Recent Posts

Archives

Topics


« | Main | »

Tugas 5 Kelas Strat Selasa – Corporate Strategy

By agung-praptapa | March 28, 2011

Silakan kumpulkan pertanyaan dan jawaban dari chapter mengenai Corporate Level Strategy.

Topics: AP Strategic Management | 83 Comments »

83 Responses to “Tugas 5 Kelas Strat Selasa – Corporate Strategy”

  1. SUSANTI INDAH SARI (C1C008102) Says:
    March 28th, 2011 at 2:55 pm

    Pertanyaan:
    Apakah alasan utama bagi suatu perusahaan untuk menerapkan diversifikasi?

    Jawaban:
    Alasan utama bagi suatu perusahaan untuk menerapkan diversifikasi adalah penciptaan nilai melalui lingkup ekonomis finansial atau kekuatan pasar, tindakan karena kebijakan pemerintah, masalah kinerja, atau ketidakpastian mengenai arus kas di masa yang akan datang, srta motivasi manajerial (misalnya untuk meningkatkan kompensasi mereka).

  2. Inggit Widowati C1C009020 Says:
    March 28th, 2011 at 5:01 pm

    Pertanyaan :
    Jelaskan dan sebutkan dua dimensi sebagai sumber daya keterkaitan dalam strategi diversifikasi penciptaan nilai ?

    Jawaban :
    Ada dua dimensi yaitu dimensi vertikal dan dimensi horizontal.
    Dimensi vertikal berkaitan dengan berbagai aktivitas (keterkaitan operasional),sementara dimensi horizontal mencerminkan kapabilitas perusahaan untuk mentransfer pengetahuan (keterkaitan perusahaan).

  3. Catur Haryati C1C008119 Says:
    March 30th, 2011 at 4:30 pm

    PERTANYAAN :
    Jelaskan dua cara untuk memperoleh keekonomisan keuangan saat menerapkan strategi diversifikasi tidak berhubungan!

    JAWABAN :
    Jenis pertama keuangan ekonomi mencakup alokasi modal internal yang efisien. Jenis ini juga berusaha mengurangi risiko antara unit bisnis perusahaan. Ini dapat dicapai, misalnya melalui pengembangan portofolio bisnis yang memiliki pola resiko berbeda, dan karenanya mengurangi risiko bisnis bagi perusahaan secara keseluruhan.
    Pendekatan kedua keuangan yang ekonomis berhubungan dengan pembelian perusahaan lainnya dan strukturisasi ulang assetnya. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk membeli dan menjual usaha di pasar eksternal dengan maksud meningkatkan nilai totalnya.

  4. Wahyu Puspitarini (C1C008048) Says:
    March 30th, 2011 at 4:55 pm

    Soal:
    Sebutkan dan jelaskan tingkat diversifikasi dalam perusahaan!
    Jawab:
    Tingkat diverssifikasi:
    1. Tingkat diversifikasi rendah
    Suatu perusahaan yang menerapkan diversifikai tingkat rendah memfokuskan usahanya pada bisnis tunggal atau dominan. Suatu perusahaan diklasifikasikan sebagai usaha tunggal saat penerimaan yang dihasilkan oleh usaha dominan tersebut lebih besar dari 95 persen dari total penjualan. Usaha dominan adalah perusahaan yang menghasilkan antara 70 persen sampai 95 persen dari total penjualan dalam satu kategori.
    2. Tingkat diversifikasi moderat hingga tinggi
    Saat suatu perusahaan memperoleh lebih dari 30 persen volume penjualannya di luar bisnis dominan, dan saat bisnisnya berhubungan satu dengan lainnya dalam cara tertentu, maka perusahaan tersebut diklasifikasikan sebagai perusahaan yang terdiversifikasi-berhubungan (related diversified). Dengan hubungan yang lebih terbatas antarbisnis, perusahaan didefinisikan sebagai berhubungan terbatas (related constrained).

  5. YANAR MAYKANISA A. Says:
    March 30th, 2011 at 9:40 pm

    Pertanyaan:

    Pendekatan apa yang dilakukan untuk memperoleh kekuatan pasar? jelaskan dan berikan contoh!

    Jawab :

    pendekatan yang digunakan adalah persaingan multipoint, yaitu persaingan yang terjadi saat dua atau lebih perusahaan bersaing dalam bidang produk atau pasar geografis yang sama.

    Contoh untuk persaingan multipoint yaitu persaingan antara Wingsfood dan Indofood, khususnya persaingan dalam produk mie instant. Mie Instant yang dimaksud yaitu Indomie dan Mie Sedaap. Awalnya, Mie Sedaap masuk ke pasar dengan membidik kelas menengah ke bawah. Mie Sedaap merupakan konsumsi para sopir dan pembantu. Tapi karena rasanya enak, maka mereka akan merekomendasikan kepada majikan mereka, sehingga terjadilah gebrakan mie sedaap yang menurunkan pangsa pasar Indofood dari 90% sehingga menjadi 75%. Walaupun begitu, Indofood masih tetap menguasai pangsa pasar. Mie Sedaap sempat mengalami popularitas yang membuat para pedagang yang tadinya tidak menyediakan stok mie sedaap akhirnya melihat peluang untuk menyediakan mie sedaap. Tapi walau begitu, kepopuleran mie sedaap sekarang muai menurun, karena beberapa perusahaan retail sudah tidak menyediakan mie sedaap lagi. Ini strategi yang diterapkan oleh indofood yang menjadikan mie sedaap sekarang hanya mudah ditemui di pasar dan warung kecil saja.

  6. Aulia Permadi (C1C008129) Says:
    March 30th, 2011 at 10:48 pm

    Pertanyaan :
    Apa yang dimaksud dengan mutual forbearance? Jelaskan dan beri contoh!

    Jawaban :
    Mutual forbearance adalah suatu hubungan dua atau lebih perusahaan dimana persaingan yang berlebihan akan mengarah pada situasi di mana seluruh perusahaan dalam pasar tersebut menyadari bahwa persaingan semacam itu adalah negatif dan, tanpa persetujuan formal, membatalkan tindakan dan tindakan dan tanggapan bersaing yang bersifat menghancurkan diri sendiri.
    Contohnya adalah pada tiga produsen mobil Amerika (Ford, General Motor, Chrysler) yang bersaing dengan perusahaan Jepang dalam sejumlah pasar, melobi pemerintah federal untuk membatasi impor secara lebih ketat pada pesaing Jepang mereka. Akan tetapi, karena perjanjian kepemilikan bersama dan aliansi strategis perusahaan-perusahaan Jepang ini (Ford dengan Mazda, General Motor dengan Toyota, dan Chrysler dengan Mitshubishi), batasan-batasan yang berlebihan tidak berguna. Perusahaan-perusahaan Amerika Serikat mempertimbangkan bahwa quota impor Jepang yang lebih tinggi akan mengganggu hubungan dengan mitra jepang mereka.

  7. PRABOWO ADI SAPUTRO (C1C008071) Says:
    March 30th, 2011 at 11:04 pm

    Pertanyaan :
    Jelaskan dengan contoh, mengapa integrasi vertical juga memungkinkan suatu perusahaan melindungi kualitas produk ??

    Jawaban :
    Pembukaan retoran pertama MC-donald di Moskow merupakan contoh yang bagus. Untuk melindungi kualitas produk, MC-donald menerapkan integrasi vertical kebelakang yaiti kesumber inputnya. Strategi ini memungkinkan perusahaan menyiapkan produknyadengan cara yang sama dengan di lokasi-lokasi lainnya diseluruh dunia. Kepemilikan sumber input dan output melindungi tehknologi utama perusahaan dari perembesan-perembesan informasi kepaada pesaing lainnya melalui sumber pembeli dan pemasok. Integrasi vertical karenanya merupakan suatu cara untuk melindungi tehknologi utama dari peniruan.

  8. Uke Rosita (C1C008107) Says:
    March 31st, 2011 at 8:58 am

    Pertanyaan :
    Apakah yang disebut dengan strategi tingkat perusahaan dan apa fungsi dari mempelajari strategi tingkat perusahaan?
    Jawab :
    Strategi tingkat harga merupkan suatu tindakan yang diambil untuk mendapatkan keunggulan bersaing melalui pemilihan dan pengelolaan sejumlah bisnis/usaha yang bersaing dalam beberapa industri atau pasar produk . mengapa strategi tingkat perusahaan sangat penting? Karena strategi ini berhubungan dengan dua inti pertanyaan : 1) mengenai usaha apa yang akan dipilih perusahaan dan 2) bagaimana perusahaan harus mengelola seluruh usahanya tersebut. Apabila dikelola secara efektif maka strategi tingkat perusahaan akan meningkatkan daya saing strategis. Jika perusahaan memiliki daya saing strategis maka perusahaan akan dapat menguasai pasar yang menjadi produsen yang akan memenuhi segala apa yang dibutuhkan oleh konsumen, sehingga pesaing tidak mampu mencuri pasarnya. Dengan dikuasainya pasar maka akan memberikan kontribusi pada profitabilitas, dimana profitabilitaslah yang sebenarnya dituju oleh perusahaan.

  9. Tri Suwisti C1C008085 Says:
    March 31st, 2011 at 3:56 pm

    Pertanyaan :
    Sebutkan pengertian matriks BCG dan jelaskan kelebihan dan keburukan matrik BCG?
    Jawaban :
    Matriks BCG adalah perangkat strategi untuk memberi pedoman pada keputusan alokasi sumber daya berdasarkan pangsa pasar dan pertumbuhan UBS.
    Kelebihan Matrix BCG:
    Matriks BCG adalah salah satu alat pembuat keputusan yang paling mudah. Hanya dengan membaca grafiknya, orang akan dapat dengan mudah melihat di posisi manakah perusahaan mereka berada. Matriks ini memusatkan perhatian pada arus kas, karakteristik investasi, dan kebutuhan berbagai divisi organisasi. Divisi dapat berubah dari waktu ke waktu: anjing menjadi tanda tanya, tanda tanya menjadi bintang, bintang menjadi sapi perah, dan sapi perah menjadi anjing. Namun yang jarang terjadi adalah perubahan yang searah jarum jam.
    Kelemahan matriks BCG :
    Matriks BCG hanya menggunakan dua dimensi yaitu pangsa pasar relative dan tingkat pertumbuhan pasar. Kemungkinan sulit mendapatkan data pangsa pasar maupun tingkat pertumbuhan pasar. Terlalu menyederhanakan banyak bisnis karena memandang semua bisnis sebagai bintang, sapi perah, anjing atau tanda tanya. Dalam metode ini, diasumsikan bahwa setiap unit bisnis tidak tergantung pada unit bisnis lain, padahal dalam beberapa kasus, unit bisnis “anjing” bisa membantu unit bisnis lain untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Matriks ini tidak menggambarkan apakah berbagai divisi atau industri mereka bertumbuh sepanjang waktu, sehingga matriks ini tidak memiliki karakteristik waktu, sehingga terdapat variabel lain yang penting seperti ukuran pasar dan keunggulan kompetitif. Matriks sangat bergantung pada luasnya definisi pasar. Suatu unit bisnis dapat mendominasi pada pasar yang kecil, tetapi memiliki pangsa pasar sangat rendah dalam industri secara keseluruhan. Dalam kasus seperti itu, definisi dari pasar dapat membuat perbedaan antara “anjing” dan “sapi perah”.

  10. LIANTINA R.C.W C1C009037 Says:
    March 31st, 2011 at 7:20 pm

    Pertanyaan:
    Sebutkan serta jelaskan tingkat dan jenis Diversifikasi?Dan Berikan contoh perusahaan yang menggunakan diversifikasi tersebut!

    Jawaban:
    1.Tingkat Diversifikasi Rendah
    ~Bisnis Tunggal:Lebih dari 95% pendapatan datang dari bisnis tunggal
    contohnya:Wm.Wrigley Jr.Company merupakan salah satu perusahaan dengan sedikit diversifikasi.Fokus utamanya adalah pada pasar permen karet,sehingga perusahaan ini dapat dikategorikan sebagai tingat difersifikasi rendah bisnis tunggal karena pendapatan dihasilkan oleh bisnis permen karet sebagai bisnis dominannya lebih besar dari 95% total penjualannya.
    ~Bisnis Dominan:perusahaan yang menghasilkan antara 70% dan 95% dari total penjualannya dalam satu kategori tunggal.
    contoh:Kellog merupakan perusahaan berbisnis dominan.Baru-baru ini Kellog mendorong produk-produk serealnya sebagai makanan ringgan karena penjualan sereal sarapan paginya menurun.

    2.Tingkat Difersifikasi Moderat sampai Tinggi
    ~Berkaitan Terbatas:Perusahaan yang kurang dari 70% pendapatan datang dari bisnis dominan,dan semua bisnis berbagai produk,teknologi dan jaringan distribusi.
    contoh Perusahaan:Campbell Soup,Procter & Gamble,Xeror,dan Merck & Company.
    ~Berkaitan Berhubungan:Perusahaan yang kurang dari 70% pendapatannya datang dari bisnis-bisnis dominan dan terdapat hubungan terbatas diantara bisnis-bisnis tersebut.
    contoh:Johnson&johnson, General Electric, dan schlumberger

    3.Tingkat Diversifikasi Sangat Tinggi
    ~Tidak berkaitan:Perusahaan yang kurang dari 70% pendapatannya datang dari bisnis-bisnis dominan, dan terdapat hubungan terbatas di antara bisnis-bisnis tertentu.
    contoh perusahaan:Tenneco, Samsung, dan Textron

  11. Resi Rubiyanti C1C008001 Says:
    March 31st, 2011 at 7:47 pm

    Pertanyaan :
    Perusahaan yang menerapkan strategi integrasi tentunya tedapat keterbatasan-keterbatasan. Jelaskan!

    Jawaban :
    Misalnya, pemasok luar mungkin memproduksi produknya dengan biaya lebih rendah. Hasilnya, transaksi internal dari integrasi vertikal mungkin terlalu mahal dan mengurangi keuntungan. Juga, biaya birokrasi yang terjadi saat menerapkan strategi ini. Karena strategi ini mengharuskan investasi modal dalam jumlah besar, maka integrasi vertikal dapat menjadi masalah apabila teknologi berubah secara cepat.

  12. Resi Rubiyanti C1C008001 Says:
    March 31st, 2011 at 7:48 pm

    Pertanyaan :
    Perusahaan yang menerapkan strategi integrasi vertikal tentunya tedapat keterbatasan-keterbatasan. Jelaskan!

    Jawaban :
    Misalnya, pemasok luar mungkin memproduksi produknya dengan biaya lebih rendah. Hasilnya, transaksi internal dari integrasi vertikal mungkin terlalu mahal dan mengurangi keuntungan. Juga, biaya birokrasi yang terjadi saat menerapkan strategi ini. Karena strategi ini mengharuskan investasi modal dalam jumlah besar, maka integrasi vertikal dapat menjadi masalah apabila teknologi berubah secara cepat.

  13. Asad Hizbullah C1C008024 Says:
    March 31st, 2011 at 8:12 pm

    Pertanyaan:
    Terdapat dua jenis utama ekonomis oeprasional yang dipergunakan oleh perusahaan untuk menciptakan nilai dari lingkup ekonomis, yaitu berbagi aktivitas dan transfer kompetensi inti. Jelaskan perbedaan kedua jenis tersebut !

    Jawaban:
    Perbedaannya adalah didasarkan pada bagaimana sumber daya yang berbeda diwujudkan bersama untuk mencapai lingkup ekonomis. Sumber daya berwujud, seperti peralatan atau asset fisik unit usaha lainnya, seringkali harus dibagi untuk menciptakan lingkup ekonomis. Sumber daya yang kurang berwujud, seperti armada penjualan, juga dapat dibagi. Akan tetapi, penguasaan pengetahuan yang merupakan sumber daya tak berwujud, merupakan inti transfer kompetensi. Apabila penguasaan ditransfer antara aktivitas berbeda dan tidak ada sumber daya fisik atau berwujud yang terlibat, maka kompetensi yang ditransfer, sebagai berlawanan dari berbagai aktivitas, merupakan sumber utama pencapaian nilai. Jadi dalam sumber daya yang berwujud lebih mudah dibagi dan lebih condong ke berbagi aktivitas, sedangkan sumber daya yang tidak berwujud menggunakan transfer kompetensi inti.

  14. Wahyu Indra Kusuma ( C1C008116 ) Says:
    March 31st, 2011 at 11:46 pm

    Paling tidak ada empat area yang menjadi perhatian utama dalam memformulasi dalam strategi tingkat korporasi bagi organisasi multi bisnis, salah satunya adalah menciptakan kombinasi multibisnis.

    Pertanyaan :

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan menciptakan kombinasi multibisnis ?

    jawab :

    Perhatian dalam hal ini adalah kemampuan manajer puncak dalam menentukan kombinasi portofolio bisnis. Secara khusus hal ini akan berkaitan dengan kemampuan manajemen puncak dalam menentukan jenis industry yang akan dimasuki dan cara yang akan ditempuhkan untuk memasuki jenis industry yang dipilih. Beberapa orang menyukai preferensi memasuki satu jenis industry tertentu dengan cara mulai dari awal, tetapi ada juga yang mengakuisisi lain yang sudah ada sebelumnya. Pada akhirnya perusahaan sendiri yang menentukan cakupan yang akan dilayani dan bagaimana perusahaan menempatkan diri dalam setiap target industry yang dilayani.

  15. Tri Ernawati Setyorini C1C009034 Says:
    April 1st, 2011 at 7:49 am

    Pertanyaan:

    Kekuatan pasar terjadi saat suatu perusahaan mampu untuk menjual produknya di atas tingkat bersaing saat ini atau menurunkan biaya aktivitas utamanya di bawah tingkat bersaing, atu keduanya. Jelaskan satu pendekatan untuk memperoleh kekuatan pasar melalui diversifikasi dan berikan contoh!

    Jawaban:

    Pendekatan untuk memperoleh kekuatan pasar melalui diversifikasi adalah persaingan multipoint.

    Persaingan multipoint terjadi saat dua atau lebih perusahaan bersaing dalam bidang produk atau pasar geografis yang sama.
    Contohnya: dengan anak perusahaan ROLM-nya, IBM berusaha bersaing dalam pasar komunikasi dan komputer. AT&T, sebuah perusahaan telekomunikasi, dengan mengakuisisi NCR, bermaksud bersaing pula dalam pasar komunikasi dan komputer.

  16. Nikmah Marita C1C009106 Says:
    April 1st, 2011 at 9:57 am

    Pertanyaan:

    Sebutkan dan jelaskan insentif internal untuk diversifikasi!

    Jawaban:

    1.Kinerja Rendah
    Salah satu insentif internal perusahaan adalah rendahnya kinerja perusahaan. Perusahaan yangmemiliki kinerja tinggi akan mengeliminasi kebutuhan diversifikasi yang lebih besar, karenanyaperusahaan dengan kinerja rendah berlaku sebagai insentif untuk diversifikasi. Perusahaan yang terganggu oleh rendahnya kinerja sering menghadapi risiko tinggi (
    diversification is risky)
    Kurvalinear Keterkaitan Diversifikasi dan Kinerja
    2.Ketidakpastian Arus Kas Masa Depan
    Diversifikasi mungkin merupakan strategi pertahanan jika:
    (1) Lini produk telah matang,
    (2) Lini produk terancan,
    (3) Perusahaan kecil & matang atau industri yang sudah matang.
    3.Sinergi dan Pengurangan Risiko
    Sinergi terjadi ketika nilai yang diciptakan oleh bisnis-bisnis yang bekerja sama melebihi nilaiyang dihasilkan oleh bisnis yang bekerja secara sendiri. Sinergi dapat menciptakan salingketergantungan antara unit-unit bisnis yang ada pada suatu perusahaan. Suatu perusahaanmungkin menghadapi risiko dan hambatan pada tingkat sering aktivitas. Oleh karena ituperusahaan mengurangi tingkat perubahan teknologi dengan beroperasi dilingkungan yang lebih pasti.
    4.Sumber Daya & Diversifikasi
    Walaupun sebuah perusahaan dapat memiliki insentif untuk melakukan diversifikasi, perusahaanharus memiliki sumber daya yang diperlukan untuk melakukan diversifikasi yang layak secaraekonomi (kas, sumber daya berujud). Penciptaan nilai lebih banyak ditentukankelayakan/kesesuaian penggunaan sumber daya daripada insentif untuk diversifikasi

  17. Noviastri SB C1C009114 Says:
    April 1st, 2011 at 10:03 am

    Pertanyaan:

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan akuisisi?

    Jawaban:

    Akuisisi adalah pengambil-alihan (takeover) sebuah perusahaan dengan membeli saham atau asetperusahaan tersebut, perusahaan yang dibeli tetap ada.
    Jenis-jenis Akusisi:
     Menurut Damodaran 2001, suatu perusahaan dapat diakuisisi perusahaan lain dengan beberapa cara, yaitu :
    a. Acquisistion of assets
     Sebuah perusahaan membeli aset perusahaan lain melalui persetujuan pemegang sahamtarget firm.
    b. Acquisition of stock 
     Akuisisi dapat juga dilakukan dengan cara membeli voting stock perusahaan, dapatdengan cara membeli sacara tunai, saham, atau surat berharga lain. Acquisition of stock dapat dilakukan dengan mengajukan penawaran dari suatu perusahaan terhadap perusahaan lain, danpada beberapa kasus, penawaran diberikan langsung kepada pemilik perusahaan yang menjual. Hal ini dapat disesuaikan dengan melakukan tender offer. Tender offer adalah penawaran kepadapublik untuk membeli saham target firm, diajukan dari sebuah perusahaan langsung kepadapemilik perusahaan lain.
    c. Acquisition of assets
     Perusahaan dapat mengakuisisi perusahaan lain dengan membeli semua asetnya. Padajenis ini, dibutuhkan suara pemegang saham target firm sehingga tidak terdapat halangan daripemegang saham minoritas, seperti yang terdapat pada acquisition of stock.

    Sedangkan berdasarkan jenis perusahaan yang bergabung, merger atau akuisisi dapat dibedakan :
    a. Horizontal merger terjadi ketika dua atau lebih perusahaan yang bergerak di bidang industriyang sama bergabung.
    b. Vertical merger terjadi ketika suatu perusahaan mengakuisisi perusahaan supplier ataucustomernya.
    c. Congeneric merger terjadi ketika perusahaan dalam industri yang sama tetapi tidak dalam garisbisnis yang sama dengan supplier atau customernya. Keuntungannya adalah perusahaan dapat menggunakan penjualan dan distribusi yang sama.
    d. Conglomerate merger terjadi ketika perusahaan yang tidak berhubungan bisnis melakukan merger. Keuntungannya adalah dapat mengurangi resiko

  18. DIAH LESTARININGRUM C1C0080122 Says:
    April 1st, 2011 at 3:26 pm

    Diversifikasi merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh suatu perusahaan dalam rangka peningkatan profitabilitas dan menambah nilai bagi perusahaan. Jelaskan mengenai diversifikasi dapat menambah nilai secara efektif bagi perusahaan!!!
    Jawaban:
    Diversifikasi menambah nilai secara efektif bagi perusahaan melaui dua mekanisme, yaitu :
    • Dengan mengembangkan economics of scope antar unit bisnis dalam perusahaan yang bisa menghasilkan keuntungan sinergis, yaitu keuntungan yang dirasakan oleh masing-masing unit bisnis yang terlibat
    • Dengan mengembangkan market power yang menyebabkan penghasilan yang lebih besar. Market power merupakan kondisi dimana suatu perusahaan dapat menguasai konsumen dalam pasar produk tertentu, baik melalui merek maupun kualitas yang baik yang ada dalam produk yang diciptakan. Dengan memperoleh posisi yang menguntungkan dalam pasar, maka dengan mudah perusahaan tersebut dapat meningkatkan penghasilan.

  19. GILANG HARRY R. Says:
    April 2nd, 2011 at 3:12 pm

    GILANG HARRY R. C1C008096

    Berilah contoh satu perusahaan yang melakukan diversifikasi usaha & jelaskan alasannya mengapa perusahaan tersebut melakukan diversifikasi!

    Contoh perusahaan yang melakukan diversifikasi adalah Kompas Gramedia (KG). Perusahaan yang mempekerjakan 12.000 karyawan ini memang awalnya hanya bergerak di bidang media massa cetak. Semula, produk unggulannya hanyalah harian Kompas yang terkenal itu. Kemudian muncul Koran atau majalah KG lainnya seperti Pers Daerah, Warta Kota, National Geographic, Bobo, Hai, Kawanku, Nova, CHIP, Info Komputer, Angkasa, Kontan, What Hi-Fi?, PC Plus, HotGame, Saji, Sedap, Bola, Soccer, Motorplus, Otomotif, Idea. Segmen yang disasar pun semakin luas. Mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu, pecinta computer, dan lain-lain.
    Namun seiring dengan kemajuan di perusahaan ini, KG mulai memperluas medan bisnisnya. KG mulai merambah bisnis sektor komunikasi. Kini bisnis media elektronik pun dijamah oleh mereka, seperti Radio (Otomotion & Sonora). Tidak puas sampai di situ, mereka juga memiliki percetakan dan Event Organizer (EO) sendiri.

    Apa implikasinya bagi KG dengan merambah atau melakukan diversifikasi semacam ini?
    Yang pertama, mereka memiliki kekuatan pasar yang begitu kuat. Dengan memiliki banyak unit usaha, mereka menutup jalan bagi para pesaina baru (new comer) untuk masuk dan bertahan lama dalam industry yang sama.
    Yang kedua, mereka bisa melakukan efisiensi alokasi modal internal. Sebagai contoh jika EO mereka ingin mengadakan pameran buku. EO mereka tidak akan kesulitan menjaring penerbit karena KG sendiri adalah penerbit besar yang tentu punya jaringan penerbit luas. Berikutnya, EO mereka tidak perlu kesulitan harus ke mana untuk memproduksi materi-materi pendukung pameran seperti spanduk, kain, baliho, dan sebagainya. Seab mereka memilik percetakan mereka sendiri yang tentunya menekan production cost pameran EO KG.

  20. FEBY FEBRIANI SUSANDI C1C009023 Says:
    April 4th, 2011 at 8:19 am

    FEBY FEBRIANI SUSANDI C1C009023

    PERTANYAAN :
    Jelaskan tentang kekuatan pasar dan jelaskan pula pendekatan apa saja untuk mendapatkan kekuatan pasar melalui diversifikasi ?
    JAWABAN :
    Kekuatan pasar ada ketika sebuah perusahaan mampu menjual produk-produknya di atas tingkat persaingan yang ada atau mengurangi biaya aktivitas primer dan pendukungnya .
    Pendekatan untuk mendapatkan kekuatan pasar melalui diversifikasi adalah
    1) Persaingan multipoint terjadi ketika dua atau lebih perusahaan diversifikasi bersaing dalam produk atau wilayah geografis yang sama. Misalnya ketika Philip Morris beralih ke makanan dengan membeli General Foods dan Kraft, tanggapan persaingan RJR adalah membeli perusahaan makanan lainya, yaitu Nabisco. Jika perusahann diversifikasi bersaing berhadap-hadapan dalam setiap pasar, persaingan multipoint tidak akan menciptakan laba potensial, melainkan ia akan menghasilkan aktivitas persaingan yang berlebih. Sering kali, jika perusahaan menghindari persaingan, dan akibatnya, merealisasikan kesabaran mutual, mereka terlibat dalam diversifikasi berkaitan yang menciptakan nilai bagi setiap perusahaan melalui berkurangnya aktivitas-aktivas persaingan.
    2) Strategi Integrasi vertikal terjadi ketika sebuah perusahaan memproduksi sendiri inputnya (integrasi ke belakang ) atau memiliki integrasi vertikal parsial, dimana sebagian input dan output dijual oleh unit-unit perusahaan , sementara sebagian input dan output lainnya diproduksi dan dijual oleh perusahaan luar. Sebuah perusahaan yang mengejar integrasi vertikal biasanya digerakan oleh motivasi untuk memperkuat posisi bisnis intinya dengan mendapatkan kekuatan pasar dari para pesaingnya. Hal ini dilakukan melalui penghematan biaya operasi, menghindari biaya pasar, kontrol yang lebih baik untuk membangun kualitas dan mungkin teknologi proteksi. Hal ini juga terjadi ketika perusahaan memiliki ikatan yang kuat antara aktiva mereka di mana tidak ada harga pasar. Membangun harga pasar akan menghasilkan biaya pencarian dan transaksi yang tinggi, sehingga perusahaan berusaha untuk mengintegrasikan secara vertikal, dan tidak menjadi bisnis-bisnis yang terpisah.

  21. INDRA SANTOSA C1C009030 Says:
    April 4th, 2011 at 8:27 am

    Soal :
    Apa langkah yang harus dipersiapkan untuk menerapkan strategi diversifikasi, dan jelaskan dampak bagi perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi ?

    Jawaban :
    Diperlukan sumber daya, kapabilitas, dan kompetensi lebih yang memiliki kegunaan majemuk dan dibutuhkan juga manajemen yang memiliki keahlian unik untuk mengembangkan strategi tersebut.
    Dampak yang bisa terjadi, dimana akan meningkatkan daya saing bagi perusahaan ketika perusahaan mencapai tingkat diversifikasi yang sesuai sumber daya, dan adanya ancaman-ancaman yang timbul dari lingkungan eksternal.

  22. DIAH AYU PARAMITA C1C009039 Says:
    April 4th, 2011 at 8:32 am

    Pertanyaan :
    Jelaskan alasan perusahaan melakukan diversifikasi. Beserta contoh perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi !

    Jawaban :
    Banyak perusahaan yang menggunakan strategi diversifikasi sebagai strategi tingkat perusahaannya untuk beberapa alasan. Kebanyakan perusahaan menerapkan strategi diversifikasi untuk meningkatkan daya saing dari seluruh perusahaannya. Ketika strategi diversifikasi meningkatkan daya saing strategis, total nilai perusahaan ini meningkat. Nilai diciptakan melalui diversifikasi berkaitan atau tidak berkaitan ketika strategi tertentu memungkinkan unit-unit bisnis perusahaan untuk meningkatkan pendapatan atau mengurangi biaya sembari menerapkan strategi tingkat bisnisnya. Alasan lainnya adalah untuk mendapatkan kekuatan pasar yang lebih besar dari para pesaingnya. Disamping itu untuk menerapkan strategi diversifikasi mungkin tidak meningkatkan daya saing strategis, pada kenyataannya, diversifikasi dapat berdampak netral atau pada kenyataanya meningkatkan biaya atau mengurangi pendapatan perusahaan. Termasuk alasan berikut yaitu untuk menetralkan kekuatan pasar pesaing ( misalnya menetralkan keunggulan perusahaan lain dengan membeli gerai yang serupa dengan yang dimiliki perusahaan pesaingnya dan untuk memperluas fortofolio perusahaan guna mengurangi risiko ketenagakerjaan manajerial (misalnya, jika salah satu bisnis gagal, eksekutif tingkat atas tetap bekerja dalam perusahaan diversifikasi tersebut ). Contoh dari perusahaan yang menerapkan strategi diversifikasi adalah CMGI, sebuah perusahaan yang telah menggunakan strategi diversifikasi klasik untuk merealisasikan kenaikan nilainya. CMGI berada dalam bisnis yang menciptakan dan mengelola jaringan perusahaan-perusahaan internasional yang berbeda-beda yang focus pada periklanan, pemasaran internet, isi dan komunitas internet, ecommerce, dan teknologi yang memampukan e-commerce. Perusahaan-perusahaan periklanan dan pemasaran yang dimiliki CMGI menawarkan teknologi hi-tech untuk membantu perusahaan membangun periklanan dan pemasaran yang interaktif

  23. Tantri Odhi Pradana C1C009038 Says:
    April 4th, 2011 at 8:33 am

    Pertanyaan:
    Apa yang dimaksud dengan diversifikasi tingkat rendah? Jelaskan dan berikan contohnya!

    Jawaban:
    Diversifikasi tingkat rendah adalah perusahaan yang memusatkan usahanya pada bisnis tunggal atau bisnis dominan.
    -Perusahaan dapat dikatakan diklasifikasikan sebagai bisnis tunggal ketika pendapatan dihasilkan oleh bisnis dominannya lebih besar dari 95% total penjualannya.
    -Bisnis dominan adalah perusahaan yang menghasilkan antar 70% dan 95% dari total penjualannya dalam satu kategori tunggal.

    contoh:
    Hershey Foods Corp. adalah perusahaan manisan coklat dan non-coklat terbesar di Amerika, ini adalah contoh perusahaan bisnis dominan. Walupun perusahaan ini menjual makanan beberapa produk makanan seperti spagheti dan pasta, tetapi besarnya penghasilan perusahaan lebih banyak didapat dari penjualan produk manisannya tersebut. Untuk selalu meningkatkan minat terhadap produk manisannya, perusahaan ini memperkenalan produk barunya dengan sangat hati-hati dan perhitungan.
    Beberapa ahli berpendapat, saat Hershey mengumumkan bahwa ada permen baru yang akan muncul, kemudian menjaganya dalam bungkusan sampai siap untuk dimunculkan meningkatkan penjualan dan menyebarkan perasaan antusiasme terhadap produk-produk Hershey.

  24. LISTIANTI(C1C008128) Says:
    April 4th, 2011 at 8:38 am

    Pertanyaan:
    perusahaan yang terdiversifikasi bervariasi tergantung pada tingkat diversifikasi dan hubungan antara bisnis mereka,jelaskan tingkat-tingkat diversifikasi tersbut?

    jawaban:
    -tingkat diversifikasi rendah
    yaitu perusahaan dikatakan menerapkan diversifikasi tingkat rendah apabila perusahaan tersebut memfokuskan usahanya pada bisnis tunggal atau dominan.
    -tingkat diversifikasi moderat hingga tinggi
    perusahaan dikatakan menerapkan tingkat ini apabila suatu perusahaan memperoleh lebih dr 30 persen volume penjualannya di luar bisnis dominan.
    Dalam tingkat ini terdapat 3 klasifikasi hubungan,yaitu perusahaan terdiversifikasi berhubungan(related diversified), perusahaan berhubungan terbatas(related constrained),dan perusahaan berhubungan campuran dan tidak berhubungan(mixed related and unrelated).

  25. Hilda Listiana C1C009041 Says:
    April 4th, 2011 at 8:40 am

    Perusahaan berusaha untuk menciptakan nilai dari jangkauan ekonomisnya melalui dua jenis dasar ekonomis operasional, salah satunya adalah keterkaitan operasional: berbagi aktivitas. Apakah yang dimaksud dengan keterkaiatan operasional: berbagi aktivitas? Berikan contohnya dan sebutkan risikonya!
    Jawab:

    Berbagi aktivitas biasa dilakukan terutama di antara perusahaan-perusahaan yang berkaitan terbatas. Biasanya berbagi aktivitas dilakukan diantara dua perusahaan dengan melakukan merger hingga menghasilkan suatu produk dengan harapan dapat meningkatkan daya saing strategis dan menambah laba. Atau berbagi aktivitas juga dapat dilakukan oleh suatu perusahaan dimana dalam penggunaan satu input utama dapat menghasilkan lebih dari satu produk.

    Contoh:
    1. Procter & Gamble, bisnis kertas dan bisnis pembersih popok bayi menggunakan produk kertas sebagai input utamanya ke dalam proses manufaktur
    2. Produsen obat Swiss Ciba-Gegy, Ltd. dan Sandoz, Ltd bergabung dalam merger senilai $63 miliar untuk membentuk Novartis

    Risiko
    1. Kesatuan bisnis ini dapat menciptakan keterkaitan diantara hasil-hasilnya
    2. Segala aktivitas antar unit harus dilakukan bersama-sama, kalau tidak maka dapat menimbulkan konflik
    3. Apabila tidak ada pertimbangan biaya, maka aktivitas yang dijalankan tidak akan efektif

  26. LISTIANTI(C1C008128) Says:
    April 4th, 2011 at 8:44 am

    Pertanyaan:
    perusahaan yang terdiversifikasi bervariasi tergantung pada tingkat diversifikasi dan hubungan antara bisnis mereka,jelaskan tingkat-tingkat diversifikasi tersebut?

    jawaban:
    -tingkat diversifikasi rendah
    yaitu perusahaan dikatakan menerapkan diversifikasi tingkat rendah apabila perusahaan tersebut memfokuskan usahanya pada bisnis tunggal atau dominan.
    -tingkat diversifikasi moderat hingga tinggi
    perusahaan dikatakan menerapkan tingkat ini apabila suatu perusahaan memperoleh lebih dr 30 persen volume penjualannya di luar bisnis dominan.
    Dalam tingkat ini terdapat 3 klasifikasi hubungan,yaitu perusahaan terdiversifikasi berhubungan(related diversified), perusahaan berhubungan terbatas(related constrained),dan perusahaan berhubungan campuran dan tidak berhubungan(mixed related and unrelated).

  27. Ratih Ayu Ningtyas C1C009035 Says:
    April 4th, 2011 at 8:48 am

    Pertanyaan:
    Strategi diversifikasi tidak berkaitan dapat menciptakan nilai melalui penghematan keuangan. Penghematan keuangan adalah penghematan biaya yang direalisasikan melalui perbaikan alokasi sumber daya keuangan, berdasarkan investasi-investasi di dalam dan di luar perusahaan.
    Penghematan ekonomi apa saja yang dapat diterapkan?

    Jawaban :
    Penghematan ekonomi yang dapat diterapkan dalam strategi diversifikasi tidak berkaitan , yaitu:
    1. Penghematan ekonomi melibatkan alokasi modal internal yang efisien.
    Pendekatan ini berusaha untuk mengurangi risiko di antara unit-unit bisnis perusahaan, misalnya melalui pengembangan portofolio bisnis dengan profil risiko yang berbeda. Alokasi modal biasanya didistribusikan secara efisien dalam perekonomian pasar dari pasar-pasar modal. Modal didistribusikan secara efisien karena para investor berusaha untuk membeli saham-saham ekuitas perusahaan yang memiliki nilai arus kas masa depan yang tinggi. Namun demikian dalam perusahaan-perusahaan diversifikasi besar induk perusahaan itu mendistribusikan modal ke divisi-divisi untuk menciptakan nilai bagi seluruh perusahaan.
    2. Penghematan ekonomi berkaitan dengan pembelian perusahaan lain dan merestrukturis aktiva-aktiva. Fokus secara eksklusif pada pembelian dan penjualan aktiva perusahaan lain dalam pasar eksternal. Seperti halnya dalam bisnis real-estate, laba dihasilakan ketika membeli aktiva dengan harga rendah, merestrukturisasikannya dan kemudian menjualnya dengan harga setinggi mungkin. Pendekatan ini biasanya diikuti dengan membeli perusahaan, menjual aktiva, seperti kantor pusat perusahaan,dan memberhentikan anggota staf perusahaan.

  28. KRISNHU FAJAR P (C1C008027) Says:
    April 4th, 2011 at 8:54 am

    SOAL :
    Jelaskan bagaimana suatu perusahaan yang melakukan strategi diversifikasi berhubungan harus menitiberatkan pada industri di mana terdapat kecocokan strategis dengan kompetensi intinya beserta jelaskan dampak dari masalah ini?

    JAWABAN :
    Bahwa suatu perusahaan dan matriks lainnya menitiberatkan pada arus kas untuk alokasi sumber daya, mereka menekankan pemisahan antara divisi dan tidak memperhitungkan sifat strategi yang tidak berhubungan atau sifat yang membawahi strategi yang berhubungan. Terlebih lagi perusahaan yang mengikuti petunjuk yang diusulkan biasanya melakukan investasi terlalu rendah dalam inovasi. Dampak dari masalah ini, saat ini lebih sedikit perusahaan yang menggunakan matriks portfolio sebagai peralatan dalam mengambil keputusan saat memilih strategi tingkat perusahaan. Pengalaman ini telah menunjukkan bahwa mematuhi secara kaku petunjuk matriks portfolio cenderung tidak menolong perusahaan mengembangkan kompetensi inti dan selanjutnya, keunggulan bersaing yang berkesinambungan.

  29. LYDIA AGUSTINA (C1C009024) Says:
    April 4th, 2011 at 8:56 am

    Pertanyaan:
    Diversifikasi berkaitan juga dapat digunakan untuk mendapatkan kekuatan pasar.jelaskan pernyataan tersebut!

    Jawab:
    Diversifikasi berkaitan memang dapat digunakan untuk mendapatkan kekuatan pasar,karena kekuatan pasar ada ketika sebuah perusahaan mampu menjual produk-produknya di atas tingkat persaingan yang ada atau mengurangi biaya aktivitas primer dan pendukungnya di bawah tingkat kompetitif atau keduanya.

  30. KIKY MEI KURNIANDONO (C1C009009) Says:
    April 4th, 2011 at 9:01 am

    Pertanyaan :
    Perusahaan-perusahaan menerapkan diversifikasi yang bervariasi menurut tingkat diversifikasinya, yaitu diversifikasi tingkat rendah, diversifikasi tingkat moderat, dan diversifikasi tingkat tinggi. Apa keuntungan yang bisa didapat apabila perusahaan menerapkan strategi diversifikasi tingkat rendah?

    Jawaban :
    Keuntungan utama bila konsentrasi pada satu area bisnis ialah agar dapat memanfaatkan seluruh sumberdaya untuk sukses bersaing di bisnis yang di pilih. Strategi ini terutama sesuai untuk industri yang tumbuh cepat yang membutuhkan sumberdaya besar dengan prospek laba besar. Keuntungan lain dari konsentrasi ini ialah perusahaan melakukan apa yang paling diketahuinya dan tidak melakukan apa yang kurang dikuasai (sticks to its knitting).
    Makin sedikit unit bisnis makin mudah bagi manajemen untuk mengikuti dengan baik operasi dan progress setiap unit. Informasi yang dihasilkan lebih akurat dan dapat mengurangi kesalahan keputusan. Biaya yang dikeluarkan pun makin sedikit karena tidak memerlukan birokrasi besar dalam perusahaan.
    Suatu perusahaan yang bergerak dalam sektor beragam tentunya sangat sulit dikelola. Karena setiap perusahaan berusaha semaksimal mungkin menjadi lebih baik dan tidak bergerak terlalu jauh dari basis kompetensi utama (core competence) setiap perusahaan.

  31. Selvia Kusuma Wardani (C1C009001) Says:
    April 4th, 2011 at 9:03 am

    Selvia Kusuma Wardani
    C1C009001

    Pertanyaan :
    Pemakaian strategi diversifikasi menjadi strategi suatu perusahaan, terbilang bukanlah hal yang baru. Perusahaan menggunakan strategi ini dilengkapi oleh sejumlah alasan. Salah satunya berkaitan dengan kegiatan operasional dalam berbagi aktivitas. Seperti apakah gambarannya? Hal-hal apa sajakah yang dapat menjadi risiko dan manfaatnya?

    Jawaban :
    Berbagi aktivitas antar perusahaan memang sudah banyak dipraktekkan. Terutama antara perusahaan yang berkaitan terbatas. Melalui pembagian aktivitas seperti ini, suatu perusahaan akan mampu menciptakan kompetensi inti yang pada akhirnya mendorong dilakukannya merger ataupun akuisisi di antara perusahaan untuk mengurangi pengeluaran biaya juga dapat menjadi alat bagi suatu perusahaan bersama dengan unit-unit bisnisnya untuk meningkatkan nilai perusahaan disertai dengan peningkatan kinerja dan laba perusahaan pasca akuisisi bagi para pemegang sahamnya.
    Risiko pun tak lepas dari kegiatan pembagian aktivitas ini. Dikarenakan kesatuan bisnis, dasarnya adalah keterkaitan antara hasil-hasilnya. Jika permintaan produk salah satu bisnis berkurang, pendapatan pun tidak akan muncul sebagai alat penutup biaya tetap pemakaian bersama sebuah pabrik. Berbagai aktivitas pun menjadi tidak efektif kalau masalah biaya tidak dipertimbangkan secara matang. Sehingga dapat disimpulkan, berbagi aktivitas dapat menjadi alat bagi suatu perusahan untuk mendapatkan jangkauan ekonomis disertai dengan pengurangan risiko yang ditanggung serta dapat meningkatkan laba positif dari setiap upaya diversifikasi yang dilakukan.

  32. RIDZAL NIKONANTO (C1C008054) Says:
    April 4th, 2011 at 9:10 am

    PERTANYAAN:
    Jelaskan tentang yang dimaksud dengan strategi tingkat perusahaan (corporate level strategy)?

    JAWABAN:
    Corporate level strategy merupakan tindakan yang diambil untuk mendapatkan keunggulan bersaing melalui pemilihan dan pengelolaan sejumlah bisnis atau usaha yang bersaing dalam beberapa industri atau pasar produk. intinya, strategi tingkat perusahaan adalah “apa yang membuat perusahaan secara keseluruhan lebih daripada penjumlahan unit-unit usahanya”. Jadi sebuah perusahaan harus ditekankan dapat berinovasi dalam menentukan arah bisnisnya atau usahanya supaya perusahaan tersebut benar-benar dapat bertahan kaitanya dengan persaingan dalam industri.

  33. Azka Nur Diana C1C009033 Says:
    April 4th, 2011 at 9:15 am

    Pertanyaaan:
    Sebutkan karakteristik kunci pada Alokasi Pasar Modal Internal yang Efisien dan berikan asumsinya!

    Jawaban:
    Alokasi Pasar Modal Internal yang Efisien (Strategi Diversifikasi yang Tak Berhubungan)
    Karakteristik Kunci:
    Perusahaan sering kali mengusahakan strategi ini dengan diversivikasi lewat akuisisi:
    1. Mengakuisisi perusahaan yang menarik dan sehat.
    2. Unit yang diakuisisi adalah otonom.
    3. Perusahaan pengakuisisi memasok modal yang dibutuhkan.
    4. Manajer portfolio mentransfer sumber daya dari unit yang menghasilkan kas ke unit yang berpotensi membutuhkan kas.
    5. Menambah manajemen profesional & kontrol ke sub-unit.
    6. Kompensasi manajer sub-unit berdasarkan hasil units.
    Asumsi:
    - Manajer memiliki pengetahuan lebih tentang perusahaan dari pada investor luar.
    - Firm need not risk competitive edge by disclosing sensitive competitive information to investors.
    - Perusahaan dapat mengurangi risiko dengan mengalokasikan sumber daya di atara bisnis yang terdiversifikasi, meskipun pemegang saham secara umum bisa mendiversifikasikan dengan lebih hemat.

  34. Ayu Aprilia Sianida C1C009027 Says:
    April 4th, 2011 at 9:18 am

    Soal :
    Bagaimana cara agar kita dapat mengetahui kategori suatu perusahaan berdasar tingkat diversifikasinya?

    Jawab:
    Cara untuk mengetahui suatu perusahaan termasuk kategori bisnis yang mana berdasar tingkat diversifikasi ialah dengan melihat pendapatan yang didapat dari volume penjualan dan aktivitas perusahaan itu sendiri.
    Misal saja, perusahaan dengan diversifikasi tingkat rendah dibagi menjadi dua yaitu yang memusatkan pada bisnis tunggal atau bisnis dominan. Diklasifikasikan bisnis tunggal ketika pendapatannya didapat oleh bisnis dominannya lebih dari 95% dari total penjualannya. Sedang dikategorikan bisnis dominan ketika pendapatan suatu perusahaan dihasilkan dari 70-95% total penjualan dalam satu kategori tunggal.
    Untuk perusahaan dengan diversifikasi tingkat tinggi dapat diketahui dengan melihat volume penjualan mencapai 30% lebih dari bisnis dominannya dan ketika bisnis-bisnisnya berkaitan dengan cara tertentu maka perusahaan tersebut dikategorikan sebagai diversifikasi yang berkaitan.Diversifikasi berkaitan dibedakan menjadi diversifikasi berkaitan terbatas dan diversifikasi berkaitan berhubungan. Suatu perusahaan dikategorikan berkaitan terbatas ketika memiliki unit-unit bisnis yang menggunakan sejumlah sumber daya dan aktivitas secara bersama-sama. Sedang jika berkaitan berhubungan tidak banyak berbagi sumber daya dsn aktiva aktual dan yang terjsadi lebih pada transfer pengetahuan dan kompetensi inti di antara bisnis tersebut.
    Untuk perusahaan dengan diversifikasi sangat tinggi biasanya merupakan bisnis yang tidak berkaitan, hal ini dapat diketahui dengan melihat jumlah pendapatan yang kurang dari 70% datang dari bisnis-bisnis dominan dan tidak ada hubungan diantara bisnis-bisnis tersebut.

  35. MUHAMAD ARIF HIMAWAN (C1C008004) Says:
    April 4th, 2011 at 9:19 am

    PERTANYAAN:
    Apa yang disebut dengan persaingan multipoint, jelaskan contohnya juga?

    JAWABAN:
    Beberapa perusahaan besar yang terdiversivikasi saling bersaing satu dengan yang lainya dalam beberapa pasar, misalnya: Rokok Djarum bersaing dengan Rokok Gudang garam Internasional yang notabene sama-sama sebuah perusahaan besar bersaing dalam industri rokok juga bersaing dalam Corporate Social Responsibility mereka kepada masyarakat serta sama-sama berusaha bersaing dalam menguasai pangsa pasar dengan menjadi sponsor olahraga (sepakbola).

  36. Dwi Aprianingsih C1C009006 Says:
    April 4th, 2011 at 9:49 am

    Pertanyaan :
    Dalam Diversifikasi Berkaitan, perusahaan dapat menciptakan nilai dari jangkauan ekonomisnya salah satunya dengan berbagi aktivitas atau keterkaitan operasional. Langkah-langkah apa yang dilakukan dalam keterkaitan operasional tersebut serta kelebihan apa yang didapat perusahaan jika hal ini?
    Jawaban :
    Langkah-langkah yang dilakukan perusahaan dalam berbagi aktivitas yaitu dengan berbagi sistem pengiriman persediaan yang sama dan kontrol kualitas (logistik masuk), untuk kegiatan operasi, dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang sama serta operasi pemeliharaan yang sama, sedangkan hal logistik keluar perusahaan dapat berbagi tenaga penjualan dan meja penjualan yang sama. Selain itu, dapat pula berbagi dalam hal pengembangan teknologi.
    Kelebihan dari berbagi aktivitas antara lain :D apat meningkatkan daya saing strategis dan menambah nilai laba, Meningkatnya nilai perusahaan, Turut meningkatkan kinerja dan laba perusahaan pasca akuisisi bagi para pemegang saham, Mengurangi resiko dari upaya diversifikasi.

  37. Dwi Aprianingsih C1C009006 Says:
    April 4th, 2011 at 9:51 am

    Pertanyaan :
    Dalam Diversifikasi Berkaitan, perusahaan dapat menciptakan nilai dari jangkauan ekonomisnya salah satunya dengan berbagi aktivitas atau keterkaitan operasional. Langkah-langkah apa yang dilakukan dalam keterkaitan operasional tersebut serta kelebihan apa yang didapat perusahaan jika hal ini?
    Jawaban :
    Langkah-langkah yang dilakukan perusahaan dalam berbagi aktivitas yaitu dengan berbagi sistem pengiriman persediaan yang sama dan kontrol kualitas (logistik masuk), untuk kegiatan operasi, dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang sama serta operasi pemeliharaan yang sama, sedangkan hal logistik keluar perusahaan dapat berbagi tenaga penjualan dan meja penjualan yang sama. Selain itu, dapat pula berbagi dalam hal pengembangan teknologi.
    Kelebihan dari berbagi aktivitas antara lain :
    Dapat meningkatkan daya saing strategis dan menambah nilai laba, Meningkatnya nilai perusahaan, Turut meningkatkan kinerja dan laba perusahaan pasca akuisisi bagi para pemegang saham, Mengurangi resiko dari upaya diversifikasi.

  38. RIKI NUGRAHA (C1C008130) Says:
    April 4th, 2011 at 10:01 am

    pertanyaan:
    untuk mengurangi resiko perusahaan secara keseluruhan maka diperlukan senergi antar unit bisnis. kapan sinergi tersebut terjadi pada perusahaan yang melakukan diversifikasi? apa manfaat dari sinergi tersebut?

    jawaban:
    Sinergi terjadi saat nilai yang diciptakan oleh unit bisnis bersama-sama melebihi nilai yang diciptakan unit usaha apabila bekerja secara independen. Misalnya, suatu perusahaan meningkatkan hubungan antara unit-unit usahanya, maka perusahaan tersebut meningkatkan kegagalan perusahaan karena sinergi menghasilkan profitabilitas gabungan antara unit-unit bisnis dan fleksibilitas tanggapan perusahaan menjadi terbatas. Dengan melakukan sinergi, perusahaan dapat mengambil keputusan yaitu: (1) Perusahaan mungkin mengurangi tingkat perubahan teknologi dengan beroprasi dalam lingkungan yang lebih pasti. Ini dapat membuat perusahaan menghindari resiko dan kemudian tidak tertarik pada memperluas lini produk baru yang memiliki potensi yang belum terbukti. (2) Perusahaan dapat membatasi tingkat berbagi aktivitas dan mengorbankan manfaat sinergi. Kedua keputusan ini akan mengarah pada diviersifikasi lebih lanjut. Yang pertama, akan mengarah kepada diversifikasi berhubungan ke dalam industri yang lebih memilliki kepastian. Sedangkan yang kedua, akan menghasilkan diversifikasi lebih lanjut tetapi tidak berhubungan.

  39. Liza Silviana C1C009011 Says:
    April 4th, 2011 at 10:04 am

    Pertanyaan:
    Perusahaan berusaha untuk menciptakan nilai dari jangkauan ekonomisnya melalui dua jenis dasar ekonomis operasional, yaitu berbagi aktivitas (keterkaitan operasional) dan pentransferan keahlian atau daya saing inti perusahaan (keterkaitan perusahaan). Jelaskan yang anda ketahui tentang pentransferan keahlian atau daya saing inti perusahaan serta berikan contohnya!

    Jawaban:
    Sumber daya nirwujud yang dimiliki oleh perusahaan merupakan determinan penting pada keunggulan kompetitifnya. Kompetensi inti level korporasi adalah seperangkat sumber daya dan kapabilitas yang kompleks yang mempunyai ‘link’ dengan berbagai bisnis terutama melalui manajerial dan teknologi, pengalaman dan keahlian. Dalam pentransferan keahlian, perusahaan mengalihkan kompetensi inti dari satu unit bisnis ke unit bisnis yang lainnya sehingga kompetensi tersebut dapat meningkatkan kinerja unit bisnis itu sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
    Sebagai contohnya adalah Honda. Honda telah mengembangkan dan mentransfer kompetensi dalam desain mesin dan manufacturing ke berbagai bisnisnya seperti dari mesin-mesin kecil dan sekarang, lebih besar untuk sejumlah tipe kendaraan, dari produk sepeda motor, mobil sampai ke produk truknya.

  40. Deby Dwi Anastya Putra C1C009007 Says:
    April 4th, 2011 at 10:21 am

    Pertanyaan :
    Apa alasan suatu perusahaan melakukan diversifikasi?

    Jawaban:
    Suatu perusahaan menerapkan strategi diversifikasi karena untuk meningkatkan daya saing strategis dari seluruh perusahaannya. Ketika strategi diversifikasi meningkatkan daya saing strategis, total nilai perusahaan meningkat. Nilai diciptakan melalui diversifikasi berkaitan atau tidak berkaitan ketika strategi tertentu memungkinkan unit-unit bisnis perusahaan untuk pendapatan atau menguangi biaya sembari menerapkan strategi tingkat bisnisnya. Alasan lain dari diversifikasi ini adalah untuk mendapatkan kekuatan pasar yang lebih besar dari para pesaingnya, untuk menetralkan kekuasaan para pesaingnya (misal menetralkan keunggulan perusahaan lain dengan membeli gerai yang serupa dengan yang dimiliki oleh para pesaingnya), untuk memperluas portofolio perusahaan guna mengurangi resiko ketenagakerjaan manajerial (misal jika salah satu bisnis gagal, eksekutif tingkat atas tetap bekerja dalam perusahaan diversifikasi tersebut).

  41. Nyimas Santi Aditya (C1C009010) Says:
    April 4th, 2011 at 11:11 am

    Pertanyaan:
    Ada beberapa pendekatan yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh kekuatan pasar, pendekatan persaingan multipoint dan strategi integrasi vertikal. Kapan suatu perusahaan menggunakan strategi integrasi vertikal dan berikan contohnya?
    Jawab:
    Suatu perusahaan menggunakan strategi integrasi vertikal ketika perusahaan itu memproduksi inputnya sendiri (integrasi ke belakang)atau memiliki sumber daya distribusi outputnya sendiri (integrasi ke depan). Dan untuk memiliki integrasi vertikal sebagian dimana sejumlah input dan sejumlah output dijual oleh unit perusahaan, sedangkan lainnya diproduksi atau dijual oleh perusahaan diluar. Contoh: McDonalds membuka restoran pertamanya di Moskow, dan untuk melindungi kualitas produk McDonalds menerapkan integrasi vertikal ke belakang yaitu sumber inputnya. Dengan strategi ini memungkinkan perusahaan untuk menyiapkan produknya dengan cara yang sama dengan di lokasi-lokasi lainnya diseluruh dunia. Karena dengan kepemilikan sumber input dan output dapat melindungi teknologi utama McDonalds dari perembesan informasi kepada pesain glainnya melalui sumber pembeli dan pemasok sehingga integrasi vertikal merupakan cara unuk melindungi teknologi utama dari peniruan.

  42. Kusuma Tri Prabaswari C1C009026 Says:
    April 4th, 2011 at 11:27 am

    Pertanyaan :

    Apakah yang dimaksud dengan jangkauan ekonomis?Jelaskan!

    Jawab :

    Jangkauan ekonomis adalah penghematan biaya yang berkaitan dengan pentransferan kapabilitas dan kompetensi yang dikembangkan dalam satu bisnis ke sebuah bisnis baru.
    Perusahaan berusaha untuk menciptakan nilai dari jangkauan ekonomisnya melalui dua jenis dasar ekonomis operasional : berbagi aktivitas (keterkaitan perusahaan). Perbedaan di antara berbagi aktivitas dan transfer kompetensi didasarkan pada bagaimana sumber daya terpisah digunakan secara bersam-sama untuk menciptakan jangkauan ekonomis. Sumber daya berwujud, seperti pabrik dan peralatan atau aktiva fisik unit bisnis lainnya, seringkali harus digunakan bersama-samam untuk menciptakan jangkauan ekonomis.

  43. HADI DWI SUJIANTO (C1C007042) Says:
    April 4th, 2011 at 11:28 am

    PERTANYAAN :
    Mutual forbearance adalah suatu hubungan antara 2 atau lebih perusahaan di mana persaingan yang berlebihan akan mengarah pada situasi dimana seluruh perusahaan dalam pasar tersebut menyadari bahwa persaingan semacam itu adalah negatif dan, tanpa persetujuan formal, membatalkan tindakan dan tanggapan bersaing yang bersifat menghancurkan diri sendiri.

    kapan biasanya hal tersebut dapat terjadi?
    Hal tersebut dapat terjadi saat dua atau lebih perusahaan bersaing dalam bidang produk dan pasar geografis yang sama bersaing secara langsung dalam masing-masing pasar dan hal tersebut tidak akan menciptakan keuntungan potensial, maka perusahaan menghindarinya dan itulah saat terjadinya mutual forbearance

  44. GITA INTAN N. C1C009012 Says:
    April 4th, 2011 at 11:46 am

    Sekarang ini banyak perusahaan yang melakukan diversifikasi dalam bisnis mereka. Jelaskan alasan-alasan perusahaan melakukan diversifikasi! Berikan contoh!

    Jawaban:

    Kebanyakan perusahaan menerapkan strategi diversifikasi untuk meningkatkan daya saing strategis dari seluruh perusahaannya. Ketika strategi diversifikasi meningkatkan daya saing strategis, total nilai perusahaan akan meningkat. Nilai diciptakan melalui diversifikasi berkaitan atau tidak berkaitan utnuk meningkatkan pendapatan atau mengurangi biaya. Alasan lain untuk diversifikasi adalah untuk mendapatkan kekuatan pasar yang lebih besar dari para pesaingnya. Kekuatan pasar terjadi ketika perusahaan mampu menjual produknya di atas tingkat persiangan. Pendekatan yang digunakan untuk mencipatakan nilai adalah dengan strategi integrasi vertikal.
    Contohnya Disney menerapkan diversifikasi dengan berusaha meningkatkan sumber daya dan kapabilitasnya untuk mendirikan bisnis on-line. Portal utamanya go.com yang merupakan situs hiburan serta ABC.com yang berkaitan jaringan olahraga TV kabel yang dimilki oleh Disney. Disney menggunakan diversifikasi internetnya untuk membangun kekuatan yang telah ada dalam produk-produk hiburannya.

  45. CICIH NURHAETI ( C1C009013 ) Says:
    April 4th, 2011 at 12:20 pm

    Pertanyaan :
    Pada materi diversifikasi fokus ini banyak perusahaan yang merampingkan usahanya yaitu dengan melepas bidang usaha yang tidak begitu material dan fokus pada bidang yang memberikan laba di atas rata-rata. Bukankah apabila suatu perusahaan melebarkan sayapnya ke berbagai bidang justru hal itu dapat meningkatkan laba dan lagi apabila suatu bidang mengalami kerugian dapat ditutup oleh keuntungan dari bidang yang lain. Sebagai contoh di Brebes ada Dedy Jaya yang bergerak pada beberapa bidang. Bapak Muhadi yang hanya lulusan SMA berhasil menjadi orang nomor satu di sana. Awalnya, Dedy Jaya hanya bergerak pada bidang transportasi kemudian supermarket, hotel, rumah sakit, dan saat ini sedang dibangun universitas Dedy Jaya yang bernama Universitas Muhadi Setiabudi (UMS) di Brebes dan saya rasa pendapatan Dedy Jaya jauh lebih baik daripada saat fokus hanya pada bidang transportasi.
    Mengapa perusahaan-perusahaan lain justru lebih memilih untuk fokus pada satu bidang?

    Jawaban :
    Menurut pendapat saya dengan semakin ketatnya persaingan global maka keunggulan kompetitif harus selalu ditonjolkan agar dapat bertahan. Apabila perusahaan itu menangani banyak bidang tentu perhatiannya pun tidak sama ketika perusahaan hanya fokus pada satu bidang. Terlepas dari atribut melebarkan sayap dapat meningkatkan laba, faktanya banyak perusahaan besar yang menangani banyak bidang malah hancur gara-gara sistem manajemen yang tidak terkontrol. Sehingga apabila hanya fokus pada satu bidang maka diharapkan daya saing positifnya pun akan semakin baik. Mereka hanya akan fokus pada pesaing-pesaingnya, pemakaian bahan baku dan tenaga kerja yang terbaik, dan selalu melahirkan inovasi-inovasi baru agar dapat memberikan layanan terbaik pula.

  46. MARIA IMACULATA DEBBY PDS Says:
    April 4th, 2011 at 12:30 pm

    MARIA IMACULATA DEBBY PDS (C1C009032)
    Pertanyaan:
    Jelaskan terjadinya integrasi vertikal dan sebutkan tindakan-tindakan apa saja yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memperkuat posisi bisnisnya dalam mengejar integrasi tersebut!

    Jawaban:
    Integrasi vertical terjadi ketika sebuah perusahaan memproduksi sendiri inputnya (integrasi ke belakang) atau memiliki sendiri jaringan distribusi outputnya.

    Sebuah perusahaan yang mengejar integrasi vertikal biasanya digerakkan oleh motivasi untuk memperkuat posisi bisnis intinya dengan mendapatkan kekuatan pasar dari para pesaingnya. Tindakan-tindakan yang dilakukan perusahaan tersebut misalnya melalui penghematan biaya operasi, menghindari biaya pasar, control yang lebih baik untuk membangun kualitas, dan, mungkin teknologi proteksi. Hal ini juga terjadi ketika perusahaan memiliki ikatan yang kuat antara aktiva mereka dimana tidak ada harga pasar. Membangun harga pasar akan menghasilkan biaya pencarian dan transaksi yang tinggi, sehingga perusahaan berusaha untuk mengintegrasikan secara vertical, dan tidak menjadi bisnis-bisnis yang terpisah.

  47. Anna Widya Darajati C1C009021 Says:
    April 4th, 2011 at 12:58 pm

    Apakah yang dimaksud strategi tingkat-perusahaan? Mengapa strategi ini penting bagi sebuah perusahaan?

    Jawab:
    Strategi tingkat-perusahaan adalah tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif melalui pemilihan dan pengelolaan bauran bisnis yang bersaing di beberapaindustri atau pasar-pasar produk.
    pendekatan utama terhadap strategi tingkat-perusahaan adalah diversifikasi, yang mengharuskan para eksekutif tingkat perusahaan untuk merangkaistrategi multi bisnis. Salah satu alasan untuk penggunaan strategi diversifikasi adalah bahwa para manajer dari perusahaan diversifikasi memiliki keahlian manajemen umum yang unik, yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi multi bisnis dan meningkatkan daya saing strategis.

  48. Lina Muji Astuti C1C009029 Says:
    April 4th, 2011 at 1:05 pm

    Pertanyaan:
    Bagaimana menambah nilai dengan diversifikasi?

    Jawaban:
    1. Dengan mengembangkan economies of scope (jangkauan ekonomi) antar unit bisnis dalam perusahaan yang bisa menghasilkan keuntungan sinergis. Perusahaan berusaha untuk menciptakan nilai dari jangkauan ekonomisnya melalui dua jenis dasar ekonomis operasional yaitu berbagi aktivitas (keterkaitan operasional) dan pentransferan keahlian atau daya saing inti perusahaan (keterkaitan perusahaan).
    2. Dengan mengembangkan market power (kekuatan pasar) yang menyebabkan penghasilan yang lebih besar. Kekuatan pasar terjadi ketika sebuah perusahaan mampu menjual produk-produknya di atas tingkat persaingan yang ada atau mengurangi biaya aktivitas primer dan pendukungnya di bawah tingkat kompetitif atau keduanya.

  49. SOFYANA NURRANTI (C1C008090) Says:
    April 4th, 2011 at 1:24 pm

    Pertanyaan :
    Bagaimana perusahaan yang memilki tingkat diversifikasi rendah akan tetap bertahan dan mengungguli pangsa pasar melebihi pesaing-pesaingnya?

    Jawaban :
    Suatu perusahaan yang menerapkan diversifikasi tingkat rendah memfokuskan usahanya pada bisnis tunggal dan dominan atau sering melakukan integrasi vertikal. Semakin rendah tingkat diversifikasinya maka semakin kuat pula tingkat dominansi di pasar. Perusahaan yang memilih untuk diversifikasi rendah dan atau tidak mendiversifikasikan usahanya sama sekali akan mempunyai strategi bersaing yang lain dan cenderung lebih kuat dalam hal dominansi pangsa pasar sejenis.
    Strategi yang dilakukan adalah berusaha meningkatkan potensi dari satu jenis usaha dan terus melakukan intensifikasi terhadap usaha tersebut serta memutuskan untuk tidak melakukan diversifikai usaha. Dengan membuat suatu keputusan untuk tidak melakukan diversifikasi usaha sama sekali, maka perusahaan tersebut sudah memangkas beberapa biaya yang sangat signifikan jumlahnya untuk mengalokasikan assets-nya terhadap jenis usaha itu.
    Dalam hal lain, perusahaan yang tidak melakukan diversifikasi usaha, pasti akan berhadapan dengan pesaing. Disaat pesaing mulai mencanangkan suatu tindakan strategis maupun taktis, perusahaan menanggapi tindakan pesaing tersebut secara cepat, salah satu caranya dengan memproduksi barang yang lebih atau minimal sama kualitasnya dengan produk yang dihasilkan pesaing. Karena perusahaan yang sudah unggul tersebut, maka dia akan memenangkan persaingan karena sudah memiliki pangsa pasar yang lebih banyak terlebih dahulu daripada kompetitornya. Sehingga, secara tidak langsung kompetitor akan semakin kehilangan peluang dalam melaksanakan tindakan bersaingnya tersebut.
    Perusahaan yang memilki tingkat diversifikasi usaha yang rendah memilki anggapan bahwa dengan kecenderungan diversifikasi usaha belum tentu akan meningkatkan daya saing dan keuntungan. Oleh karena itu, dengan menghindari diversifikasi yang mahal, fokus kuat dan berkesinambungan pada bisnis utama perusahaan, memungkinkan eksekutifnya mempertahankan pengendalian strategi bisnis tersebut. Anggota perusahaan tidak memikirkan risiko pekerjaan dan kenyataannya, berkeinginan mempertahankan pengendalian strategis. Hasilnya adalah fokus strategis yang jelas dan perusahaan sangat bersaing dalam pasar utamanya.

  50. Wulandari Ajeng Savitri ( C1C009019 ) Says:
    April 4th, 2011 at 1:29 pm

    Pertanyaan :

    Apa yang dimaksud dengan strategi tingkat perusahaan dan Sebutkan alasan utama dalam meningkatkan diversifikasi ?

    Jawaban :

    Strategi tingkat perusahaan adalah Tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif melalui pemeliharaan dan pengelolaan bauran bisnis yang bersaing di beberapa industri atau pasar-pasar produk. Pendekatan utama terhadap strategi ini adalah diversifikasi untuk merangkai strategi multi bisnis. Diversifikasi berkaitan dengan menciptakan nilai dengan berbagai aktivitas atau menstransfer kompetensi inti.

    Alasan utama meningkatkan diversifikasi :
    1. Motif untuk meningkatkan daya saing strategis dari seluruh perusahaannya. Alasan ini dapatdikelompokkan menjadi dua bagian besar yaitu :
    (1) diversifikasi yang berkaitan, dapat berupa ruang lingkup ekonomi (Berbagi aktivitasdan Mentransfer kompetensi inti) dan kekuatan pasarar (menutup jalan pesaing melaluipersaingan multipoin dan integrasi vertikal.
    (2) diversifikasi yang tidak berkaitan, dapat berupa mengefisienkan alokasi modal internaldan Restrukturisasi bisnis.

    2. Insentif dan sumber daya dengan dampak netral terhadap daya saing strategis, yang berupa:
    a. Undang-undang antitrust
    b. Hukum Pajak
    c. Ketidakpastian Arus kas masa depan
    d. Pengurangan risiko bagi perusahaan
    e. Sumber daya berwujud
    f. Sumber daya tidak berwujud

    3. Motif manajerial (Pengurangan nilai), yang dapat berupa:
    a. Mendiversifikasi risiko ketenagakerjaan manajerial
    b. Meningkatkan kompensasi manajerial

    Alasan lainnya adalah sebagai berikut :
    - Penciptaan nilai melalui jangkauan ekonomi
    - Penghematan ekonomi

  51. Finda Rahmayanti C1C009005 Says:
    April 4th, 2011 at 1:32 pm

    Pertanyaan:
    Apa perbedaan strategi tingkat bisnis (bussiness-level strategy) dan strategi tingkat korporat (corporate-level strategy)?

    Jawaban:
    Bussiness level strategy (strategi tingkat bisnis) merupakan strategi yang dilakukan perusahaan untuk melawan kompetitornya hanya di tingkat bisnis yang sama. Contoh : Bank Syariah Mandiri melawan Bank BNI Syariah. Strategi-strategi yang dilakukan bertujuan “bagaimana menciptakan keunggulan kompetitif di masing-masing tingkat bisnis dimana perusahaan berkompetisi.
    Sedangkan Corporate-Level Strategy merupakan strategi yang lebih luas dari perusahaan yang bertujuan “bagaimana menciptakan nilai(value) bagi perusahaan secara keseluruhan”.

  52. BETHA TRI WULANDARI (C1C008109) Says:
    April 4th, 2011 at 1:41 pm

    Jelaskan motif manajerial untuk menerapkan strategi diversifikasi sebagai strategi tingkat perusahaan !

    Jawaban:

    Motif manajerial untuk diversifikasi dapat muncul tanpa ada hubungan dengan insentif dan sumber daya. Motif-motif ini meliputi pengurangan resiko manajerial dan suatu keinginan untuk peningkatan kompensasi. Misalnya diversifikasi dapat mengurangi resiko pekerjaan para manajer puncak (resiko kehilangan pekerjaan atau pengurangan gaji). Oleh karena itu eksekutif akan mendiversifikasikan suatu perusahaan untuk mendiversifikasikan resiko pekerjaan, sepanjang profitabilitas tidak dikorbankan terlalu besar. Diversifikasi juga memberikan benefit tambahan pada manajer yang tidak dinikmati pemegang saham, diversifikasi dan skala perusahaan berkorelasi sangat tinggi. Perusahaan yang lebih besar akan lebih kompleks dan lebih sulit ditangani sehingga manajer perusahaan yang lebih besar akan mendapat kompensasi yang lebih tinggi. Diversifikasi menghasilkan cara untuk meningkatkan kompensasi sehingga dapat dianggap sebagai motif untuk meningkatkan diversifikasi. Mekanisme kepemimpinan, seperti dewan direksi, monitor kepemilikan, kompensasi eksekutif, dan pasar untuk pengendalian perusahaan dapat membatasi kecenderungan manajerial untuk melakukan diversifikasi berlebihan.

  53. NUNING PRATIWI C1C008097 Says:
    April 4th, 2011 at 2:51 pm

    Dari mana diversifikasi-berhubungan dapat di peroleh?

    Jawaban
    Perusahaan yang memilih diversifikasi berhubungan sebagai strategi tingkat perusahaan biasanya mendayagunakan lingkup ekonomis antar unit bisnis. Beberapa perusahaan yang terdiversivikasi berhubungan menggunakan kompetensi mereka untuk berusaha mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan di pasar yang baru bagi mereka. Diversifikasi-berhubungan dapat diperoleh dari:
    1. Berbagai aktivitas
    Dalam hal berbagi aktivitas, perusahaan bisa memilih menggunakan mesin atau alat produksi yang sama untuk output produk yang berbeda.selain itu bisnis ini cenderung berbagi jaringan penjualan karena mereka sama-sama menghasilkan produk konsumen. Berbagi aktivitas dapat mengurangi biaya melalui lingkup ekonomis. Namun pengurangan tersebut harus melebihi seluruh biaya yang ditimbulkan dari proses berbagi tersebut.
    2. Transfer kompetensi inti
    Perusahaan yang bersaing secara strategis, mengembangkan sumber daya yang tidak berwujud, seperti teknik produksi yang menjadi dasar kemampuan yang bernilai saing dan kompetensi inti. Contoh kompetensi inti yang dapat dikembangkan adalah keahlian pemasaran. Transfer kopetensi yang didasarkan pada sumberdaya yang tidak berwujud dari unit bisnis asalnya ke unit lain dalam mengurangi biaya dan meningkatkan daya saing strategis perusahaan dan secara keseluruhan.`

  54. Intan Elita Imaniar (C1C008123) Says:
    April 4th, 2011 at 3:02 pm

    Pertanyaan :
    Bagaimana Sharing aktivitas diterapkan di suatu perusahaan? dan berikan contohnya!

    Jawaban :
    Perusahaan dapat menciptakan operational relatedness dengan melakukan sharing aktivitas primer (termasuk delivery inventory system) atau aktivitas pendukung (termasuk pembelian). Sharing aktivitas ini dalam banyak hal dapat menciptakan nilai yang dapat memperkuat keunggulan daya saing perusahaan. Dengan melakukan sharing diantara unit bisnis yang ada maka perusahaan dapat meningkatkan daya saing stratejiknya dan meningkatkan keuntungan finansialnya. Sharing aktivitas ini memerlukan sharing stragic control terhadap semua unit bisnis yang ada. Hal ini memerlukan perhatian karena bisa jadi dalam sharing aktivitas tersebut ada satu unit bisnis memperoleh keuntungan yang lebih besar dibanding unit bisnis lainnya. Keadaan ini dapat menimbulkan konflik diantara manajer bisnis yang terkait.Sharing aktivitas juga mengandung risiko yang perlu dicermati karena keterkaitan diantara unit bisnis menciptakan link dengan outcome. Sebagai contoh kalau permintaan terhadap satu produk dari salah satu unit bisnis terus menurun maka revenue yang dihasilkannya bisa jadi tidak dapat menutup biaya tetap dari operasi pabrik yang digunakan secara bersama sama.

  55. Imanniar Septi Y C1C008049 Says:
    April 4th, 2011 at 3:08 pm

    Pertanyaan:
    Apakah yang disebut dengan integrasi vertical (vertical integration)? Apa motivasi perusahaan menerapkan konsep tersebut, dan sebutkan beberapa contoh tindakan integrasi vertical!

    Jawaban:
    Yang disebut dengan integrasi vertical (vertical integration) adalah suatu kondisi di mana pada saat tersebut perusahaan memproduksi inputnya sendiri (integrasi ke belakang) atau memiliki sumber daya distribusi outputnya sendiri (integrasi ke depan).
    Perusahaan umumnya menerapkan konsep integrasi vertical untuk menguatkan posisinya dalam bisnis utama dengan memperoleh kekuatan pasar. Tindakan yang mungkin dilakukan adalah dengn penghematan biaya operasi, menghindari biaya pemasaran, pengendalian lebih atas kualitas, dan mungkin proteksi atas teknologi

  56. Nurul Fatmawati (C1C008110) Says:
    April 4th, 2011 at 3:08 pm

    PERTANYAAN :
    Diversifikasi menambah nilai dengan efektif melalui dua mekanisme,sebut dan jelaskan!

    JAWABAN :
    1. Dengan mengembangkan economies of scope antar unit bisnis dalam perusahaan yang bisa menghasilkan keuntungan sinergis.
    Economies of scope (lingkup ekonomis) adalah penghematan biaya sehubungan dengan transfer kemampuan dan kompetensi yang dikembangkan dalam satu bisnis tanpa banyak biaya tambahan.
    Ada dua jenis utama ekonomis operasional yang digunakan perusahaan untuk mencitakan nilai dari lingkup ekonomis yaitu berbagi aktifitas dan transfer kompetensi inti.
    2.Dengan mengembangkan market power yang menyebabkan penghasilan yang lebih besar.
    Market power terjadi saat suatu perusahaan mampu untuk menjual produknya diatas tingkat bersaing saat ini atau menurunkan biaya aktifitas utamanya dibawah tingkat bersaing, atau keduanya. Suatu pendekatan untuk memperoleh kekuatan pasar melalui diversikasi adalah persaingan multipoint.

  57. rully novianto ( CIE007038) Says:
    April 4th, 2011 at 3:28 pm

    pertanyaan : sebutkan dan jelaskan tingkatan bisnis level strategi coorporate?
    jawaban: Tingkat Diversifikasi: Rendah
    Single Bisnis:
    Lebih dari 95% pendapatan berasal dari satu usaha.
    Dominan Bisnis
    Antara 70% dan 95% dari pendapatan berasal dari satu usaha.
    Tingkat Diversifikasi: Moderat sampai Tinggi
    Related Constrained
    Kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis tunggal dan semua bisnis berbagi produk, teknologi dan hubungan distribusi.
    Related Linked (mixed related and unrelated)
    Kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis dominan, dan ada hanya terbatas hubungan antara bisnis.
    Tingkat Diversifikasi: Tingkat Sangat Tinggi
    Unrelated Diversification
    Kurang dari 70% pendapatan berasal dari bisnis dominan, dan tidak ada link umum antara perusahaan.

  58. abi prabata (C1B006089) Says:
    April 4th, 2011 at 3:32 pm

    pertanyaan
    sebutkan keuntungan dan kerugian integrasi vertikal

    jawaban
    KEUNTUNGAN
    1. ekonomi integrasi mengurangi biaya dengan menghilangkan langkah, biaya overhead yang terduplikasi dan memotong biaya.

    2. koordinasi kegiatan yang lebih baik mengurangi persediaan dan biaya lain.

    3. menghindari tugas-tugas yang menekan waktu seperti komunikasi rincian rancanganm atau perjanjian negoisasi.

    KERUGIAN.
    1. kebutuhan akan biaya tambahan untuk mengkoordinasi integrasi vertikal akan menaikkan biaya.

    2. beban kapasitas berlebihan dari pabrik-pabrik berskala efisien minimum yang tidak seimbang.

    3. perusahaan terintegrasi vertikal yang diorganisasi dengan buruk tidak mendapatkan sinergi yang mengganti biaya tinggi

  59. Mochamad Fahrulrozy (C1C008118) Says:
    April 4th, 2011 at 3:38 pm

    pertanyaan : jelaskan peran manajer dalam Insentif Eksternal untuk Diversifikasi!

    jawab:
    Istilah insentif menunjukkan bahwa para manajer memiliki beberapa pilihan apakah
    akan mengejar insentif atau tidak. Insentif eksternal bagi perusahaan antara lain
    Undang-undang Anti-trust (anti penggabungan perusahaan yang bertujuan untuk
    monopoli) dan hukum pajak. Aturan antitrust th 1960 & 1970-an menghalangi merger
    yang menyebab-kan kekuatan pasar meningkat (integrasi vertikal atau horisontal).
    Merger pada tahun 1960 dan 1970-an cenderung tidak berkaitan dan dikedurkannya
    antitrust mendorong menghasilkan lebih banyak dan lebih luas merger horisontal.
    Adanya Undang-undang Pajak menunjukkan bahwa tingkat pajak dividen yang tinggi
    mengakibatkan corporate bergeser dari dividen ke membeli dan membangun company
    dalam industri yang berkinerja tinggi. Pada tahun 1986 Undang-undang Pajak yang
    diberlakukan mengakibatkan penurunan tingkat pajak pendapatan individu dari 50% ke
    20%, memperlakukan keuntungan modal sebagai pendapatan utama, dan akan
    menimbulkan insentif pemegang saham memilih dividen dari pada mengakuisisi
    investasi.

  60. Siska Seftiani C1C008029 Says:
    April 4th, 2011 at 3:54 pm

    Siska Seftiani
    C1C008029

    SOAL
    Apa yang dimaksud dengan kompetensi inti? Berikan contohnya?
    JAWABAN
    Kompetensi inti adalah kemampuan yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai kinerja yang lebih tinggi dan menambah nilai signifikan bagi pelanggan. Oleh karena itu, pertumbuhan berbasis kompetensi dan diversifikasi mempunyai potensi untuk berhasil.
    Contoh : Kompetensi inti yang merupakan kunci Honda adalah kemampuannya untuk mendesain mesin-mesin kecil. Honda menggunakan kompetensi ini awalnya untuk memasuki bisnis sepeda motor. Sejak itu, Honda meningkatkan kompetensinya dalam teknologi mesin kecil di berbagai bisnis seperti mobil, pemotong rumput, mesin penyapu salju (snow blower), mobil salju (snowmobiles), dan perangkat-perangkat luar ruang. Salah-satu kompetensi inti Federal Express adalah pengetahuan logistiknya. Perusahaan ini menggunakan kompetensi tersebut untuk menciptakan bisnis pengiriman surat dalam waktu semalam, Sejak itu, perusahaan tersebut menggunakan kompetensi ini untuk memasuki bisnis di sector baru. Misalnya, FedEx mengelola semua logistiknya (termasuk persediaan internal) untuk Laura Ashley, sebuah perusahaan komestik terkemuka.

  61. DENIS DESRIANA Says:
    April 4th, 2011 at 3:57 pm

    DENIS DESRIANA C1C008111

    Pertanyaan :
    Apakah pendekatan strategi perusahaan yang paling sering dilakukan oleh perusahaa-perusahaan global saat ini?

    Jawaban :
    Secara garis besar ada dua model strategi perusahaan yaitu
    strategi yang menekankan pada posisi produk-pasar, dan
    strategi yang menekankan pada efisiensi sumber daya perusahaan.
    Dari dua model strategi tersebut, saat ini ada 4 (empat) pendekatan strategi perusahaan yang dilakukan oleh perusahaan di dunia. Empat pendekatan tersebut dibagi sebagai berikut:
    (1). Pendekatan pada kekuatan persaingan
    . Pendekatan ini berakar pada paradigma struktur-perilaku-kinerja (structure-conduct-performance) organisasi industri yang menekankan pada tindakan-tindakan yang dapat diambil oleh suatu perusahaan untuk menciptakan suatu posisi pertahanan melawan kekuatan-kekuatan persaingan

    (2). Pendekatan pada sebuah konflik strategi.
    Pendekatan ini menggunakan teori permainan (game theory), atau dengan kata lain pendekatan ini melihat bahwa keluaran dari suatu persaingan adalah fungsi dari keefektifan langkah-langkah strategis perusahaan dalam menjatuhkan pesaingnya melalui tindakan-tindakan yang bersifat strategis (investasi, penentuan harga, pemberian signal dalam persaingan, dan kontrol dari informasi)
    (3). Pendekatan berdasarkan sudut pandang sumber daya
    Pendekatan ini berakar pada kekuatan dan kelemahan perusahaan; dengan kata lain bahwa perusahaan membangun kelebihan kompetitifnya melalui efisiensi dan efektifitas.

    4). Pendekatan berdasarkan sudut pandang kapabilitas perusahaan yang dinamis .
    Pendekatan ini menekankan pada pengembangan kapabilitas manajemen perusahaan, dan kombinasi (yang-susah-untuk-ditiru-oleh-pesaing) dari kemampuan organisasi, fungsi dan teknologi.

  62. Putri Krisnasari C1C009036 Says:
    April 4th, 2011 at 7:40 pm

    SOAL:
    Mengapa strategi tingkat perusahaan lebih dipilih untuk mengejar bisnis tunggal atau dominan? Berilah alasannya!

    JAWABAN:
    Strategi tingkat perusahaan lebih dipilih untuk mengejar bisnis tunggal atau dominan karena strategi tersebut dibutuhkan untuk mencari strategi bisnis yang lebih terdiversifikasi.
    Kecuali jika perusahaan dapat mengembangkan jangkauan ekonomis atau penghematan keuangan di antara bisnis-bisnisnya, atau jika perusahaan itu bisa mendapatkan kekeuatan pasar melalui tambahan tingkat diversifikasi. Penghematan dan kekuatan pasar merupakan sumber utama dari penciptaan nilai ketika perusahaan itu melakukan diversifikasi.

  63. TITIK KURNIAGUSTI P. (C1C008065) Says:
    April 4th, 2011 at 7:42 pm

    PERTANYAAN :
    Ada 6 aspek dalam Strategi Korporat. Sebutkan keenam aspek tersebut beserta karakteristiknya masing masing !

    JAWABAN :
    1.EMERGENCY
    Kondisi Bisnis :
    -Perusahaan dalam keadaan kacau
    -Krisis keuangan / ada celah ekspektasi
    -Ancaman pengambil alihan/kehilangan posisi

    Ketrampilan dalam Perusahaan :
    -Pusat bermaksud menghentikan hubungan normal dengan bisnis dan intervensi
    -Pusat mampu menciptakan “fakta”
    -Pusat bisa sangat berkuasa dan “kasar”/main kuasa

    Karakter Strategi:
    -Perusahaan kacau
    -Intervensi oleh pusat
    -Sentralisasi sementara
    -Tindakan tegas secepatnya
    -Perubahan ke “style” yang lain, ditunda

    2.OLYMPIAN
    Kondisi Bisnis :
    -Lingkungan Pasar dan persaingan yang stabil
    -Pasar yang atraktif
    -Faktor sukses kunci mirip pada semua bisnis
    -Internasionalisasi bukan isu faktor utama

    Ketrampilan Perusahaan :
    -Pusat tidak dihargai oleh Unit Bisnisnya
    -Biaya untuk Pusat melampaui manfaatnya
    -Manajemen Operasional baik

    Karakter Strategi:
    -Hands off, minimalist
    -Bisnis mandiri dalam kondisi baik
    -Pusat diam, sangat membatasi diri
    -Fungsi utamanya mencari CEO

    3.ACQUISITION-DRIVEN
    Kondisi Bisnis :
    -Industri dalam kondisi sangat menguntungkan
    -Sasaran tercapai melalui kinerja yang bagus

    Ketrampilan dalam perusahaan :
    -Rekor EPS, bagus
    -Price Earning Ratio rendah
    -CEO dan Financial Depart berpengalaman dalam pengambil-alihan
    -Sistem dan pengendalian keuangan sempurna
    -In-house corporat finance team
    -Manajemen operasional bagus, mampu mengelola perusahaan yang lebih besar

    Karakter Strategi:
    -Good Dealers
    -Mencari perusahaandgn.PE rasio rendah
    -Meningkatkan kinerjanya

    4.MARKET EXPANSION
    Kondisi Bisnis :
    -Kondisi baik untuk berbisnis
    -Bisnis global dengan 2 atau 3 pesaing
    -Ketersediaan uang kas untuk ekspansi cukup banyak

    Ketrampilan dalam perusahaan
    -Budaya ekspansi yang kuat
    -Tidak didominasi permainan politik
    -Manajemen Puncak berobsesi untuk menjadi pemimpin pasar
    -Perusahaan lebih peka pada situasi pasar daripada pertimbangan-pertimbangan finansial
    -Pertimbangan jangka panjang jadi dasar keputusan

    Karakter Strategi:
    -Komitmen menjadi pemimpin pasar untuk (hampir) semua bisnisnya
    -Me”manage” pesaing
    -Menghilangkan bisnis yang tidak menguntungkan
    -Ekspansi organik secara luas ke segmen yang berdekatan

    5.COMPETENCY BASED
    Kondisi Bisnis :
    -Budaya dan Kompetensi lebih utama daripada Strategi Mikro menjelaskan kinerja pesaing…
    -…dan perbaikan jangka pendek, menengah dalam kerangka kinerja keuangan

    Ketrampilan dalam perusahaan :
    -Board of Directors dan Manajemen puncak yang kompak
    -CEO yang memiliki visi yang jelas
    -Head Office yang sangat dihormati
    -Kesadaran saling ketergantungan dan etika kerjasama
    -Perubahan program akan membawa konsekuensi kerja bertahun-tahun.

    Karakter Strategi:
    -Eksekusi lebih penting daripada strategi
    -Perubahan budaya dari“fine tuning” hinggaTransformasi
    -Fokus pada memperku-at beberapa unsur kompetensi ke seluruh perusahaan

    6.PERFORMANCE CONTROL
    Kondisi Bisnis :
    -Pasar dapat diprediksi
    -Lingkungan persaingan yang stabil

    Ketrampilan dalam perusahaan :
    -EPS diatas rata-rata
    -Budaya perbaikan keuntungan secara kontinyu
    -Pusat sangat dihargai dan selalu menambah wawasan
    -Pengendalian finansial secara keseluruhan bagus.

    Karakter Strategi:
    -Manajemen berdasarkan angka-angka
    -Keuangan disentralisasi,lainnya didesentralisasi
    -Kepercayaan pada Profit
    -Individual
    -Pengawasan keuanganbulanan
    -Pusat meningkatkan “value” melalui tantangan dan menambah wawasan

  64. Diana Kusuma Dewi C1C008018 Says:
    April 4th, 2011 at 7:49 pm

    Pertanyaan :

    1. Apa yang dimaksud dengan strategi tingkat korporat?2. Integrasi vertikal terdiri dari integrasi hulu dan integrasi hilir,jelaskan maksud dari masing-masing integrasi tersebut !

    jawaban :

    1.Menentukan arah kebijakan peusahaan secara keseluruhan tentang orientasi umum terhadap pertumbuhan dan manajemen bisnis dan lini produk untuk mencapai keseimbangan portofolio produk dan jasa.
    2. *integrasi hulu : perusahaan melakukan perluasan usaha pada bidang yang sebelumnya menjadibidang garap pemasok.
    *integrasi hilir : perusahaan melakukan perluasan usaha pada bidang yang sebelumnya menjadibidang garap konsumen.

  65. KIRANA DWI ANGGRAENI C1C008121 Says:
    April 4th, 2011 at 7:52 pm

    pertanyaan :

    apa pengertian dari strategi tingkat perusahaan corporate level strategy) dan pendekatan apa yang dikutan oleh strategi tingkat perusahaan?

    jawaban

    1. strategi tingkat perusahaan (corporate level strategy) adalah tindakan yang diambil untuk mendapatkan keunggulan bersaing melalui pemilihan dan penglolaan sejumlah bisnis / usaha yang bersaing dalam beberapa industri atau pasar produk lainnya. Membuat perusahaan secara keseluruhan lebih daripada penjumlahan unit-unit usahanya. Apabila dilakukan secara efektif maka bisa memberikan kontribusi pada profitabilitas.

    2. pendekatan untuk strategi tingkat perusahaan adalah dengan diversifikasi, dimana mengharuskan eksekutif perusahaan membuat suatu strategi multibisnis. perusahaan melakukan diversifikasi saat mereka memiliki kelebihan sumber daya, kemampuan dan kompetensi inti yang memiliki berbagai manfaat.

  66. MARSELINDA RISTIANA C1C009017 Says:
    April 4th, 2011 at 7:54 pm

    Apakah diversifikasi berkaitan itu? Dan sebutkan contoh nyata perusahaan yang menerapkan strategi tersebut?

    Jawab :
    Diversifikasi berkaitan adalah strategi yang dilakukan suatu perusahaan bertujuan untuk membangun atau memperluas sumber daya, kapasitas, dan kompetensi inti yang ada dalam usahanya mencapai daya saing strategis. Jangkauan Ekonomis adalah penghematan biaya yang berkaitan dengan pentransferan kapabilitas dan kompetensi suatu bisnis ke bisnis yang baru. Menciptakan nilai dari jangkauan ekonomi melalui, keterkaitan operasional (berbagi aktivitas) dan keterkaitan perusahaan (transfer skill atau kompetensi inti perusahaan). Perbedaan berbagi aktivitas dan transfer skill didasarkan pada bagaimana sumber daya digunakan bersama-sama untuk menciptakan jangkauan ekonomi.

    Contoh Perusahaan yang melakukan diversifikasi berkaitan.
    IBM
    IBM pada awalnya lebih dikenal sebagai market leader dalam hardware dan software di dunia. Keahlian IBM dalam mengelola bisnis kemudian dilihat sebagai suatu peluang untuk masuk ke dalam bisnis penyedia jasa teknologi maupun bisnis.
    Maka, sejak tahun 1991 IBM mendirikan IBM Global Services, yang merupakan penyedia jasa bisnis dan teknologi. IBM Global Services ini terdiri dari dua divisi utama yakni Global Business Services (GBS) dan Global Technology Services (GTS). Jika GBS merupakan layanan jasa konsultan manajemen, integrasi sistem hingga aplikasi manajemen, maka GTS merupakan penyedia jasa infrastruktur seperti outsourcing dan sebagainya. Intinya, untuk mengembangkan growth, pertimbangkan opsi untuk melakukan diversifikasi. Oleh karena itu, identifikasikan peluang yang hadir secara seksama, dan masuk ke dalam bisnis yang punya peluang paling bagus kemudian capai growth yang optimal.

  67. Ainunnisa Sekar Moktashari Says:
    April 4th, 2011 at 7:54 pm

    AINUNNISA SEKAR MOKTASHARI
    C1C008088

    Tantangan bagi manajer adalah untuk menemukan yang paling efektif dan efisien bentuk integrasi antara dua atau lebih unit bisnis yang terpisah.
    Jelaskan tiga kunci mekanisme integrasi!
    Jawab:
    • Sentralisasi. Bentuk yang paling langsung dari integrasi adalah untuk membawa sumberdaya dan kegiatan fisik bersama-sama ke dalam satu unit organisasi.
    • Koordinasi. Bukan hanya sumberdaya, kegiatan dan penawaran produk terpecah sepanjang garis unit bisnis, integrasi dapat dicapai dengan menentukan koordinasi yang dilakukan antar unit bisnis.
    • Standardisasi. Integrasi juga dapat direalisasikan dengan standardisasi sumber daya, kegiatan dan / atau karakteristik penawaran produk lintas unit usaha.

  68. Nanda Apriliani Pramestuti Says:
    April 4th, 2011 at 8:09 pm

    Nanda Apriliani Pramestuti

    C1C008074

    Pertanyaan:
    Ada beberapa alasan yang mendasari suatu perusahan melakukan diversifikasi dalam bidang usahanya. Berilah salah satu contoh perusahaan yang melakukan diversifikasi pada produknya agar menutup kemungkinan pesaing masuk ke dalam industrinya dan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan!

    Jawaban:
    Satu contoh perusahaan yg melakukan diversifikasi pada produknya adalah CUSSONS. Seperti kita ketahui bahwa awalnya cussons hanya menjual produk untuk keperluan kulit bayi saja, misalnya sabun mandi, shampo, baby oil, namun belakangan cussons juga memproduksi produk perawatan untuk kulit ibu yg sedang hamil maupun setelah melahirkan yg diberi nama Cussons First Years Mom, selain itu cussons juga memproduksi Cussons Bottle and Nipple Cleaner (yg tidak ada kaitannya dgn kulit bayi). Hal ini menunjukkan bahwa Cussons telah melakukan diversifikasi dalam produknya.

  69. AMIRUL TRISNA P Says:
    April 4th, 2011 at 8:23 pm

    AMIRUL TRISNA P
    C1C008103
    Jelaskan motivasi merger sebagai bentuk pendekatan keterkaitan operasional : berbagi aktivitas dan berikan contohnya?
    Merger biasanya dilakukan beberapa perusahaan untuk meningkatkan nilai dan daya saing untuk mencapai tingkat laba diatas rata-rata dengan berbagi fasilitas untk mencapai resources yang signifikan. Misalnya merger yang dilakukan oleh dua perusahaan sejenis yang menyadari bahwa tingkat persaingan dalam industrinya telah mengalami kemajuan pesat dan untuk itu merger diharapkan mampu menyediakan sumber daya yang lebih baik dalam melakukan riset dan pengembangan bisnis secara menyeluruh untuk meningkatkan kualitas strategi perusahaan. Hal lain juga dapat saja berbentuk motivasi untuk mendapatkan tingkat penguasaan teknologi yang tinggi, dibandingkaing n dengan berusaha untuk mendapatkan teknologi canggih secara independen yang lebih membutuhkan banyak resources dan waktu, dengan merger akan terjadi transfer dan sharing teknologi yang menjanjikan keberhasilan yang lebih besar dengan biaya yang lebih murah.
    Contoh merger dengan berbagi aktivitas adalah merger yang dilakukan oleh Trans TV ketika mengakuisisi TV 7 yang kemudian membentuk sebuah group pertelevisian yaitu Trans Corp. kedua perusahaan TV ini kemudian melakukan pembagian aktivitas yang positif ditandai dengan pembagian genre dalam tayangan-tayangan dari masing-masing stasiun TV tersebut dalam hal ini Trans7 diberi porsi lebih dalam genre sport sedangkan Trans TV intens dengan reality show dan tayangan box office.
    Dalam industry sejenis merger terjadi dengan berdirinya MNC Group. Dibanding Trans Corp, MNC memiliki sifat merger yang lebih kompleks karena sebagai perusahaan multi media MNC tidak hanya berkecimpung dalam bisnis televisi (RCTI, MNC, Global) namun juga pada segmen media yang lain seperti radio (Trijaya FM), web (okezone.com), juga media cetak seperti Seputar Indonesia, dsb.

  70. Andini Maulani Ibrahim Says:
    April 4th, 2011 at 8:26 pm

    Nama : Andini Maulani Ibrahim
    NIM : C1C008113

    Sebutkan alasan perusahaan melaakukan diversifikasi!

    1. Motif Peningkatan Nilai
    - Lingkup Ekonomis
    - Kekuatan Pasar
    - Keuangan yang Ekonomis

    2. Motif nilai-netral
    - Insentif Pajak
    - Regulasi anti-trust
    - Arus Kas Masa yang Akan Datang yang Tidak Menentu

    3. Motif Devaluasi
    - Diversifikasi Resiko Perusaahaan
    - Peningkatan Kompensasi Manajerial

  71. Adib Sulistyo Says:
    April 4th, 2011 at 8:37 pm

    Adib Sulistyo
    C1C008045

    Integrasi vertikal memungkinkan suatu perusahaan melindungi kualitas produk. Berikan contoh!

    JAWABAN:
    Pembukaan restoran pertama McDonald di Moskow merupakan contoh bagus. Untuk melindungi kualitas produk, McDonald menerapkan integrasi vertikal ke belakang yaitu ke sumber inputnya. Strategi ini memungkinkan perusahaan menyiapkan produknya dengan cara yang sama dengan lokasi-lokasi lainnya di seluruh dunia.

  72. Sandra Laela N.S.K Says:
    April 4th, 2011 at 8:43 pm

    Pertanyaan :
    Jelaskan pengertian dari diversifikasi dan apa tujuan perusahaan melakukan strategi diservikasi, sertakan contoh perusahaan.

    Jawaban :
    Diversifikasi adalah strategi perusahaan dalam menciptakan produk baru, baik yang terkait dengan intinya ataupun yang tidak terkait.

    Perusahaan melakukan diversifikasi produk dengan tujuan mengoptimalkan kinerja perusahaan, menunjukkan bagaimana perusahaan telah mengembangkan jajaran dan pencapaian produknya, meningkatkan pendapatan dan saham pasarnya,dan mengikuti misi perusahaan untuk memberikan hidup yang lebih baik bagi konsumen, dan juga menarik minat konsumen untuk membeli produk perusahaan.

    Contoh perusahaan yang melakukan diversifikasi produk:
    Seperti Perusahaan Unilever, Dia punya berbagai macam-macam produk yang ia keluarkan, contoh produknya, seperti Rinso, Sariwangi, Pepsodent, Sunlight, Molto, Taro Snack, dll. Perusahaan Unilever juga bersaing dengan perusahaan lainnya, contohnya bersaing dengan Perusahaan Wings, Orang Tua, Nestle, dll

  73. Ilham Fauzi C1C006057 Says:
    April 4th, 2011 at 9:17 pm

    Pertanyaan :

    Jelaskan 3 bentuk strategi diversifikasi yang terdiri dari strategi diversifikasi konsentris, horizontal, dan konglomerasi! dan jelaskan pedoman2 agar strategi2 diversifikasi tersebut efektif dan berhasil dilaksanakan!

    Jawaban :

    a.Strategi Diversifikasi Konsentris (Concentric Diversification Strategy)
    Dijalankan dengan menambah produk baru yang masih terkait dengan produk yang ada saat ini. Keterkaitan dalam hal: kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas bersama, ataupun jaringan pemasaran yang sama. Pedoman keberhasilan strategi diversifikasi konsentris adalah:
    -Bersaing dalam industri yang tidak atau rendah pertumbuhannya
    -Adanya produk baru yang terkait dengan produk yang ada saat ini dapat menaikkan penjualan produk yang ada
    -Produk baru ditawarkan pada harga yang kompetitif
    -Produk yang ada saat ini berada pada tahap penurunan dalam daur hidup produk
    -Memiliki tim manajemen yang kuat

    b.Strategi Diversifikasi Horizontal (Horizontal Diversification Strategy)
    Strategi diversifikasi horizontal adalah strategi menambah atau menciptakan produk baru yang tidak terkait dengan produk saat ini kepada pelanggan saat ini. Dasarnya adalah, bahwa perusahaan sudah sangat familiar dengan pelanggannya saat ini dan pelanggan saat ini sangat loyal dengan merk/brand perusahaan. Pedoman yang akan menjamin keberhasilan strategi diversifikasi horizontal adalah:
    -tambahan produk baru akan meningkatkan revenue secara signifikan
    -tingkat kompetisi yang tajam dalam industri yang tidak tumbuh, margin dan return rendah
    -Saluran distribusi yang ada saat ini dapat dimanfaatkan
    -Produk baru dapat mengkompensir pola penjualan yang siklikal

    c.Strategi Diversifikasi Konglomerasi (Conglomerate Diversification Strategy)
    Penambahan produk baru dan dipasarkan pada pasar baru yang tak terkait dengan yang ada saat ini. Ide dasar strategi ini terutama pertimbangan profit. Untuk menjamin strategi diversifikasi konglomerasi efektif, ada beberapa pedoman yang perlu diikuti, yakni:
    -Terjadi penurunan penjualan dan profit
    -Kemampuan manajerial dan modal untuk berkompetisi dalam industri baru
    -Tercipta sinergi financial antara perusahaan yang diakuisisi dengan yang mengakuisisi
    -Pasar bagi produk saat ini sudah jenuh
    -Ada peluang untuk membeli atau memperoleh bisnis baru yang tak terkait yang memiliki peluang investasi yang menarik

  74. Noor Matiin Yunita (C1C007006) Says:
    April 4th, 2011 at 9:27 pm

    NOOR MATIIN YUNITA
    C1C007006

    Tingkat diversifikasi meliputi beberapa tingkatan. Salah satunya Tingkat diversifikasi rendah. Bagaimanakah kategori bisnis yang diberlakuakan? Jelaskan dan beri contoh.

    Jawab :
    Suatu perusahaan yang menerapkan diversifikasi tingkat rendah memfokuskan usahanya pada bisnis tunggal atau dominan. Dimana perusahaan dikatakan sebagai usaha tunggal saat penerimaan yang diperoleh usaha tersebut lebih besar dari 95% dari total penjualan. sedangkan usaha doamain adalah perusahaan yang menghasilkan antara 70%-95% dari penjualan dalam satu kategori. contoh perusahaan diversifikasi rendah: Wm. Wrigley Jr. Co. merupakan perusahaan penjual produk permen karet, menghindari diversifikasi yang mahal, dan hanya fokus pada bisnis utama perusahaan yakni permen karet.

  75. Dwi Ayu Junianti Says:
    April 4th, 2011 at 9:36 pm

    Dwi Ayu Junianti (C1C007007)

    Pertanyaan:
    Jelaskan tiga faktor penting dalam strategi korporasi!

    Jawab:
    1. Berkaitan dengan penciptaan nilai (value creation) sebagai tujuan utama strategi korporasi.
    2. Berhubungan dengan konfigurasi berbagai sumber daya yang ada guna menunjang usaha (venture) pada berbagai lingkup bisnis.
    3. Terkait dengan bagaimana perusahaan mengkoordinasikan semua aktivitas bisnisnya dalam hirarki korporasi untuk mewujudkan penciptaan nilai.
    Tiga serangkai (value, konfigurasi, dan koordinasi) penting dipahami oleh eksekutif bisnis. Banyak eksekutif perusahaan induk justru merusak value yang sudah terbangun dan menjadi kekuatan unit bisnis. Ada empat cara di mana perusahaan induk dapat mempengaruhi kinerja perusahaan anak (subsidiaries) yang berdampak pada penghapusan atau penciptaan value: secara langsung dan berdiri sendiri (stand-alone), secara tidak langsung (linkage), melalui fungsi dan layanan yang berada di perusahaan induk, serta melalui aktivitas pengembangan korporasi.

  76. M Naufal ismail C1C008086 Says:
    April 4th, 2011 at 9:42 pm

    jelaskan 3 bentuk strategi diversifikasi beserta contohnya !

    1) Strategi difersifikasi konsentris

    Adalah strategi yang menjalankan dengan menambah produk baru yang masih terkait dengan produk yang ada saat ini baik keterkaitan dalam kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas bersama, ataupun jaringan pemasaran yang sama.

    titik beratnya adalah :
    a) bersaing dalam industri yang rendah pertumbuhannya
    b) produk baru ditawarkan pada harga yang kompettitif
    c) produk yang saat ini ada pada tahap penurunan
    dalam daur hidup produk
    d) adanya produk baru dapat menaikkan penjualan yang ada

    contoh :

    perusahaan suzuki dan honda selain memproduksi motor mereka memproduksi mobil.

    kelompok usaha Kompas Gramedia merambah ke bisnis penerbitan Elexmedia Computindo dan penyiaran (radio sonora dan trans 7)

    2) Strategi Diversifikasi Horizontal

    Strategi yang dijalankan dengan mengeluarkan produk baru yang tidak ada kaitannya dengan produk yang sudah ada, dan menggunakan brand yang kuat dan pada umumnya pelanggan sudah sangat loyal terhadap brand tersebut.

    contoh :

    PT Garuda Indonesia Airways memiliki jaringan hotel di Indonesia yaitu PT Aerowisata.

    3) Strategi Diversifikasi Konglomerasi

    Yaitu strategi yang memproduksi produk baru dan memasarkan kepada pasar baru. Inti dari diversifikasi ini adalah pertimbangan profit. ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan dalam strategi ini, yaitu :

    a) terjadi penurunan dan penjualan profit
    b) pasar sudah jenuh
    c) jika ada tindakan antitrust atas bisnis tunggal
    d) ada peluang untuk membeli atau memperoleh bisnis baru yang tak terkait yang memiliki peluang investasi menarik

    contoh :

    PT Bank Lippo tbk, sebagai Group Lippo memutuskan untuk bergerak disektor properti seperti Lippo Karawaci, Cikarang, dan Development

  77. Satria Bramanto Says:
    April 4th, 2011 at 10:03 pm

    Satria Bramanto / C1C008075

    Pertanyaan :
    Contohkan perusahaan yang melakukan diversifikasi, mengapa dilakukan?

    Jawab:
    Saya contohkan perusahaan AMD Corp, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang IT yang mendisain semikonduktor. Mulanya AMD hanya memproduksi chip processor utama saja, tahun demi tahun AMD Corp mengembangkan bisnisnya seperti ke bisnis RAM (random access memory) chip, chipset motherboard, dan setelah merger dengan ATi Technologies, AMD Corp mulai merambah ke industri prosesor grafis dan melakukan inovasi dengan mendisain APU (Accelerated Processing Unit) dimana kompetisi utama AMD Corp dan Ati Technologies digabung, yaitu prosesor komputasi dan grafis dalam satu chip yang cepat dan hemat daya. Alasan yang dipakai berbeda setiap melakukan diversifikasi, yang saya ambil adalah saat AMD Corp memutuskan untuk mengakuisisi ATi Technologies dalam bidang prosesor grafis, adalah untuk meningkatkan nilai atau dari daya saing perusahaan, dapat dilihat dari akuisisi tersebut karena bergerak dalam bidang semikonduktor, aktivitas dapat dibagi karena pabrik yang digunakan untuk memproduksi chip juga sama, transfer kompetisi inti dengan melahirkan inovasi baru (APU) dalam bersaing dengan pesaing utama (Intel) karena pada saat itu kedua belah pihak kesulitan dalam bersaing dengan market leader di bidang masing-masing.

  78. Riefky Nasrudin Says:
    April 5th, 2011 at 7:12 am

    Riefky Nasrudin K.
    C1C008099

    Pertanyaan :
    Sebutkan jurus -jurus yang diterapkan perusahaan dalam melayani kebutuhan pelanggan dan berikan contohmya!

    Jawaban :
    Dalam konteks ini terdapat tiga jurus strategi yang acapkali diaplikasikan oleh perusahaan-perusahaan kelas dunia. Jurus yang pertama adalah pilihan strategi yang berorientasi pada product leadership (keunggulan produk). Perusahaan pada kategori ini selalu berupaya menciptakan produk-produk dengan kualitas premium, dan selalu one step ahead dibanding produk kompetitor. Mereka tak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk bagian R & D-nya demi terciptanya produk yang ciamik. Intel yang terkenal dengan seri Pentium-nya mungkin contoh yang paling sempurna untuk kategori ini. Atau juga perusahaan-perusahaan adibusana seperti Louis Vuitton yang tenar dengan produk tas-nya. Dan tentu saja, kita mesti menunjuk BMW dan Ferarri, dua produsen otomotif yang selalu menciptakan produk-produk legendaris nan menawan.

    Jurus strategi yang kedua adalah pilihan yang berorientasi pada operational excellence (keunggulan operasional). Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama adalah membangun proses bisnis yang super efisien. Harapannya, dengan efisiensi proses ini, mereka mampu menekan ongkos produksi, dan ujung-ujungnya bakal mampu menjual produknya dengan harga yang lebih kompetitif. Dell, perusahaan komputer asal Texas itu, merupakan sampel yang layak disebut dalam kategori ini. Dengan model dan proses bisnis yang amat efisien, mereka mampu menciptakan produk-produk desktop dengan harga yang lebih komptetitif dibanding para pesaingnya, semacam IBM dan HP.

    Jurus yang terakhir adalah pilihan strategi yang mengacu pada customer intimacy (keintiman dengan pelanggan). Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama adalah membangun hubungan yang intim dengan para pelanggannya; dengan harapan akan tercipta relasi yang langgeng. Banyak perusahaan di bidang perhotelan dan juga penerbangan yang melakoni strategi ini demi membangun loyalitas para pelangggannya. Harley Davidson juga amat terkenal memiliki hubungan yang luar biasa intim dengan para pemakainya; sehingga mereka bisa membangun fanatisme yang amat intens dengan jutaan penggemarnya di seluruh jagat.

    Tentu saja, banyak perusahaan yang juga mengkombinasikan beragam jurus itu, dan tidak hanya berfokus pada satu jurus. Honda misalnya, selain dikenal memiliki produk-produk yang unggul, juga dikenal memiliki proses bisnis yang amat efisien. Demikian juga, Singapore Airline. Selain memiliki produk penerbangan yang ciamik, mereka juga memiliki keahlian dalam membangun hubungan yang intim dengan para pelanggannya.

    Demikianlah, tiga jurus strategi bisnis yang layak dikedepankan. Deretan jurus yang bila dipentaskan dengan presisi yang tinggi dijamin akan menghantarkan sang pemainnya dalam bahtera keunggulan.

  79. rasyid Says:
    May 10th, 2011 at 8:15 pm

    apakah beda antara strategi tingkat perusahaan dengan strategy corporation??

  80. cpanel reseller hosting Says:
    January 12th, 2012 at 5:28 am

    One thing I would really like to say is that often before acquiring more pc memory, look into the machine within which it is installed. In case the machine will be running Windows XP, for instance, the particular memory limit is 3.25GB. Setting up greater than this would basically constitute a new waste. Be sure that one’s mother board can handle the actual upgrade quantity, as well. Thanks for your blog post.

  81. Kristopher Valeriano Says:
    April 11th, 2012 at 12:44 am

    Thanks for a marvelous posting! I seriously enjoyed reading it, you are a great author.I will be sure to bookmark your blog and may come back someday. I want to encourage continue your great writing, have a nice weekend!

  82. djaka Says:
    September 26th, 2012 at 12:36 am

    Sebutkan 5 contoh perusahaan agribisnis indonesia yang melakukan strategi vertical integration, jelaskan? tks

  83. Norris Says:
    December 27th, 2012 at 4:14 am

    I will right away grab your rss as I can’t find your email subscription link or e-newsletter service. Do you’ve any? Please let me know in order that I could subscribe. Thanks.

Comments