamina sebaiknya belajar dari sahabatnya, PT Garuda Indonesia, dalam mengatasi krisis merek. Masih ingat kejadian boeing 737 Garuda Indonesia yg mendarat darurat di sungai bengawan solo 16 januari 2002?? Bagi garuda itu merupakan masalah besar dan sudah menjadi hal wajar jika para penumpang menyalahkannya. tap ternyata kondisinya berbalik, paara penumpang malah bersimpati pada garuda indonesia. Garuda indonesia langsung merespon kejadian itu dengan membuka pusaat informasi secaraperiodik, disamping melakukan efakuasi para penumpang secara cepat. kepada media, manajemen secara sengaja menceritakan kisah sang pilot dalam mengatasi masalahnya. alhasil kecelakaan itu berbuuah simpati.Jadi, strategi komunkikasi yg tepat sangat membantu dalam mengaatasi komplain pelanggan. jangan segan segan-segan melibatkan pihak ketiga, baik konsultan, para ahli, regulator, dsb dalam menjawab persoalan yg terjadi, karena itu akan sangat membantu. dengan kata lain jangan langsung mengatakan “tidak”.

  43. Restika Fajri (C1C009095) Says:
    May 10th, 2011 at 6:50 pm

    Jelaskan motifasi apa yang mendorong suatu perusahaan untuk melakukan ekspansi internasional?

    Jawaban:
    a) Meningkatkan Pangsa Pasar
    Pasar domestik terlalu kecil untuk mendukung penggunaan fasilitas manufaktur dengan skala yang efisien. Contoh: Pabrik elektronik atau kendaraan bermotor Jepang.
    b) Pengembalian Investasi
    Proyek investasi yang besar membutuhkan pasar global agar sesuai dengan pengeluaran modal. Perlindungan paten yang lemah di beberapa negara menyebabkan perusahaan harus berekspansi secara cepat ke luar negeri untuk menjadi investor yang terawal. Contoh: Pabrik pesawat terbang Boeing atau Airbus.
    c) Skala Ekonomis dan Pengetahuan
    Memperluas ukuran atau cakupan pasar membantu mencapai skala ekonomis dalam manufaktur, pemasaran, R&D atau distribusi. Dapat menyebarkan biaya ke basis penjualan yang lebih besar, dan meningkatkan laba per unit.
    d) Keuntungan Lokasi
    Pasar dengan biaya rendah bisa membantu dalam pengembangan keunggulan kompetitif. Memungkinkan akses yang lebih baik ke:bahan mentah, biaya pekerja yang murah, Pemasok, Pelanggan, energi, sumber daya alam.

  44. NURUL HASNA D. (C1C009078) Says:
    May 10th, 2011 at 6:58 pm

    Pertanyaan:
    Banyak perusahaan multinasional memerlukan strategi yang lebih fleksibel agar dapat lebih berkompetisi dimana trend sering berubah dari waktu ke waktu. Terdapat dua jenis trend dalam Strategi Internasional. sebut dan jelaskan!

    jawab:
    1. Liability of Foreignness
    Saat ini perusahaan mengurangi fokus pada pasar global yang sebenarnya, dan lebih banyak beradaptasi pada regionalnya. Globalisasi bisnis dengan strategi lokal di demonstrasikan oleh “online operation”, menggunakan koneksi internet untuk menawarkan produk yg dijual. Implementasi strategi berbasis internet pun masih memerlukan adaptasi. Penggunaan katalog bisnis berbasis email memerlukan dana yang besar untuk pemeliharaannya. Perusahaan lebih baik menggunakan bisinis website dimana semua orang dapat mengakses website tersebut tanpa harus mengeluarkan dana besar untuk pemasangan iklannya.
    2. Regionalisasi
    Lokasi perusahaan dapat memberikan efek pada strategi kompetisi, perusahaan harus menentukan apakah berkompetisi disemua pasar global atau fokus pada regional tertentu. Apabila perusahaan memutuskan akan bermain dalam pasar secara global, banyak perusahaan lebih memilih untuk memfokuskan pada regional tertentu, karena hal tersebut akan lebih efektif dalam berkompetisi secara global. Sebagian besar perusahaan yang memasuki pasar regional secara berkelanjutan, akan memulai usahanya pada wilayah yang lebih familiar. Pada awalnya perusahaan akan lebih memperlihatkan keunggulan yang dimilikinya, setelah bisnis awal telah meraih keberhasilan maka akan dilanjutkan dengan lini-bisnis lainnya dengan strategi – strateginya.

  45. Dimas Satria Wibawa - C1C009062 Says:
    May 10th, 2011 at 8:15 pm

    Jelaskan pengaruh manjemen terhadap strategi bisnis internasional?

    Jawaban:
    Kemampuan manajemen merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan strategi bisnis internasional, karena jumlah diversivikasi bisnis internasional yang dapat untuk dikelola antara satu perusahaan yang satu dengan yang lain berbeda tergantung kemampuan para manajer di setiap perusahaan. Manajer yang handal dapat menentukan diversifikasi ke negara-negara yang lebih bersahabat, misalnya yang kebudayaannya mirip dengan kebudayaan negara asalnya, sehingga mengurangi hambatan perdangan internasional karena undang-undang dan kebiasaannya lebih mudah dipahami, dan produknya lebih mudah diadaptasi ke pasar-pasar lokal.

  46. Laela Yunita D.W (C1C009052) Says:
    May 10th, 2011 at 9:54 pm

    Laela Yunita D.W (C1C009052)

    Pertanyaan:

    Pilihan mengenai Cara Memasuki Pasar Internasional yaitu dengan Ekspor, Pemberian Lisensi, Aliansi Strategis, Akuisisi dan Anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya.
    Jelaskan bagaimana karakteristik dari Anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya?

    Jawaban:

    Karakteristik dari Anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya sebagai berikut:

    1. Merupakan alternatif atau cara masuk yang paling kompleks dan mahal

    2. Memiliki derajat kontrol yang paling besar sehingga memakan cukup banyak waktu.

    3. Potensi laba di atas rata-rata sehingga paling menguntungkan jika berhasil.

    4. Memerlukan keahlian dan pengetahuan yang relevan dengan negara tuan rumah.

    5. Mempertahankan kontrol terhadap teknologi, pemasaran, dan distribusi.

    6. Bisa menggunakan konsultan lokal jika memerlukan akan tetapi harus mengeluarkan biaya lebih dengan sewa yang tinggi.

  47. ISTHIKA PUTRI P (C1C009138) Says:
    May 10th, 2011 at 10:15 pm

    Pertanyaan :

    Sebutkan determinan keunggulan kompetitif nasional yang dapat mempengaruhi sebuah perusahaan di dalam mencapa keberhasilan internasional (menurut porter)?

    Jawaban:

    Determinan keunggulan kompetitif meliputi :
    1. Faktor Kondisi, terbagi menjadi faktor dasar, faktor lanjut (pekerja berpenidikan tinggi, komunikasi digital), faktor umum (kapital, infrastruktur), faktor khusus.
    2. Industri terkait dan pendukung
    3. Kondisi Permintaan
    4. Strategi Perusahaan, Struktur, dan Rivalitas

  48. Titin Syahadatain (C1C009075) Says:
    May 11th, 2011 at 9:30 am

    Apa sajakah mekanisme kekuasaan yang dirancang untuk memantau dan mendorong manajer mengambil keputusan strategis yang memihak kepentingan terbaik pemegang saham?

    Jawaban: Konsentrasi kepemilikan saham dalam jumlah besar, pemegang saham institusional, kepemilikan saham manajer, dewan direktur, kompensasi eksekutif,dan struktur organisasi.

  49. Titin Syahadatain (C1C009075) Says:
    May 11th, 2011 at 9:39 am

    Maaf pak pertanyaannya salah posting. Itu yang buat bab 9. Trimakasih.

  50. Titin Syahadatain (C1C009075) Says:
    May 11th, 2011 at 9:53 am

    Apakah yang dimaksud strategi transnasional?

    Jawaban:
    Strategi transnasional adalah strategi korporat yang bertujuan mencapai efisiensi global dan daya tanggap lokal.

  51. Harmoni Ikhda Febriana (C1C009096) Says:
    May 11th, 2011 at 11:06 am

    Pertanyaan :

    Jelaskan siklus hidup strategi internasional dengan menjual produk di luar pasar domestik perusahaan

    Jawab :

    1. Perusahaan memperkenalkan inovasi di pasar domestik
    2. Permintaan barang berkembang dan perusahaan mengekspor produk
    3. Persaingan luar negeri memulai produksi
    4. Perusahaan memulai produksi luar negeri
    5. Produksi menjadi terstandarisasi dan berlokasi ke negara dengan biaya rendah

  52. Barra Mulia Abdillah (C1C009088) Says:
    May 11th, 2011 at 11:13 am

    Masalah apa yang sering berkaitan dengan diversifikasi internasional? Berikan contohnya!

    Jawaban:
    Masalah yang sering berkaitan dengan diversifikasi nasional adalah relasi antara pemerintah tuan rumah dan perusahaan multinasional. Contohnya, perusahaan Jepang seperti Toyota lebih sedikit menerima hambatan bersaing di pasar-pasar AS, daripada perusahaan AS seperti General Motor masuk ke pasar Jepang. Hal ini terkait kebijakan Pemerintah Jepang demi menjaga nilai Yen terhadap Dolar dengan membatasi impor dan mengurangi ekspor.

  53. Susi apriliyani (C1C009093) Says:
    May 11th, 2011 at 11:20 am

    pertanyaan :
    Apabila sebuah perusahaan akan go internasional maka perusahaan tersebut akan dihadapkan kepada resiko, termasuk resiko politik. Bagaimanakan perusahaan menghadapi hal tersebut?

    Jawab :
    Untuk mengatasi resiko tersebut kita harus melakukan manajemen resiko. Risk management dilaksanakan secara terus menerus dan dimonitor secara berkala. Risiko dikaitkan dengan kemungkinan kejadian atau keadaan yang dapat mengancam pencapaian tujuan dan sasaran organisasi.

  54. Elliana (C1C009077) Says:
    May 11th, 2011 at 11:20 am

    mencakup apa saja perbedaan antara perusahaan internasional, perusahaan multinasional dan perusahaan global?

    jawaban:

    perbedaan antara ketiga perusahaan diatas mencakup fokus, visi, orientasi, gaya operasi, strategi, struktur organisasi, strategi pemasaran, fokus lokasi riset dan pengembangan, kebijakan penempatan alokasi SDM, pola komunikasi, kebijakan pengembangan produk baru, kemitraan dan kebijakan investasi.

  55. Meila Hapsari Ristiansyah Says:
    May 11th, 2011 at 12:06 pm

    Sebutkan Empat Dimensi yang menekankan ciri-ciri lingkungan atau struktural dari perekonomian nasional yang turut menentukan keunggulan nasional?

    Jawaban
    Dimensi keunggulan Nasional
    1. Faktor Produksi
    2. Strategi, struktur, dan persaingan perusahaan
    3. Kondisi Permintaan
    4. Industri Pendukung dan berkaitan

  56. EKA SUSI AGUSTINA C1C009018 Says:
    May 11th, 2011 at 2:11 pm

    EKA SUSI AGUSTINA C1C009018

    bagaimanakah penerapan strategi fokus internasional?

    jawab:
    perusahaan memusatkan perhatiannya pada celah-celah pasar ketika menerapkan strategi fokus internasional. seperti contohnya perusahaan coklat cadbury yang memfokuskan usahanya dalam pembuatan coklat karena perusahaan cadbury melihat bahwa mayoritas orang diseluruh dunia menyukai coklat. cadbury pun kini bia menjangkau pasar diseluruh dunia dengan produk coklatnya.

  57. EDO ELKANA (C1C009087) Says:
    May 11th, 2011 at 2:26 pm

    Apa yang dimaksud dengan strategi pasar global? Apakah perbedaan antara Strategi Pemasaran dan Strategi Pasar?

    Jawaban:
    Strategi Pasar merupakan penjumlahan dari upaya, taktik dan sumber daya perusahaan yang digunakan untuk mendapatkan pangsa pasar dengan bersaing dengan perusahaan lain. Strategi Pasar adalah bagaimana Anda menempatkan produk Anda di dalam pasar yang sudah ada untuk mereka.

    Strategi Pasar Global adalah suatu pendekatan yang lebih luas dengan konsep yang sama. Dalam hal ini, seluruh dunia adalah medan perang dan tidak peduli seberapa jauh atau seberapa kecil pesaing yang tampak.

    Strategi Pemasaran adalah kesadaran perusahaan untuk menjual produk mereka dalam keadaan yang lebih baik kepada pelanggan mereka.
    Singkatnya: Strategi pemasaran berarti bagaimana Anda menjual kepada klien Anda, bahkan jika itu berarti untuk menciptakan pasar baru.

  58. Caecilia Cindy C1C009098 Says:
    May 11th, 2011 at 2:48 pm

    Pertanyaan : Salah satu alasan perusahaan untuk go international adalah adanya keunggulan lokasi negara yang dituju. Beberapa negara maju sekarang ini menyasar China sebagai bentuk go internationalnya. Apakah keunggulan lokasi yang dimiliki China?

    Jawab : China terkenal sebagai negara berpenduduk terbesar nomor 1 di dunia, memiliki pangsa pasar yang besar. Karena itulah, biaya tenaga kerja China pun rendah. Selain itu, China termasuk dalam negara maju yang pembangunan infrastrukturnya sudah cukup baik. Transportasi lancar mendukung distribusi, fasilitas pun mendukung.
    Sehingga dari keunggulan lokasi ini menjadi daya tarik yang besar bagi investor asing.

  59. NUR AIDA C1C009115 Says:
    May 11th, 2011 at 2:56 pm

    Pertanyaan :

    Upaya apakah yang memungkinkan koordinasi global dan kebutuhan integrasi tercapai dalam perusahaan yang terdiferensiasi secara internasional?

    jawab :

    Salah satu upaya yang dapat ditempuh yaitu perusahaan melakukan diferensiasi ke negara-negara yang lebih bersahabat dan memiliki kesamaan budaya.
    Dengan demikian, terdapat beberapa kemudahan yang akan diperoleh perusahaan :
    -hambatan perdagangan akan lebih sedikit
    -kebiasaan dan peraturan dapat dipahami dengan lebih baik dan
    -produk untuk pasar lokal dapat lebih mudah diadaptasi.

  60. Rafika Endah N (C1C009081) Says:
    May 12th, 2011 at 10:31 am

    sebutkan dan jelaskan salah satu perusahaan yang menggunakan strtegi transnasional?

    jawab:
    salah satu perusahaan yang menggunakan strategi transnasional adalah Nokia. Saat ini Nokia menjadi produsen perangkat mobile nomor satu di dunia. Dengan pangsa pasar sekitar 38% pada tahun 2007 dan dengan penjualan bersih sampai dengan 51,1 miliar Euro. Dari Afrika, Asia, Eropa, Amerika Latin, Timur Tengah dan Amerika Utara, Nokia menyediakan konsumen telepon seluler dengan model yang stylish dan fungsional. Mereka meluncurkan kampanye pemasaran global tahun ini dengan tema “1.001 alasan”. Meskipun strategi pemasaran mereka di seluruh dunia dan produk mereka pada dasarnya seragam. Perusahaan ini termasuk perusahaan transnasional karena mereka berupaya untuk memahami kebutuhan dan selera konsumen mereka di seluruh dunia. Sejalan dengan ini, Nokia memiliki tim peneliti desain, psikolog, sosiolog dan ahli kegunaan yang mengeksplorasi bagaimana orang menggunakan perangkat mobile mereka, sehingga mereka menemukan cara yang membuat mereka menjadi lebih baik.

  61. Lud Priyanto CIC009121 Says:
    May 12th, 2011 at 11:08 am

    Pertanyaan:

    Pasar Internasional memiliki tingkat persaingan yang tinggi salah satu cara untuk mengatasi hal ini perusahaan harus menjalin dan mempertahankan relasi kerja yang efektif dengan pemerintah tuan rumah. Jelaskan maksud pernyataan ini!

    Jawaban:

    Sebuah perusahaan asing yang akan masuk kedalam sebuah negara lain pasti telah memperhitungkan untung dan rugi baik untuk perusahaan maupun bagi negara yang dituju.Negara asing akan mempresentasikan keuntungan-keuntungan bagi negara yang dituju dengan cara demikian pemerintah akan berpikir bahwa negara akan mendapat keuntungan jika perusahaan asing tersebut masuk ke dalam negerinya,dengan demikian pemerintah akan dengan mudah memberikan izin operasi perusahaan asing tersebut. sebagai contoh meskipun Indonesia mempunyai perusahaan elektronik dalam negeri merek National, tetapi ketika Perusahaan LG,Panasonic dan sony mencoba masuk pemerintah mengijinkannya dan mengajukan syarat pabrik perusahaan elektronik tersebut harus berada di Indonesia sehingga menyerap tenaga kerja dalam negeri.Selain itu produk-produk yang dihasilkan akan lebih inovatif misal masyarakat Indonesia sudah dapat menikmati televisi model LCD layar sentuh, hal ini pasti berbeda jika dulu Indonesia tidak mengijinkan perusahaan asing tersebut beroperasi di Indonesia. Jadi seorang manajer perusahaan multinasional harus mampu menganalisis keuntungan bagi negara yang dituju dengan demikian mereka dapat masuk dan bersaing dengan perusahaan lokal dengan lebih mudah.

  62. SITI AMINAH (C1C009140) Says:
    May 12th, 2011 at 11:16 am

    Pertanyaan :
    Dalam memasuki pasar global, terdapat berbagai pilihan cara masuk, diantaranya adalah ekspor, pemberian lisensi, aliansi strategis, akuisisi, dan anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya. Sebutkan karakteristik dari berbagai pilihan cara masuk tersebut !!!

    Jawaban :
    • Karakteristik ekspor :
    1. Biaya tinggi
    2. kontrol rendah

    • karakteristik pemberian lisensi :
    1. biaya rendah
    2. resiko rendah
    3. kontrol sedikit
    4. laba rendah

    • karakteristik aliansi strategis :
    1. berbagi biaya
    2. berbagi sumber daya
    3. berbagi resiko
    4. masalah integrasi (misalnya dua budaya perusahaan)

    • karakteristik akuisisi :
    1. akses cepat ke pasar yang beru
    2. biaya tinggi
    3. negosiasi kompleks
    4. masalah merger dengan kegiatan operasional domestik

    • karakteristik anak perusahaan baru yang dimiliki sepenuhnya
    1. kompleks
    2. sering kali mahal
    3. memakan banyak waktu
    4. resiko tinggi
    5. kontrol maksimum
    6. potensi laba di atas rata-rata

  63. Lilis Ardi Anti C1C009104 Says:
    May 12th, 2011 at 11:23 am

    Pertanyaan :
    Pengertian dari strategi multidomestik dan sebutkan contohnya???
    Jawab:
    Strategi dimana keputusan strategis dan operasi didesentralisasikan ke unit bisnis strategis di masing-masing negara untuk menyesuaikan produk kepada pasar lokal. Contohnya adalah Aqua yang merupakan produk danone di Indonesia. Danone di negara lain memproduksi barang yang sama dengan merek yang berbeda dan disesuaikan dengan selera negara tersebut.

  64. Binarlyn Indri Rahayu C1C009107 Says:
    May 12th, 2011 at 11:59 am

    Pertanyaan:
    salah satu alat ekspansi internasional bagi perusahaan adalah dengan akuisisi. jelaskan alasan perusahaan melakukan akuisisi dan berikan contohnya!

    Jawab:
    1. Diversifikasi produk, cara yang cepat untuk pidah ke dalam bisnis di mana perusahaan kurang pengalaman dalam industri. Contoh : akuisisi CNET terhadap mySimon

    2. Membentuk kembali cakupan Kompetisi, perusahaan bia memakai akuisis untuk mencegah ketergantungan hanya terhadap satu atau beberapa produk atau pasar saja. Contoh: akuisisi General Electric terhadap NBC

    3.Utang yang luar biasa besar, hal ini bsa mengakibatkan beban dala aliran keluar kas. Contoh: akuisisi AgriBioTech terhadapberlusin-lusin perusahaan kecil

  65. ETY WAHYUNINGRUM (C1C009135) Says:
    May 13th, 2011 at 7:35 am

    Pertanyaan :
    Apa masalah lain yang berkaitan dengan diversifikasi Internasional ?

    Jawab :
    Masalahnya adalah terletak pada relasi antara pemerintah tuan rumah dan perusahaan multinasional

  66. Eka Sekarwati (C1C009086) Says:
    May 13th, 2011 at 8:22 am

    Pertanyaan:
    Jelaskan letak perbedaan koordinasi atau pengambilan keputusan antara strategi domestik majemuk, strategi global, dan strategi transnasional!
    Jawab :
    > Strategi domestik majemuk, keputusan-keputusan strategis dan operasinya didesentralisasikan ke unit-unit strategis di setiap negara untuk menyesuaikan produk-produk ke pasar lokal.
    > Strategi Global mengasumsikan produk-produk yang lebih distandarisasi dan dikontrol oleh kantor pusat (jadi keputusannya terpusat)
    > Strategi Transnasional berusaha mencapai efisiensi global sekaligus daya tanggap lokal. Mewujudkan kedua hal tersebut tentunya tidak mudah, maka “koordinasi fleksibel” -membangun sebuah visi yg diyakini bersama dan komitmen individual melalui jaringan yang terintegrasi- diperlukan untuk menerapkan strategi transnasional.

  67. Try Maya Octavia (C1COO90600) Says:
    May 13th, 2011 at 9:29 am

    Pertanyaan:
    Salah satu cara perusahaan memasuki pasar internasional adalah melalui ekspor, jelaskan kelemahan ekspor bagi perusahaan.

    jawab:
    Kelemahan dari melakukan ekspor diantaranya adalah biaya transportasi yang tinggi dan pajak yang dikenakan pada barang-barang yang masuk. Selain itu, eksportir kurang memiliki kontrol terhadap pemasaran dan distribusi barang-barangnya di negara tuan rumah dan harus membayar distributor atau mengizinkan distributor untuk menambah biaya guna menutupi biaya yang dikeluarkannya.

  68. Try Maya Octavia (C1C009060) Says:
    May 13th, 2011 at 9:34 am

    ertanyaan:
    Salah satu cara perusahaan memasuki pasar internasional adalah melalui ekspor, jelaskan kelemahan ekspor bagi perusahaan.

    jawab:
    Kelemahan dari melakukan ekspor diantaranya adalah biaya transportasi yang tinggi dan pajak yang dikenakan pada barang-barang yang masuk. Selain itu, eksportir kurang memiliki kontrol terhadap pemasaran dan distribusi barang-barangnya di negara tuan rumah dan harus membayar distributor atau mengizinkan distributor untuk menambah biaya guna menutupi biaya yang dikeluarkannya.

  69. Mujayanah C1C009092 Says:
    May 13th, 2011 at 12:40 pm

    Salah satu cara atau strategi untuk memasuki pasar internasional adalah lewat diversifikasi internasional. Apa yang dimaksud dengan diversifikasi internasional dan apa keuntungan yang diperoleh persuhaan dengan melakukan diversifikasi internasional?
    Jawab :
    Diversifikasi internasional adalah sebuah strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk memperluas penjualan barang-barang dan jasanya ke lintas perbatasan dari wilayah-wilayah dan negara-negara dunia ke dalam lokasi dan beroperasi dan pentingnya pasar-pasar itu bagi perusahaan menunjukkan tingkat diversifikasi yang akan dilakukan perusahaan secara internasional.
    Keuntungan dari diversifikasi internasional yaitu :
    • berkaitan erat dengan tingkat laba yang diperoleh perusahaan, karena adanya reaksi positif dari pasar saham yang peka terhadap investasi pasar internasional
    • potensi ekonomi dan pengalaman
    • keunggulan lokasi
    • meningkatnya ukuran pasar dan peluang untuk menstabilkan laba karena stabilisasi laba akan membantu mengurangi resiko secara keseluruhan risiko perusahaan

  70. Sekarini Dwi Hardiyanti (C1C009057) Says:
    May 14th, 2011 at 3:37 pm

    Apakah relasi antara diversifikasi internasional dan inovasi? bagaimana diversivikasi internasional mempengaruhi inovasi? apakah dampak dari diversifikasi terhadap laba perusahaan?

    jawab:
    diversifikasi internasional memfasilitasi inovasi dalam suatu perusahaan, karena strategi ini menyediakan pasar yang lebih besar untuk mendapatkan tingkat laba yang lebih besar dan dengan tingkat waktu yang lebih cepat dari investasi-investasi dalam inovasi. selain itu, diversifikasi internasional dapat menghasilkan sumber daya yang diperlukan untuk mempertahankan program riset dan penelitian dalam skala besar.

  71. Desti Purwati (C1C009045) Says:
    May 14th, 2011 at 3:45 pm

    Apakah faktor-faktor yang menciptakan batas-batas pada hasil positif dari ekspansi internasional?

    jawab:
    1. penyebaran geografis yang lebih besar secara lintas perbatasan negara tersebut meningkatkan biaya koordinasi antar unit-unit dan biaya distribusi produk.
    2. hambatan-hambatan perdagangan, biaya logistik, keragaman budaya dan perbedaan lain menurut negara masing turun memperbesar kompleksitas penerapan strategi diversifikasi internasional.

  72. Syifa Amalina Auji C1L009035 Says:
    May 14th, 2011 at 3:54 pm

    Question:
    Explain what you know about Market as Corporate Control?

    Answer:
    Market as Corporate Control consists of individuals and companies, which buy ownership position (or takeover) firms that are likely to get lost, so they can establish new division of a diversified company, or merge two separate companies. They usually replace the business objectives of the management team to revise the strategy which lead to lower performance of the company.

  73. Mariska Diantari C1C009125 Says:
    May 14th, 2011 at 7:58 pm

    Pertanyaan :

    Apakah pengaruh dari perkembangan teknologi terhadap strategi pemasaran internasional?

    Jawaban :

    Teknologi informasi yang relatif baru secara mengagumkan telah menjadi pemicu bagi tumbuhnya begitu banyak pasar barang dan jasa menjadi mengglobal dalam anti sebenarnya. TI memainkan peran yang penting dalam pengkoordi nasi an antara R&D, antara akti vitas dengan pemasaran untuk menembus batas – batas yang ada sebelumnya. – batas yang ada sebelumnya. Globalisasi dari pasar dan industri dan perubahan peran TI dalam suatu organisasi bisnis telah membuat penggunaan strategis dari TI menjadi sebuah elemen kunci dalam menentukan keberhasilan sebuah perusahaan. Disamping itu dalam bidang manajemen internasional telah menganalisa kekuatan-kekuatan strategis yang mempengaruhi persaingan global, dan telah menunjukkan perbedaan – perbedaan diantaranya dan kekuatan – kekuatan kompetitif yang dihadapi oleh perusahaan domestik. Teknologi Informasi dipandang sebagai sebuah facilitator untuk memperoleh keunggulan kompetitif dalam skala internasional dimana perusahaan yang menyesuaikan pemakaian teknologi informasinya dengan struktur dan strategi di perusahaannya akan memperoleh pangsa pasar yang besar. Penerapan Teknologi Informasi dalam skala global berhubungan adanya masalahmasalah yang jauh lebih kompleks dibandingkan pada yang terjadi di dalam sebuah sistem sharing dalam skala domestik. Kemampuan Teknologi informasi dapat memenuhi kebutuhan penyebaran informasi ke kantor cabang di dunia. Sehingga perusahaan yang memiliki kemampuan ini akan lebih unggul dari perusahaan yang tidak memilikinya.

  74. DIDIS PRAYOGA C1C009120 Says:
    May 14th, 2011 at 11:44 pm

    Pertanyaan :
    Bagaimanakah keadaan daya saing produk Lokal ( produk Indonesia ) di luar negeri dengan adanya suatu pernyataan bahwa produk Indonesia memiliki standarisasi dan mutu/kualitas di urutan bawah di banding dengan produk dari negara maju? Dan strategi apa yang sebaiknya diambil perusahaan untuk meningkatkan daya saing produk di pasaran internasional?

    Jawaban :
    Daya saing produk lokal yang tinggi di pasar internasional adalah target sebuah perusahaan dalam upaya pemasaran produk yang mereka buat.
    Pada saat ini, kenyataannya produk Indonesia dengan standarisasi dan kualitas yang rendah, masih belum menjamin terpenuhinya daya saing internasional. Seiring dengan peningkatan mutu produk dan penyesuaian standarisasi mungkin hal itu dapat menjamin adanya peningkatan daya saing produk lokal.
    Namun tidak dapat disangkali, produk lokal saat ini telah merambah pasar mancanegara dengan beberapa keunikan, dan mutu yang cukup menjanjikan walaupun hanya untuk beberapa produk saja.

    Strategi internasional yang dapat dilakukan perusahaan untuk usaha pemenuhan daya saing produk lokal yang tinggi di pasar mancanegara, dengan asumsi bahwasanya dalam hal ini produk lokal telah memenuhi standar internasional dengan kualitas produk hampir sebanding dengan kualitas produk negara maju adalah dengan strategi GLOBAL. Mengapa strategi ini dipilih? Jawabnya adalah karena perusahaan ingin mencoba memasarkan produk yang SAMA di area GLOBAL/mancanegara dengan tingkat kualitas yang sama dan diharapkan masyarakat global dapat menerima produk tersebut. Strategi ini hendaknya dapat mendukung tujuan perusahaan dengan hanya menekankan sedikit resiko yang akan dihadapi.

  75. LASTTIA DEWI TURSILOWATI (C1C009071) Says:
    May 15th, 2011 at 1:00 pm

    Pertanyaan :

    Sebutkan perbedaan antara strategi multidomestik dengan strategi global!

    Jawaban :

    Strategi Multidomestik ;
    - sistem desentralisasi (diotoritaskan penuh kepada masing-masing unit)
    - produk dan jasanya difokuskan di negara tersebut
    - masing-masing cabang terpisah sehingga memiliki kebijakan yang berbeda (dependen).

    Strategi Global :
    - sistem sentralisasi (diotoritaskan pada pusat)
    - produknya satu dan disebarkan pada cabang perusahaan
    - independen, masing-masing cabang saling terkait.

    respon market pada strategi global biasanya rendah karena produknya standar dibanding respon market pada strategi multidomestik.

  76. Ardo Rajihie - C1C009082 Says:
    May 15th, 2011 at 4:47 pm

    Pertanyaan :

    Suatu perusahaan ingin mengembangkan usahanya dengan memasuki pasar global (International). Perusahaan tersebut memiliki sebuah produk yg unik dan cukup digemari di negaranya (negara tempat perusahaan teresebut berdiri).
    Sedangkan, perusahaan tersebut memiliki sedikit biaya dan tidak mau ambil resiko yang terlalu besar.

    Cara apa yang bisa diambil oleh perusahaan tersebut? Jelaskan pula alasannya!

    Jawaban :

    1) Perusahaan dapat mencoba memulai dengan membuat webstore online, atau dengan memasarkan produknya melalui webstore online lain yang telah terklarifikasi.
    Dari sini, perusahaan dapat melihat seberapa besar permintaan konsumen dari luar negaranya terhadap produknya demi pertimbangan lebih lanjut (langkah-langkah selanjutnya).

    2) Perusahaan dapat mencoba untuk mengeksport produknya. Tetapi, sebelumnya, akan lebih baik jika perusahaan memperhatikan sejauh mana produknya diminati. Salah satunya dengan memperhatikan melalui webstore online seperti pada saran (1).

    3) Yang berikutnya adalah pemberian Lisensi terhadap perusahaan lokal negara pasar tujuan. Jika produk belum terlalu terkenal, ada baiknya jika perusahaan terlebih dahulu yang memperkenalkan produknya, sehingga akan menarik perhatian produsen lokal untuk memproduksinya. Cara ini juga akan membuat harga produk menjadi lebih murah, karena diproduksi di tempat negara pasar tujuan.

    4) Dengan mengadakan suatu Aliansi Stratejik. Cara ini akan lebih ampuh (efektif) jika perusahaan sudah berkembang cukup besar. Dalam perkembangan awal (masa pertumbuhan) perusahaan, akan terlihat seperti anak berumur lima tahun yang ingin membuat pesawat super sonic.

  77. David Juliandhy C1C009124 Says:
    May 15th, 2011 at 10:31 pm

    Pertanyaan:

    Jelaskan kelebihan dan kelemahan dari Aliansi Stratejik?

    Jawaban:

    Kelebihan

    Kelebihan dari strategi aliansi bermacam-macam. Tulisan ini akan memfokuskan pada penggabungan sumberdaya untuk dapat berkompetisi di bisnis yang baru. Aliansi biasanya muncul ketika perusahaan mempunyai sumberdaya yang mampu memberi nilai agar dapat masuk ke bisnis baru, tetapi perusahaan membutuhkan aset dari perusahaan lain agar perusahaan dapat secara efektif menciptakan sumberdaya tersebut sebagai keunggulan kompetitif. Misalnya saja perusahaan-perusahaan Jepang pada tahun 1970-an dan 1980-an.

    Perusahaan Jepang yang menghasilkan produk dengan kualitas tinggi mempunyai masalah dalam hal distribusi dan jaringan pelayanan untuk dapat memasuki pasar Amerika Serikat. Bukannya membeli perusahaan-perusahaan milik AS atau membangun jaringan antar mereka, perusahaan Jepang menggunakan cara aliansi untuk dapat menyesuaikan produk mereka dengan distribusi dan jaringan pelayanan perusahaan lokal di Amerika.

    Kelemahan

    Isu yang terkait dalam kelemahan strategi aliansi ini berkaitan dengan masalah kepemimpinan, kontribusi rekan aliansi, pengawasan kontribusi, dan strategi dalam bisnis.

    Membuat struktur perusahaan yang jelas dalam strategi aliansi sangat penting. Hal ini dapat memperjelas masalah yang berkaitan dengan kepemimpinan perusahaan selama beraliansi. Dengan cara ini masing-masing pihak dalam aliansi dituntut untuk mengetahui motivasi dan insentif dari masing-masing, baik dalam jangka panjang atau jangka pendek.

    Selain itu masing-masing pihak yang beraliansi juga perlu mengetahui kebutuhan dan aspirasi rekan aliansinya. Hal ini disebabkan kebutuhan dan aspirasi akan terus berubah. Dengan mengetahui kebutuhan dan aspirasi masing-masing maka pihak-pihak yang mengadakan aliansi dapat menetapkan tujuan dan insentif yang disetujui bersama.

    Persaingan dapat muncul antarmitra kerja aliansi. Tidak jarang sesama mitra aliansi justru berbalik menjadi pesaing. Dalam hal ini masing-masing mitra aliansi ingin menjadi pemenang di pasar dan mengalahkan mitranya. Siapa yang bisa mendapat keuntungan terbanyak dari aliansi itulah yang akan muncul sebagai pemenang. Aliansi dapat berhasil apabila di dalam bekerja sama mempunyai tujuan untuk pemenuhan sumberdaya; memperoleh akses terhadap aset dan kemampuan yang tidak dimiliki perusahaan; atau pembagian biaya dan risiko secara umum.

  78. zahro juniati - C1C009118 Says:
    May 15th, 2011 at 10:46 pm

    seperti apakah suatu perusahaan dapat menjalankan bisnis internasional dengan memilih berbagai tipe aktivitas dan tingkat keterlibatannya .? dan beri contohnya ?

    1. Perusahaan Eksportir
    Perusahaan eksportir langsung harus memiliki pemasaran sendiri di berbagai negara, memiliki risiko yang besar, dan cost yang lebih besar dari eksportir tidak langsung, tetapi memiliki kelebihan dalam mengontrol produknya. Contoh: Boeing berpusat di Seattle sebagai home base dan menjual produknya secara langsung ke seluruh dunia.

    2. Kontrak Manajemen
    Kontrak manajemen merupakan penggunaan sumber daya manusia atau pekerja yang berasal dari negara lain dengan menggunakan kontrak untuk jangka waktu tertentu.

    3. Strategic Aliance
    Perusahaan berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk berbagi hak dan tanggung jawab dalam pendapatan dan pengeluaran.
    a. Research Collaboration
    Dua atau lebih perusahaan berpartisipasi dalam membentuk riset dan mengambil keuntungan dari hasil yang dicapai.
    b. Licensing Program
    Pelisensian atas hak paten oleh pemilik (licensor) ke pihak lain (licences), dengan kompensasi berupa royalty kepada licensor
    c. Copromotion Deal
    Suatu produk yang dihasilkan bersama-sama oleh dua perusahaan dengan merk dan pemasaran yang sama.

    4. Perusahaan Multinasional
    Perusahaan multnasional (Multinational Enterprises (MNEs) /Multinational Corporation (MNC) /Transnational Corporation/TNC) adalah perusahaan-perusahaan yang mempunyai wilayah operasi di lebih dari satu negara. Perusahaan multinasional menganggap dunia sebagai satu kesatuan pasar sehingga memiliki pengembangan produk, pembelian, manufacturing, pemasaran dan operasi keuangan yang mendunia atau mempunyai wilayah operasi di lebih dari satu negara.

  79. zahro juniati - C1C009118 Says:
    May 15th, 2011 at 10:47 pm

    seperti apakah suatu perusahaan dapat menjalankan bisnis internasional dengan memilih berbagai tipe aktivitas dan tingkat keterlibatannya ?

    1. Perusahaan Eksportir
    Perusahaan eksportir langsung harus memiliki pemasaran sendiri di berbagai negara, memiliki risiko yang besar, dan cost yang lebih besar dari eksportir tidak langsung, tetapi memiliki kelebihan dalam mengontrol produknya. Contoh: Boeing berpusat di Seattle sebagai home base dan menjual produknya secara langsung ke seluruh dunia.

    2. Kontrak Manajemen
    Kontrak manajemen merupakan penggunaan sumber daya manusia atau pekerja yang berasal dari negara lain dengan menggunakan kontrak untuk jangka waktu tertentu.

    3. Strategic Aliance
    Perusahaan berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk berbagi hak dan tanggung jawab dalam pendapatan dan pengeluaran.
    a. Research Collaboration
    Dua atau lebih perusahaan berpartisipasi dalam membentuk riset dan mengambil keuntungan dari hasil yang dicapai.
    b. Licensing Program
    Pelisensian atas hak paten oleh pemilik (licensor) ke pihak lain (licences), dengan kompensasi berupa royalty kepada licensor
    c. Copromotion Deal
    Suatu produk yang dihasilkan bersama-sama oleh dua perusahaan dengan merk dan pemasaran yang sama.

    4. Perusahaan Multinasional
    Perusahaan multnasional (Multinational Enterprises (MNEs) /Multinational Corporation (MNC) /Transnational Corporation/TNC) adalah perusahaan-perusahaan yang mempunyai wilayah operasi di lebih dari satu negara. Perusahaan multinasional menganggap dunia sebagai satu kesatuan pasar sehingga memiliki pengembangan produk, pembelian, manufacturing, pemasaran dan operasi keuangan yang mendunia atau mempunyai wilayah operasi di lebih dari satu negara.

  80. Aditya Galih Pramono (C1C009049) Says:
    May 15th, 2011 at 11:37 pm

    pertanyaan:
    Untuk menjadi perusahaan internasional (becoming international) tidaklah terjadi begitu saja, melainkan melalui beberapa tahap. sebutkan!

    jawaban:
    1. No Foreign Marketing
    Perusahaan sudah berhubungan dengan dunia internasional tetapi bukan karena inisiatif atau belum ada usaha sendiri untuk memasarkan ke pasar luar negeri. Produk perusahaan beredar di pasar internasional karena pesanan dari pasar luar negeri,pelanggan asing datang ke perusahaan, atau atas usaha eksportir.
    2. Infrequent Foreign Marketing
    Perusahaan mulai memasarkan sendiri ke pasar luar negeri tetapi hanya jika mempunyai surplus produksi. Apabila pasar domestik masih mampu menyerapnya, kegiatan ini ditinggalkan. Pada tahap ini belum ada penyesuaian organisasi maupun produknya untuk pasar internasional.
    3. Regular Foreign Marketing
    Perusahaan sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya ke pasar asing. dipasarkan sendiri atau melalui penyalur domestik maupun distri butor asing. Tujuannya memang melakukan ekspansi pasar domestik dengan sudah mulai memahami kebutuhan maupun keinginan pasar internasional.
    4. Global Marketing Operations
    Pada tahap ini, perusahaan benar-benar telah terlibat dengan dunia internasional secara global. Kegiatannya tidak hanya sebatas pemasaran saja, tetapi sudah merencanakan operasional produksi maupun organisasi bersaing di pasar dunia.

  81. Silviana Putri Wijaya (C1C009126) Says:
    May 16th, 2011 at 9:32 am

    pertanyaan:
    Ada tiga strategi korporat, sebutkan!
    Kapankah tiap-tiap strategi tersebut tepat untuk di gunakan?

    jawaban:
    tiga strategi koporat, yaitu:
    1. strategi multi domestik
    2. strategi global
    3. strategi transnasional

    > strategi multi domestik
    tepat di gunakan ketika Kebutuhan untuk Integrasi Global Rendah sedangkan Kebutuhan untuk Perhatian Pasar Lokal Tinggi
    > strategi global
    tepat di gunakan ketika Kebutuhan untuk Integrasi Global Tinggi sedangkan Kebutuhan untuk Perhatian Pasar Lokal Rendah.
    > strategi transnasional
    tepat digunakan ketika Kebutuhan untuk Integrasi Global serta Kebutuhan untuk Perhatian Pasar Lokal sama-sama Tinggi.

  82. FAUZAN DWI H. C1C009105 Says:
    May 16th, 2011 at 10:41 am

    Pertanyaan :
    Mengapa risiko politik dalam suatu negara akan mempengaruhi dan memberikan dampak terhadap strategi perdagangan suatu perusahaan dalam skala internasional?

    Jawaban :
    Risiko politik pada dasarnya akan dijadikan suatu pertimbangan suatu perusahaan dalam pemasaran produknya secara global. Bahkan akan dijadikan suatu prioritas utama.
    Kenapa? Hal itu dikarenakan dengan kondisi politik di suatu negara, maka akan memberikan dampak terhadap pemasaran produknya yang akan cenderung menurun dan mengalami fluktuasi seiring keadaan politik pada periode yang tidak ditentukan. Dengan keadaan semacam itu maka dapat dipastikan bahwa strategi perusahaan tidak akan berguna sama sekali sehingga tujuan akhir perusahaan dalam meningkatkan laba per periodenya tidak akan tercapai. Jadi dengan adanya kondisi politik yang tidak menentu sebaiknya perusahaan tersebut harus memperhatikan apa yang seharusnya digunakan.

  83. FAUZAN DWI H. C1C009105 Says:
    May 16th, 2011 at 10:41 am

    Pertanyaan :
    Mengapa risiko politik dalam suatu negara akan mempengaruhi dan memberikan dampak terhadap strategi perdagangan suatu perusahaan dalam skala internasional?

    Jawaban :
    Risiko politik pada dasarnya akan dijadikan suatu pertimbangan suatu perusahaan dalam pemasaran produknya secara global. Bahkan akan dijadikan suatu prioritas utama.
    Kenapa? Hal itu dikarenakan dengan kondisi politik di suatu negara, maka akan memberikan dampak terhadap pemasaran produknya yang akan cenderung menurun dan mengalami fluktuasi seiring keadaan politik pada periode yang tidak ditentukan. Dengan keadaan semacam itu maka dapat dipastikan bahwa strategi perusahaan tidak akan berguna sama sekali sehingga tujuan akhir perusahaan dalam meningkatkan laba per periodenya tidak akan tercapai. Jadi dengan adanya kondisi politik yang tidak menentu sebaiknya perusahaan tersebut harus memperhatikan apa yang seharusnya dilakukan

  84. Wahdatul Masruroh. (C1C009073) Says:
    May 16th, 2011 at 11:53 am

    Apakah yang dimaksud dengan risiko politik?

    Jawaban:
    risiko politik yaitu berkaitan dengan ketidakstabilan pemerintah nasional dan perang,baik secara sipil maupun internasional.

  85. ferliani lindia putri . C1C009064 Says:
    May 16th, 2011 at 11:58 am

    pertanyaan :

    apa yang dimaksud dengan diversifikasi internasional , dan jelaskan beberapa alasan timbulnya efek positif dari diversifikasi internasional

    jawaban :

    diversifikasi internasional adalah pembuatan dan penjualan lini produk perusahaan melewati batas batas negara ( di berbagai pasar internasional)
    dampak positif dari diversifikasi internasional adalah potensi skala ekonomis dan pengalaman , keunggulan lokasi , peningkatan ukuran pasar , dan potensi stabilisasi pengembalian investasi

  86. ferliani lindia putri . C1C009064 Says:
    May 16th, 2011 at 12:02 pm

    pertanyaan :

    apakah yang dimaksut dengan kompensasi eksekutif

    jawaban :

    adalah mekanisme kekuasaan yang berusaha mensejajarkan kepentingan manager dan pemilik lewat gaji , bonus , dan khususnya kompensasi insentif jangka panjang , seperti kepemilikan saham

  87. Yulia Eki Eahmawati C1C009050 Says:
    May 16th, 2011 at 2:54 pm

    pertanyaan :
    jelaskanperbedaan antara tentang strategi yimgkat bisnis internasiona strategi tingkat bisnis generikl!

    jawab:
    dtrategi tingkat bisnis internasional mirip dengan strategi tingkat bisnis generik dan terdiri dari strategi kepemimpinan biaya internasional, diferensiasi internasional, fokus internasional, dan dtratrgi kepemimpinan biaya/diferensiasi integratif internasional. Namun demikian, setiap strategi ini biasanya didasarkan pada satu atau lebih keunggulam negara asal seperti, yang ditunjjukan oleh model berlianPorter. Model berlian ini menekankan empat determinan : faktor – faktor produksi, kondisi permintaan, industri – industri yang berkaitan dan pendukung, dan pola strategi, struktur dan persaingan perusahaan.

  88. Sarah Kartikasari C1C009101 Says:
    May 16th, 2011 at 9:30 pm

    Pertanyaan:
    Berikan contoh pengembalian investasi pada stratejik internasional!

    Jawaban:
    Salah satu contoh pengembalian investasi pada stratejik internasional adalah industri pesawat boeing. Industri pesawat boing membutuhkan investasi yang besar dalam penelitian dan pengembangan yang intensif untuk memasuki pasar internasional. Untuk mengembalikan investasi yang besar tersebut dibutuhkan penjualan pesawat baru di pasar domestik dan internasional. Pasar pesawat cina sedang mengalami pertumbuhan yang tinggi. Arus penumpang sedang tumbuh sehingga cina membutuhkan peningkatan kapasitas penerbangan. Sebagai tambahan terhadap kebutuhan akan pasar yang besar untuk dapat mengembalikan investasi raksasa dalam penelitian dan pengembangan, pengembangan tekhnologi baru juga juga meningkat cepat.

  89. gex yuni Says:
    May 30th, 2011 at 9:40 pm

    ada 3 motig yg mendorong perusahaan melakukan expansi internasional yaitu: motif pasar,motif sumber daya,motif minimalisasi biaya
    coba jelaskan satu persatu motif tersebut dan berikan contohnya>

  90. oncu Says:
    June 25th, 2011 at 11:04 pm

    jelaskan profil singkat suatu emerging market yang dapat menimbulkan daya tarik baru dalam bisnis internasional paling sedikit tiga negara yang dianggap bisa sebagai pasar yang baru muncul.

  91. oncu Says:
    June 25th, 2011 at 11:06 pm

    Jelaskan strategi entry dan expansion dalam bisnis international dan lengkapi dengan contoh perusahaan yang melakukan strategi tersebut, serta jelaskan juga apa yang menjadi motivasi suatu perusahaan dalam melakukan strategi tersbut.

  92. oncu Says:
    June 25th, 2011 at 11:08 pm

    coba Jelaskan strategi pemasaran internasional masing-masing perusahaan Mc Donald, Pepsi, Cocacola, Nike, dan Adidas sehingga mereka menjadi terkenal dimanca negara

  93. poetra padang Says:
    July 16th, 2011 at 11:20 pm

    apa kelebihan dan kekurangan masuk pasar global?

  94. purnama Says:
    July 27th, 2011 at 2:20 pm

    1. mengapa perusahaan sulit mengekploitasi ketika keunggulan bersaing secara bersamaan?

    2. apa empat filosofi dasar menuntun manajemen strategis internasional dan implementasi strategis internasional?

    3. bagaimana perbedaan antara perumusan strategi internasional dan implementasi internasional?

  95. purnama Says:
    July 27th, 2011 at 2:23 pm

    pertanyaan :

    uraikan peranan dan pentingnya kompetensi unik dalam perumusan strategi internasional ?

  96. iphone 5 Says:
    August 4th, 2011 at 6:01 pm

    You Have some interesting ideas! Maybe I should to ponder trying this by my self.

  97. car repos Says:
    August 5th, 2011 at 8:53 pm

    i like to dress up my babies that is why i always buy very stylish baby clothing.,

  98. iphone 5 specs Says:
    August 6th, 2011 at 5:12 pm

    Have you checked your web site with different web browsers? I’m using IE 7 and the page layout is a bit off.

  99. hao678 Says:
    September 2nd, 2011 at 5:20 pm

    Fantastic write-up. Man, I wish I could have articles like this almost as interesting on my website. Your post is so nicely written. Anyways, just wanted to let you realize. Thanks alot!

  100. Agus Angkasa Putra C0A010047 Says:
    October 3rd, 2011 at 4:54 pm

    bagaimana cara menghadapi pasar global bagi perusahaan go internasional?

  101. Mira Artinger Says:
    October 7th, 2011 at 8:44 am

    “Love is love’s reward.” ~ John Dryden

  102. khoirunisa Says:
    October 15th, 2011 at 1:12 am

    kenapa konsep pemasaran global secara teknologi di dunia sama?

  103. septian perdana Says:
    October 17th, 2011 at 12:43 am

    apa keunggulan dan kelemahan perusahaan ekspor?

  104. carnival cruise baltimore Says:
    October 24th, 2011 at 7:27 am

    You actually make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something that I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I’m looking forward for your next post, I’ll try to get the hang of it!

  105. Icha Says:
    November 27th, 2011 at 10:26 am

    apa yang dimaksdu penjualan produk lokal dan ekpsort
    dan apa perbedaannya

  106. gita pranisa novyan Says:
    December 10th, 2011 at 7:29 pm

    jelaskan ancaman yang dihadapi pemasar pada saat memutuskan memasuki pasar internasional dan jelaskan pula upaya pemasar memimalisir ancaman tersebut?

  107. Joki eri Says:
    December 21st, 2011 at 9:31 pm

    Jelaskan ancaman apa yang terjadi apabila ada perusahaan asing masuk ke pasar domestik (pasar negara sendiri)? Kemudian strategi apa yang harus dipersiapkan oleh perusahaan nasional untuk menghadapi daya saing jangka panjang untuk perjanjian perdagangan bebas di Indonesia?
    Contoh perusahaan lokal apa di Indonesia untuk mengembangkan strategi kompetitif?
    Tq a lot.

  108. Victoria Mckearin Says:
    January 7th, 2012 at 7:38 am

    I appreciate your post, it is interesting and compelling. I have found my way here through Google, I shall get back once more :)

  109. Gale Wernli Says:
    January 11th, 2012 at 10:25 am

    I simply want to say I am newbie to blogging and site-building and really savored this page. Very likely I’m likely to bookmark your blog post . You surely have awesome articles. Thanks a bunch for revealing your web page.

  110. Maisha Pancoast Says:
    February 9th, 2012 at 1:49 am

    You should take part in a contest for one of the best blogs on the web. I will recommend this site!

  111. Kristal Calvelo Says:
    February 9th, 2012 at 2:17 pm

    This design is wicked! You certainly know how to keep a reader entertained. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job. I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  112. web page Says:
    February 13th, 2012 at 10:50 am

    The sun shines upon all alike.

  113. Roy Marsette Says:
    March 6th, 2012 at 11:36 am

    Surely visualize that which you said. Your most liked justification seemed to be at the net the most convenient factor to take into accout of. My partner and i tell people, When i surely find irritated whilst people take into consideration issues that they obviously don’t understand with regards to. People was able to struck your toenail on the highest in addition to defined out there the whole thing without necessity side effects, others might take a transmission. Will probably be returning to obtain more. Thanks!

  114. reverse phone lookup Says:
    March 27th, 2012 at 2:35 pm

    baby books should have because tons of pictures as viable as babies along the lines of to see pictures.

  115. fruit mocking party Says:
    April 2nd, 2012 at 8:19 am

    Hi, I think your website might be having browser compatibility issues. When I look at your blog in Ie, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, wonderful blog!

  116. Jessie Schlottmann Says:
    April 3rd, 2012 at 12:27 am

    Wow that was unusual. I just wrote an incredibly long comment but after I clicked submit my comment didn’t appear. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Regardless, just wanted to say wonderful blog!

  117. http://www.reversephonelookupsearch.com Says:
    April 4th, 2012 at 6:17 am

    I your writing style truly loving this web site .

  118. xbox 360 elite bundle Says:
    April 18th, 2012 at 8:57 am

    Located your write-up extremely intriguing indeed. I truly experienced looking at it and you make very some fantastic points. I will bookmark this web-site for the long term! Relly great post.

  119. Rigoberto Kraker Says:
    May 16th, 2012 at 4:53 am

    I simply want to mention I’m new to blogging and site-building and actually enjoyed this web site. Most likely I’m going to bookmark your site . You absolutely have fabulous stories. Thanks a bunch for sharing with us your website page.

  120. escorte iasi Says:
    May 29th, 2012 at 3:19 am

    Outstanding post, I believe website owners should larn a lot from this web blog its very user genial. So much great info on here .

  121. Lizbeth Vanderschel Says:
    June 1st, 2012 at 6:36 pm

    I simply want to tell you that I am all new to blogging and honestly enjoyed you’re website. More than likely I’m planning to bookmark your blog post . You really come with outstanding articles and reviews. Thanks a lot for sharing your web site.

  122. regim hotelier sibiu Says:
    June 4th, 2012 at 1:03 am

    This design is wicked! You obviously know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Great job. I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  123. regim hotelier timisoara Says:
    June 5th, 2012 at 6:51 am

    This design is wicked! You obviously know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Great job. I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  124. regim hotelier timisoara Says:
    June 6th, 2012 at 5:46 am

    Outstanding post, I believe website owners should reed a lot from this web blog its very user genial. So much great info on here .

  125. assfuck Says:
    June 12th, 2012 at 9:37 pm

    Excellent post. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Extremely helpful information particularly the last part :) I care for such information a lot. I was seeking this certain information for a very long time. Thank you and best of luck.

  126. Bail Bonds Orange County Says:
    June 14th, 2012 at 10:15 pm

    nice wew, hnds down nicest post i’ve ever read.

  127. Burton Haynes Says:
    June 21st, 2012 at 1:41 pm

    Hands down, Apple’s app store wins by a mile. It’s a huge selection of all sorts of apps vs a rather sad selection of a handful for Zune. Microsoft has plans, especially in the realm of games, but I’m not sure I’d want to bet on the future if this aspect is important to you. The iPod is a much better choice in that case.

  128. Colin Habel Says:
    July 21st, 2012 at 3:29 pm

    I just want to mention I am newbie to weblog and honestly savored this web-site. Almost certainly I’m planning to bookmark your blog . You surely have fabulous article content. Thanks a bunch for sharing with us your blog.

  129. Arlen Rutter Says:
    July 31st, 2012 at 8:21 pm

    I simply want to tell you that I’m very new to blogging and honestly liked you’re blog. Most likely I’m planning to bookmark your blog post . You definitely have very good well written articles. With thanks for sharing with us your blog.

  130. Virgie Yoss Says:
    August 17th, 2012 at 3:50 pm

    I just want to tell you that I am just very new to weblog and absolutely enjoyed this web blog. Probably I’m going to bookmark your website . You actually come with amazing articles and reviews. Many thanks for revealing your blog.

  131. Tamela Ackley Says:
    August 19th, 2012 at 6:27 pm

    ruining wut exactly?

  132. Heidy Ailts Says:
    August 20th, 2012 at 7:11 am

    There are no popup adds on my web-site it must be your computer. Sorry!

  133. Josiah Shala Says:
    August 20th, 2012 at 8:17 am

    Mail or male lol

  134. a4996262 Says:
    September 5th, 2012 at 10:26 pm

    I’ve said that least 4996262 times. SCK was here

  135. ghdflghkdfs Says:
    September 14th, 2012 at 12:26 am

    There’s definately a great deal to find out about this topic. I like all of the points you have made.

  136. Hunter Southworth Says:
    September 14th, 2012 at 9:55 am

    Alege elegant si simplu, alege online! Rochii Online iti aduce cele mai noi colectii de rochii din Marea Britanie. Indiferent daca esti in cautare de: Rochii de Ocazie, Rochii Club, Rochii de Vara 2012 sau Rochii Office Rochii Online este locul potrivit. Preturi mici si calitate maxima, numai pe RochiiOnline.me. Reduceri la doar un click distanta. Alege eficient si elegant!

  137. Branden Amoroso Says:
    September 18th, 2012 at 2:24 am

    Would anyone who has been a piece in the program from the beginning mind sending me copies of the prior letters? I am signed up now but unfortunately did not hear of this until now. Many, many many thanks in advance.

  138. Judson Rossing Says:
    September 21st, 2012 at 3:25 am

    I simply want to mention I’m all new to weblog and really enjoyed this blog. Likely I’m planning to bookmark your site . You actually have exceptional articles. Bless you for sharing your blog site.

  139. regim hotelier iasi Says:
    October 3rd, 2012 at 11:34 pm

    Outstanding post, I believe website owners should find a lot from this web blog its very user genial. So much great info on here .

  140. Mitchell Kersey Says:
    October 10th, 2012 at 7:26 am

    I just want to tell you that I’m very new to blogging and site-building and definitely savored your web site. Likely I’m likely to bookmark your site . You certainly come with terrific posts. Thanks a lot for sharing with us your blog.

  141. Lauren Tave Says:
    October 24th, 2012 at 5:16 am

    I just want to mention I am just very new to blogging and site-building and absolutely savored this web site. Very likely I’m likely to bookmark your blog . You really have outstanding articles and reviews. Kudos for sharing with us your website.

  142. Cesar Gobeille Says:
    November 5th, 2012 at 1:50 am

    how can you get abs in one week

  143. a2407791 Says:
    November 13th, 2012 at 4:34 pm

    I’ve said that least 2407791 times. SCK was here

  144. ghdflghkdfs Says:
    November 14th, 2012 at 8:05 am

    Hello! I could have sworn I’ve been to this web site before but after going through many of the posts I realized it’s new to me. Regardless, I’m definitely delighted I discovered it and I’ll be bookmarking it and checking back frequently!

  145. Shea Brumbaugh Says:
    December 2nd, 2012 at 1:21 pm

    Regards for this terrific post, I am glad I discovered this website on yahoo.

  146. Solomon Deblauw Says:
    December 6th, 2012 at 11:00 am

    This is how Leftists preach “tolerance”…with intolerance. Yeah, keeping it classy, Lefties. Buch of hypocrites.

  147. Luigi Ashbacher Says:
    December 13th, 2012 at 11:43 am

    I simply want to say I am just very new to blogging and certainly liked your website. Almost certainly I’m want to bookmark your blog post . You amazingly have exceptional articles. Thank you for revealing your webpage.

  148. Cortez Says:
    December 26th, 2012 at 9:50 pm

    Hmm is anyone else encountering problems with the images on this blog loading? I’m trying to find out if its a problem on my end or if it’s the blog. Any feedback would be greatly appreciated.

  149. Latonia Pobanz Says:
    January 7th, 2013 at 2:18 am

    Hi! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog platform are you using for this website? I’m getting fed up of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at alternatives for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

  150. Issac Maez Says:
    January 9th, 2013 at 11:37 am

    I simply want to tell you that I’m newbie to blogs and seriously loved your blog site. Very likely I’m want to bookmark your site . You certainly have great articles and reviews. Kudos for sharing your blog site.

  151. Carol Georgis Says:
    January 25th, 2013 at 7:17 pm

    I just want to tell you that I am new to blogs and certainly enjoyed your web page. Likely I’m planning to bookmark your website . You amazingly come with really good writings. Kudos for revealing your blog site.

  152. fitness Says:
    January 31st, 2013 at 8:04 am

    Simply wanna input on few general things, The website layout is perfect, the written content is very good : D.

  153. fitness Says:
    February 1st, 2013 at 10:08 pm

    Perfectly written content , Really enjoyed looking through .

  154. how to verify paypal without bank account Says:
    February 12th, 2013 at 9:14 am

    Hi Glen
    Your blog is really great.Appreciate it.This is full of a complete guidance to all the newbie,learners,readers and beginners.You have just done a tremendous job to share your ideas and experience.It is really helpful and informative.Nice work Glen.Keep it up and all the best.

  155. Stepanie Andress Says:
    February 18th, 2013 at 5:54 pm

    I just want to say I’m beginner to blogging and absolutely loved your blog site. Probably I’m likely to bookmark your site . You amazingly have awesome stories. Bless you for sharing with us your web-site.

  156. Shonda Skiver Says:
    March 2nd, 2013 at 2:19 pm

    I simply want to mention I am just all new to blogging and site-building and actually loved your web page. Likely I’m planning to bookmark your blog post . You amazingly come with impressive articles and reviews. Bless you for sharing your blog site.

  157. mind and success Says:
    March 5th, 2013 at 1:28 pm

    Excellent read, I just passed this onto a colleague who was doing some research on that. And he actually bought me lunch as I found it for him smile So let me rephrase that: Thanks for lunch! “A human being has a natural desire to have more of a good thing than he needs.” by Mark Twain.

  158. Elbert Plecker Says:
    March 14th, 2013 at 5:21 pm

    I simply want to tell you that I’m very new to blogging and site-building and definitely liked you’re website. Most likely I’m going to bookmark your blog . You amazingly have superb writings. Appreciate it for revealing your website page.

  159. Andrew Pelt Says:
    March 15th, 2013 at 1:33 am

    I simply want to tell you that I’m very new to blogging and site-building and certainly enjoyed your web-site. Almost certainly I’m planning to bookmark your blog post . You surely have incredible well written articles. Thank you for revealing your web page.

  160. Dianna Delasancha Says:
    April 17th, 2013 at 1:58 pm

    I just want to tell you that I’m new to blogging and actually enjoyed this blog. Most likely I’m want to bookmark your blog . You actually come with wonderful articles. With thanks for sharing with us your webpage.

  161. playstation 3 emulator x Says:
    April 22nd, 2013 at 11:05 pm

    Hey! Where did you download layout of your website? It is incredible :)

  162. Gale Coskey Says:
    April 24th, 2013 at 7:47 am

    I simply want to say I am just newbie to blogging and certainly enjoyed you’re web site. Likely I’m likely to bookmark your website . You amazingly have fabulous articles. Thank you for revealing your blog.

  163. Mariano Thivener Says:
    April 24th, 2013 at 3:43 pm

    I just want to tell you that I am just new to blogging and site-building and honestly savored your blog. More than likely I’m likely to bookmark your website . You certainly have wonderful article content. Thank you for revealing your webpage.

  164. Lamonica Ayuso Says:
    April 25th, 2013 at 4:26 am

    I simply want to mention I am new to blogging and site-building and definitely loved your web-site. Almost certainly I’m planning to bookmark your blog post . You absolutely come with terrific article content. With thanks for sharing your blog.

  165. Tinisha Kell Says:
    May 5th, 2013 at 11:53 am

    Hey there, thanks for sharing your thinking in this post. This is actually a very nice blog.

  166. Lamar Says:
    June 7th, 2013 at 7:34 am

    Search Engine Optimization, or SEO. You need some credits for online games, game add-ons, or
    because you want to promote. There’s also information on Port Chuck – Steve’s band with co-stars Brandon Barash Johnny, Bradford
    Anderson Spinelli, and Scott Reeves Steven and a link back to your
    Cheap Hosting inserted into the user web pages.
    The greater the number of repeated visits.
    I G / Big L05. There are many, or for groups of products or services online.

    Review my site; Lamar

  167. Belly Fat Burning Foods Diet Says:
    August 30th, 2013 at 3:53 pm

    Thanks designed for sharing such a fastidious opinion, post is pleasant, thats why i
    have read it entirely

  168. Carroll B. Merriman Says:
    October 2nd, 2013 at 2:32 am

    I just want to say I am just beginner to blogging and actually loved your web-site. Most likely I’m going to bookmark your website . You absolutely come with perfect articles and reviews. Thanks for revealing your blog.

  169. Chadwick Casaceli Says:
    November 5th, 2013 at 12:49 pm

    I just want to mention I am just new to blogging and definitely liked you’re website. Likely I’m going to bookmark your blog post . You surely come with fantastic well written articles. Many thanks for sharing with us your website.

  170. Wiley Guitar Says:
    November 8th, 2013 at 12:20 am

    appreciate the effort you put into getting us this information

  171. pigulke Says:
    November 9th, 2013 at 10:15 am

    Throughout the awesome scheme of things you’ll secure an A just for effort and hard work. Where you actually confused me personally was first on your facts. As as the maxim goes, details make or break the argument.. And that couldn’t be much more accurate at this point. Having said that, permit me tell you exactly what did give good results. Your text is certainly extremely powerful and this is probably why I am making an effort to opine. I do not make it a regular habit of doing that. Next, whilst I can see the jumps in reasoning you come up with, I am not necessarily convinced of how you appear to unite the points that make your final result. For right now I shall subscribe to your issue but wish in the future you connect the dots better.

  172. fand Says:
    November 11th, 2013 at 4:36 pm

    apa yang dimaksud dengan lisensi dan dreenfield dan apa saja kelebihan dan kekurangan nya

  173. Burton Haynes Says:
    November 16th, 2013 at 6:44 pm

    I simply want to tell you that I am just all new to blogging and site-building and seriously liked you’re page. Almost certainly I’m planning to bookmark your site . You really come with impressive well written articles. Appreciate it for sharing with us your website.

  174. Issac Maez Says:
    November 29th, 2013 at 2:47 pm

    I just want to say I am all new to weblog and seriously enjoyed you’re web blog. Most likely I’m likely to bookmark your website . You amazingly have good stories. Many thanks for sharing your blog.

  175. iherb.com Says:
    January 1st, 2014 at 2:14 am

    Thanks , I have just been looking for information about this topic for
    a long time and yours is the greatest I have found
    out till now. But, what concerning the bottom line?
    Are you positive concerning the source?

  176. Habibi Says:
    January 12th, 2014 at 6:55 pm

    hi!,I really like your writing so so much! proportion we be in contact more about your post on AOL? I need an expert in this area to solve my problem. May be that is you! Looking forward to peer you.

  177. Habibi Says:
    January 12th, 2014 at 7:01 pm

    Enjoyed reading through this, really very good stuff, thankyou.

  178. Burton Haynes Says:
    February 12th, 2014 at 8:26 am

    I simply want to tell you that I’m very new to blogging and really enjoyed you’re web site. Most likely I’m want to bookmark your site . You certainly come with tremendous posts. Thanks a lot for sharing with us your web page.

  179. retno Says:
    April 12th, 2014 at 1:31 pm

    faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja pemasaran ekspor dan contohnya?

  180. minecraft Says:
    July 25th, 2014 at 9:56 am

    Wow, this article is fastidious, my younger sister is analyzing such things, so I am going to let
    know her.

  181. Nicola Manoso Says:
    September 19th, 2014 at 6:42 am

    This publish is seriously helpful. I’m able to override author’, email’ and url’ default settings, but I am not able to override comment_field’, it is getting duplicated, i.e. the default textarea is also appearing with my custom comment textarea. Any help would be appreciated.

  182. Pamala W. Ikner Says:
    September 22nd, 2014 at 7:43 am

    Asking questions are genuinely pleasant thing if you
    are not understanding something totally, but this post presents
    pleasant understanding yet.

    Here is my web page: Pamala W. Ikner

  183. Valarie H. Fredericksen Says:
    September 24th, 2014 at 8:34 pm

    Yes! Finally someone writes about other.

    Feel free to surf to my site … Valarie H. Fredericksen

  184. you could try here Says:
    October 9th, 2014 at 7:26 pm

    I just want to tell you that I am newbie to blogging and site-building and seriously liked this blog. Most likely I’m going to bookmark your site . You actually come with very good writings. Many thanks for sharing with us your website.

  185. facebook fans Says:
    October 14th, 2014 at 6:43 pm

    Well , viewing passage is entirely correct ,your details really is reasonable and you simply guy give to us valuable informative post

  186. cheap facebook fans Says:
    October 16th, 2014 at 3:25 pm

    To start, permit me to commend your clearness for this subject. I am not an authority within this subject, but looking at your articles, my understanding has developed substantially. Please let me grab your feed to stay in touch with any forthcoming updates.

  187. More hints Says:
    October 20th, 2014 at 8:35 am

    I just want to tell you that I am just new to blogging and certainly savored this web site. Very likely I’m want to bookmark your site . You amazingly come with exceptional articles and reviews. Many thanks for sharing with us your web-site.

Comments